Gunung Mas Puncak Banjir Bandang, Lebih Dari 400 Warga Dievakuasi

Hingga saat ini proses evakuasi masih berlangsung

19 Januari 2021

Gunung Mas Puncak Banjir Bandang, Lebih Dari 400 Warga Dievakuasi
IDN Times/Rubiakto

Beberapa hari ini alam di Indonesia sedang tidak bersahabat. Berbagai bencana kerap terjadi dan sulit dihindari. Hari ini Selasa (19/1/2021), Kawasan Gunung Mas Puncak, Desa Tugu Selatan, Kabupaten Bogor diterpa banjir bandang.

Saat ini, pemerintah Kabupaten Bogor sedang mempersiapkan beberapa titik pengungsian untuk korban banjir.

Dilansir dari IDN Times, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun dia menyampaikan pihaknya telah mengevakuasi 474 warga yang terdampak.

"Korban jiwa tidak ada, hanya ada 474 warga dievakuasi ke tempat yang aman," kata Ade Yasin, Selasa (19/1/2021).

Berikut ini Popmama.com ulas informasi banjir bandang yang dihimpun dari IDN Times. 

Editors' Picks

1. Hingga saat ini, proses evakuasi warga masih berlangsung

1. Hingga saat ini, proses evakuasi warga masih berlangsung
IDN Times/Rubiakto

Dikutip dari IDN Times, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo menyampaikan bahwa proses penanganan di lokasi bencana masih berlangsung hingga saat ini.

"Tim BPBD terdiri dari tim evakuasi dan perlengkapan, tim tenda selter logistik, serta tim P3K dengan ambulans untuk jemput apabila ada pengungsi," katanya.

2. Banjir bandang menyebabkan puluhan rumah rusak, akses jalan tertutup

2. Banjir bandang menyebabkan puluhan rumah rusak, akses jalan tertutup
IDN Times/Rubiakto

Dalam pemaparannya, Budi mengatakan bahwa ada 134 kepala keluarga (KK) atau sekitar 474 jiwa harus mengungsi ke masjid maupun tempat-tempat yang dianggap aman. Hal ini dikarenakan dikhawatirkan banjir bandang susulan dapat terjadi. Jumlah warga yang terdampak masih didata oleh pihak terkait.

Banjir akibat aliran anak Sungai Ciliwung yang melewati perkebunan teh PTPN VIII itu, membuat rusak puluhan rumah warga dan menutup beberapa akses jalan.

3. Banjir bandang terjadi di Blok C Gunung Mas

3. Banjir bandang terjadi Blok C Gunung Mas
IDN Times/Rubiakto

Dalam pemberitaan IDN Times, Camat Cisarua, Deni Humaedi membenarkan bencana banjir bandang yang terjadi di wilayahnya. Deni mengatakan, banjir tersebut terjadi di kawasan Gunung Mas.

"Iya, ini sedang evakuasi. Titiknya di Blok C di Gunung Mas dalem ya. Evakuasi sedang berlangsung saya juga baru mau sampai ke lokasi," ucap Deni.

Demikian informasi terkait banjir bandang yang terjadi di Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat. Semoga informasi ini menjadi pengingat bagi kita untuk tetap waspada dalam menghadapi terjadinya bencana alam yang tiba-tiba. Jaga keselamatan Mama dalam perjalanan jika memiliki rencana untuk berpergian ke kawasan ini ya. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul: "Gunung Mas Puncak Dilanda Banjir Bandang, 474 Warga Dievakuasi!"

Penulis: Rubiakto

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.