Bagus untuk Diet! Ini 7 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan Tubuh

Pengganti nasi yang sangat berkhasiat

16 April 2019

Bagus Diet Ini 7 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan Tubuh
Dok. SaladStop!

Bagi kamu yang sedang berencana menjalani program diet, quinoa menjadi salah satu makanan pelengkap yang bisa kamu jadikan andalan.  

Quinoa bebas gluten, tinggi protein dan salah satu dari sedikit makanan nabati yang mengandung jumlah yang cukup dari semua sembilan asam amino esensial.

Quinoa juga tinggi serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan berbagai antioksidan bermanfaat.

Kamu bisa menemukan paduan quinoa dengan berbagai macam sayuran dan bahan lainnya di SaladStop!

SaladStop! sebagai salah satu restoran makanan sehat memperkenalkan dua varian baru di dalam rangkaian menu Warm Protein Bowl yang kaya akan serat, nutrisi, dan protein. Kedua varian tersebut dinamakan Sabai Sabai yang menggunakan roasted galangal chicken atau ayam lengkuas. Sedangkan satu menu lainnya adalah Kokoro yang menggunakan salmon panggang serta marinated onsen eggs. 

Kedua menu ini begitu lengkap dengan tambahan warm quinoa dan brown rice yang dipadukan berbagai macam sayuran dan berbagai macam protein sehingga membuat penikmatnya merasa kenyang lebih lama. 

Sebenarnya apa saja ya manfaat yang dirasakan kalau kita rutin mengonsumsi quinoa? Cek informasinya di bawah ini, yuk!

1. Membantu menurunkan berat badan karena banyak kandungan serat

1. Membantu menurunkan berat badan karena banyak kandungan serat
maxpixel.net

Manfaat quinoa adalah kandungan seratnya yang tinggi. Satu studi yang meneliti 4 varietas quinoa menemukan kisaran 10-16 gram serat per setiap 100 gram.

Sayangnya, sebagian besar serat tidak larut bisa membuat quinoa tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan serat larut.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa serat larut dapat membantu mengurangi kadar gula darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan kepenuhan dan membantu menurunkan berat badan. 

2. Membantu mencegah osteoporosis

2. Membantu mencegah osteoporosis
Pixabay/Wow_Pho

Osteoporosis hanya mengancam seseorang di atas lima puluh tahun? Ini adalah perkiraan yang salah karena osteoporosis bisa mengintai siapa saja terlepas dari usia mereka, maka sangat penting sekali setiap orang memerhatikan kesehatan tulang mereka. 

Salah satu asupan yang bisa dipilih untuk kesehatan tulang adalah quinoa yang kaya akan magnesium, quinoa bekerja sangat bagus untuk kesehatan tulang. Mineral yang terkandung berperan dalam menguatkan tulang.

Magnesium adalah salah satu elemen jejak yang ditemukan di quinoa. Asupan makanan yang mengandung magnesium bisa memberikan manfaat, seperti pengendalian asma, peningkatan kesehatan tulang, pengurangan risiko osteoporosis, peningkatan kesehatan jantung, dan pengaturan kadar gula darah.

Quinoa juga kaya protein (1 cangkir mengandung 9 gram), nutrisi yang berfungsi sebagai kesehatan tulang.

3. Sebagai aktivitas antioksidan

3. Sebagai aktivitas antioksidan
Pixabay/Einladung_zum_Essen

Quinoa memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi jantung, hati, ginjal, paru-paru, dan pankreas. 

Bila dibandingkan dengan pseudocereals lain, seperti amaranthus, quinoa memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi.

Beberapa kandungan antioksidan yang ditemukan di dalamnya termasuk fenolat, polifenol, dan antosianin. 

Editors' Picks

4. Bebas gluten dan cocok untuk orang dengan intoleransi gluten

4. Bebas gluten cocok orang intoleransi gluten
Pixabay

Menurut survei 2013, sekitar sepertiga orang di AS berusaha untuk meminimalkan atau menghindari gluten. Diet bebas gluten bisa sehat, asalkan didasarkan pada makanan yang bebas gluten secara alami.

Secara teknis quinoa bebas gluten berdasarkan definisi gluten yang dibuat untuk orang-orang yang memiliki penyakit celiac atau reaksi kekebalan terhadap memakan gluten, protein yang ditemukan dalam jenis makanan olahan gandum.

Namun, quinoa memang memiliki protein yang mirip dengan makanan dari gandum. Jadi, bagi orang yang memiliki intolenasi terhadap gluten, quinoa menjadi salah satu pengganti roti atau pasta yang bebas gluten.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

5. Meningkatkan kesehatan jantung
Pixabay/PactoVisual

Quinoa mengandung protein dan karbohidrat yang berkualitas tinggi dengan nilai glikemik rendah. Di dalamnya juga mengandung omega-3 dan asam lemak omega-6, serta antioksidan.

Quinoa juga dianggap baik untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular di masa depan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Uji coba pada orang muda dan setengah baya mengkonfirmasi penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

6. Melancarkan proses pencernaan

6. Melancarkan proses pencernaan
Pixabay/evitaochel

Bagi kamu yang memiliki permasalahan pada pencernaan, mengonsumsi quinoa bisa jadi alternatif yang baik dibandingkan terus minum obat pencahar. 

Quinoa mengandung serat yang tidak larut, ini membantu meningkatkan proses pencernaan dan memfasilitasi pergerakan usus yang lebih sehat.

Hal ini selanjutnya membantu mengurangi risiko kembung, kembung, sakit, sembelit, dan gas. Super sekali ya, Ma!

7. Baik untuk seseorang dengan diabetes

7. Baik seseorang diabetes
Pixabay/Veganamente

Biji Quinoa dapat bermanfaat dalam mengatur diabetes dan kadar kolesterol darah. Sebuah studi tentang tikus yang diberi fruktosa tinggi menunjukkan bahwa konsumsi bijinya dapat membantu mengurangi efek buruk fruktosa pada tingkat glukosa dan profil lipid.

Itu dia Ma, tujuh manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam quinoa. Untuk penyajiannya, bisa juga dicampurkan dengan nasi merah, hanya dengan berbagai salad, atau dijadikan makanan pokok dengan lauk favorit. Quinoa menjadi alternatif terbaik yang bisa menggantikan nasi agar kita bisa mencapai hidup yang lebih sehat.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!