Gempa Bumi Guncang Banten, Terasa Hingga Jabodetabek

Para karyawan yang berada di gedung berlarian menggunakan tangga

14 Januari 2022

Gempa Bumi Guncang Banten, Terasa Hingga Jabodetabek
Pixabay/psc631798

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6.7 guncang wilayah Banten, Jumat (14/1/2022) pada pukul 16.05 WIB. Gempa terasa hingga wilayah Jabodetabek.

Dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempa berada di 7.01 LS dan 105.26 BT dengan kedalaman 10 km.

"(Pusat gempa) 52 km barat daya Sumur-Banten," tulis BMKG, Jumat.

Gempa ini terasa hingga di kawasan Cilebut, Bogor. "Gempanya kencang sekali, berasa banget," kata Sarah warga perumahan di Cilebut. "Warga semua keluar dari rumah, mana lagi hujan deras," lanjutnya. 

Bukan hanya itu saja, Syifa karyawan yang bekerja di Gedung Menara Global juga merasakan gempa bumi ketika ia bekerja di lantai 19. Sontak getaran gempa membuat seiisi lantai panik dan berlarian menuju turun ke bawah menggunakan tangga darurat. 

Editors' Picks

"Jadi tadi kita di gedung itu ngerasa kayak ada orang jalan kenceng banget. Sampai akhirnya TV kantor itu goyang parah. Temanku langsung inisiatif buat nyuruh berlindung ke bawah meja. Jangan panik. Akhirnya kita kompakan yang di 19 berlindung di bawah meja. Nunggu gempa reda langsung dievakuasi ke bawah pakai tangga exit," kata Syifa. 

Hal serupa dirasakan Jihan. "Saat getaran gempa sudah mulai mereda, seisi lantai 18 langsung turun tangga darurat. Saat turun ke bawah sudah banyak orang. Petugas keamanannya juga sigap,  mereka langsung buka jalur evakuasi. Lumayan, kaki gemetar turun dari lantai 18," ujarnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.