IDN Media & GGWP.ID Ingin Ubah Pandangan Masyarakat Terhadap eSports

Ketahui juga manfaat bermain eSports!

15 Juli 2019

IDN Media & GGWP.ID Ingin Ubah Pandangan Masyarakat Terhadap eSports
IDN Media

Saat ini, industri eSports terus tumbuh pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Di Amerika telah memiliki High School Esports League (HSEL), sebuah eSports nasional utama dan terbesar yang memberikan siswa sekolah menengah kesempatan untuk berpartisipasi dalam esports secara kompetitif. Sejak tahun 2018 dan 2019, sudah tercatat lebih dari 1500 sekolah terdaftar di liga ini dan terus meningkat hingga dua kali lipat.

Di Indonesia sendiri, industri eSports juga tengah mengalami pertumbuhan dalam beberapa tahun belakangan ini. Meski banyak masyarakat yang memandang sebelah mata nyatanya eSport memiliki manfaat yang sangat baik untuk Millennials dan Gen Z.

Melihat potensi tersebut, IDN Media yakin bahwa pertumbuhan pesat industri eSports saat ini masih dalam tahap permulaan dan akan terus berkembang. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan jumlah pemain serta penikmat eSports di Indonesia. Pakar industri pun memprediksi 2019 dan 2020 akan menjadi tahunnya eSports.

Seperti Apa Dukungan IDN Media untuk Kemajuan eSports di Indonesia?

Untuk mendukung eSports semakin tumbuh di Indonesia, IDN Media resmi merambah industri eSports dengan mengakuisisi GGWP.ID, yang merupakan sebuah perusahaan eSports di Indonesia. Ricky Setiawan, pendiri GGWP.ID, akan tetap menjalankan perannya sebagai CEO dari GGWP.ID, yang berjumlah 60 orang.

Sebagai one-stop eSports company, GGWP.ID memiliki 4 unit bisnis utama:

1.  eSports Media yang menyajikan berita eSports terlengkap melalui berbagai platform

2.  eSports Tournament Platform sebagai wadah yang memungkinkan penggemar eSports untuk membuat turnamen sendiri

3.  eSports Team sebagai tim profesional yang berkompetisi di mobile games populer

4.  eSports Creative yang berperan sebagai agensi kreatif untuk kebutuhan storytelling, content creation, dan aktivasi online dari brand.

GGWP.ID juga berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk menyelenggarakan event game terbesar di Indonesia: Game Prime.

Visi IDN Media Mengakuisisi GGWP.ID

IDN Media memiliki visi untuk menjadikan GGWP.ID sebagai perusahaan eSports terdepan di Indonesia dan mengubah pandangan negatif masyarakat terhadap eSports. Faktanya, bermain eSports dapat mengasah kecerdasan, kemampuan kerja dalam tim, fokus, dan cara berpikir strategis untuk Millennials dan Gen Z.

Melalui GGWP.ID, IDN Media juga ingin memperkenalkan dan mempromosikan potensi dan dampak positif yang dimiliki eSports bagi generasi muda, termasuk untuk para pemain eSports, penggemar, content creator, ataupun brand.

“Kami sangat bersemangat untuk memasuki industri eSports, serta bekerjasama dengan Ricky dan tim GGWP.ID. Kami meyakini fenomena eSports baru dimulai dan masih dalam tahap awal. Melalui GGWP.ID, kami memiliki visi untuk menciptakan perusahaan eSports terbesar dan terdepan Indonesia yang juga mampu membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya untuk Millennials dan Gen Z,” ungkap Winston Utomo, Founder & CEO IDN Media.

Ricky Setiawan, Founder & CEO GGWP.ID mengatakan bahwa GGWP.ID sangat senang bergabung di IDN Media. Sebagai perusahaan media untuk Millennials dan Gen Z terkemuka di Indonesia. “IDN Media bisa membantu kami menjangkau audiens yang lebih luas serta mewujudkan mimpi kami agar eSports bisa dinikmati oleh siapa saja. eSports for everyone,” ungkap Ricky Setiawan.

Ketahui Manfaat Bermain eSports untuk Pelajar

Ketahui Manfaat Bermain eSports Pelajar
studybreaks.com

Dilansir dari viewsonic.com, siswa sekolah menengah akan banyak belajar dari permainan eSports. eSports akan mengajarkan pelajaran penting dan keterampilan hidup di luar kelas. Apa saja manfaat yang akan dirasakan pelajar ketika bermain eSports?

  • Kemampuan untuk bekerja dengan orang lain: Sebut saja saat bermain eSports anak akan melatih dirinya untuk kerja tim, kerja sama, atau kolaborasi. Apapun jenis eSports nya, anak akan bekerja dengan orang lain, ini membutuhkan pengembangan keterampilan tambahan yang tak terhitung jumlahnya. Seperti komunikasi, ketegasan dan kompromi. Manajemen konflik, mendengarkan secara aktif, dan menghargai.
  • Keterampilan sosial: Keterampilan sosial adalah pondasi pembangun hubungan interpersonal. Keterampilan sosial dibangun dari rekan tim. Keterampilan sosial mencakup dasar-dasar kritis seperti mempertahankan kontak mata dan menggunakan bahasa tubuh yang tepat. Menahan diri dari mengganggu. Dan mengetahui kapan dan bagaimana cara berbagi ide. Bagi banyak anak, keterampilan ini tidak datang secara alami. Mereka yang memiliki pengalaman sosial terbatas akan cenderung mengalami kekurangan dalam mengaplikasikan keterampilan ini.
  • Pemikiran dan perencanaan strategi: eSports akan melatih siswa untuk menetapkan tujuan, menilai kompetisi dan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan masing-masing. Sebagai anggota tim, siswa belajar membangun taktik, menyusun rencana permainan, dan menyesuaikan eksekusi sesuai kebutuhan. Berpikir cepat dan strategis adalah bagian tak terpisahkan dari jenis eSports apa pun.
  • Mengelola kesuksesan dan kegagalan: eSports mengajarkan pelajaran sulit bahwa hidup tidak selalu adil. Tidak peduli seberapa keras kamu mempersiapkan, kamu tidak akan selalu keluar dalam kesuksesan maupun kegagalan. Bermain eSports dapat membantu anak belajar mengelola emosi kalah dan menang. Selain itu juga berguna membantu anak menjadi tangguh.
  • Nilai-nilai pro-sosial: eSports dalam jenis apa pun memberikan kesempatan bagi pemainnya untuk menanamkan nilai-nilai positif. Prinsip dan standar perilaku seperti sportif, keadilan dan rasa hormat yang baik. Kegigihan, kejujuran, kompetisi yang menyenangkan dan sehat. Nilai-nilai ini dapat berguna sepanjang hidup si Pemainnya.

Itulah manfaat yang sangat berguna bagi para pemain eSports. Orangtua sebaiknya tetap bijak dalam memilihkan eSports untuk anak.

Selain manfaat di atas, Mama juga bisa mengajarkan anak untuk mengelola manajemen waktu dengan cara memberikan batasan waktu antara bermain, belajar, dan memiliki quality time bersama keluarga ya.

Baca juga:

The Latest