Kemenkes Imbau Masyarakat agar Lebih Waspada dengan Virus Corona B117

Virus ini lebih cepat menular dari varian sebelumnya!

4 Maret 2021

Kemenkes Imbau Masyarakat agar Lebih Waspada Virus Corona B117
Freepik/kjpargeter

Rasanya sungguh patah hati! 

Genap setahun virus corona dan vaksin sudah mulai digencarkan, muncul lagi varian baru virus corona B117. Mutasi tersebut telah dikonfirmasi masuk ke Karawang. 

Menindaklanjuti kasus ini, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk lebih waspada karena virus ini lebih cepat menular.

Nah Ma, agar Mama mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perkembangan virus corona B117, cek yuk di Popmama.com:

1. Imbauan Kemenkes bahwa virus ini lebih cepat menular

1. Imbauan Kemenkes bahwa virus ini lebih cepat menular
Freepik/stockking

Dilansir dari IDN Times, menurut pemaparan Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, mutasi B117 varian virus baru ini cepat menular dibanding virus Covid-19.

"Varian virus ini lebih cepat menular benar, tetapi dia tidak menyebabkan penambahan keparahan penyakit," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Rabu ( 3/2/2021).

Oleh sebab itu, Nadia meminta masyarakat agar waspada karena varian virus ini cepat menular. Pemerintah akan menggencarkan tracing dan melakukan pemeriksaan. "Dengan kondisi ini sebaiknya masyarakat lebih kuat menegakkan protokol kesehatan," ucapnya.

Editors' Picks

2. Varian baru B117 ditemukan di Karawang

2. Varian baru B117 ditemukan Karawang
Dok. IDN Media

Dilansir IDN Times, setelah ditelusuri, mutasi virus corona B117 yang masuk ke Indonesia, ditemukan di Kawarang, Jawa Barat. 

Satgas Covid-19 Jabar tengah melakukan pelacakan lebih lanjut untuk mengantisipasi merebaknya virus tersebut.

"Varian baru virus corona diberitakan sudah ada di Indoensia, masuk di Karawang, kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad untuk meneliti UK B117 ini," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di RSP Unpad, Bandung, Rabu (3/3/2021) seperti dikutip dari IDN Times Kamis (4/3/2021). 

Koordinasi dengan Unpad saat ini sudah dilakukan untuk mengetahui bagaimana perlakuan protokol kesehatan Covid-19 masih berlaku sama atau tidak. Hal ini dikarenakan sejumlah pihak menilai bahwa mutasi virus ini lebih ganas.

"Kami mohon agar ada penelitian, sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespon dengan cara terukur," ujar Kang Emil.

3. Mutasi virus corona B117 masuk dari Arab Saudi

3. Mutasi virus corona B117 masuk dari Arab Saudi
Instagram.com/budigsadikin

Dilansir dari IDN Times, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan dua kasus virus corona B117 yang masuk ke Indonesia berasal dari Arab Saudi. Namun, berdasarkan informasi yang ia miliki, belum ada data ilmiah yang menyebut mutasi baru virus corona yang kali pertama muncul di Inggris itu, lebih fatal dibandingkan varian sebelumnya. 

"Yang disampaikan oleh Pak Wamen betul, tadi kami menemukan dua kasus dari Arab Saudi yang memiliki varian virus baru," ujar Budi ketika diwawancarai oleh stasiun berita CNN TV pada Selasa malam, 2 Maret 2021. 

Dalam sumber lainnya, Kang Emil mengatakan bahwa kedua orang yang terditeksi terjangkit virus corona B117 ini memiliki riwayat melakukan perjalanan ke luar negeri. 

Ridwan Kamil mengatakan bahwa virus corona B117, warga Karawang tersebut bepergian dengan pesawat Qatar Airways. Warga tersebut melakukan prosedur kesehatan ketika mendarat. Ia melakukan isolasi 10 hari.

"Namun isolasi 10 hari sudah tetapi virusnya tidak mau hilang," kata Kang Emil dalam jumpa pers di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (3/3). 

Cara Melindungi Diri dari Virus Corona B117

Cara Melindungi Diri dari Virus Corona B117
Freepik/tirachardz

Untuk melindungi diri dari seragan virus corona B117, Mama dapat tetap mematuhi protokol kesehatan ya. Diingatkan kembali untuk:

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, jika tak menemukan air gunakan hand sanitizer
  • Menjaga jarak 1,8-2 meter
  • Tidak keluar rumah saat tidak fit atau hanya jika keperluan mendesak
  • Hindari kerumunan
  • Tutup mulut saat bersin dan batuk dengan bagian dalam siku atau tisu, lalu cuci tangan

Dilansir IDN Times, Mama juga disarankan untuk menggunakan masker 2-3 lapis atau gunakan masker double.

Misalnya pakai masker bedah lalu dilapisi dengan masker kain lagi. Ingat untuk pakai masker dengan benar, karena sedikit celah dapat menurunkan efektivitas masker hingga 50 persen.

Demikian informasi mengenai penyebaran mutasi virus corona B117 yang dianggap lebih perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.