Millennial Mama of the Month Edisi April 2021: Tika Bravani

Kembali berpuasa, cek rahasia tetap bugar menjalani ibadah Ramadan sambil menyusui dari Tika Bravani

10 April 2021

Millennial Mama of the Month Edisi April 2021 Tika Bravani
Sweet Escape/Popmama.com

Tika Bravani (31), Mama dari Kalam Mahandika Jusuf (1) dan istri dari Dimas Aditya (36) tengah disibukkan dengan berbagai aktivitas serunya menjadi ibu. Memilih fokus di rumah untuk menjadi full time mom, membuat Tika memiliki kesempatan untuk bisa melihat perkembangan Kalam dari hari ke hari. 

Bagi Tika, melihat pertumbuhan anak dimasa golden age menjadi sebuah waktu yang sangat berharga dan tak bisa tergantikan. Pemeran Denok dalam sinetron Tukang Ojek Pengkolan ini juga mengaku, saat mengurus Kalam dimasa pandemi, membuatnya bisa mematau segala perubahan yang terjadi pada anak laki-lakinya.

"Dengan di rumah aja, saya jadi lebih bisa memantau setiap perubahan yang terjadi pada Kalam, seperti alis Kalam yang mulai menebal, kapan saat Kalam akan memasukkan tangannya ke mulut, hingga perubahan suara Kalam. Ini sangat seru sekali. Bonding dengan Kalam benar-benar saya rasakan meskipun situasi tengah dalam masa pandemi. Jadi nikmati saja masa-masa di rumah aja bersama anak," katanya seperti dikutip dalam artikel Popmama.com berjudulTika Bravani Menikmati Menjadi Mama Baru di Tengah Pandemi. 

Tahun 2021, menjadi tahun kedua Tika Bravani bertemu bulan suci Ramadan bersama dengan putranya. Saat ditemui dalam wawancara secara eksklusif dalam pemotretan virtual Millennial Mama of the Month Edisi April 2021 pada Jumat, 2 April 2021, Tika Bravani mengatakan akan kembali berpuasa sambil menyusui Kalam. 

Bagaimana cara Mama Tika tetap memerhatikan nutrisi berpuasa sambil menyusui? Cek keseruan wawancara Popmama.com dengan Tika Bravani. 

1. Kembali Berpuasa, Tika jalani bulan Ramadan dengan sederhana

1. Kembali Berpuasa, Tika jalani bulan Ramadan sederhana
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Dalam sesi wawancara, Tika mengaku tak ada persiapan khusus yang ia lakukan dalamm menyambut bulan Ramadan.

"Persiapan ramadan tahun ini sebenarnya sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Saya dan Dimas tetap melakukan bulan puasa dengan sederhana," ujarnya. 

Setelah tahun lalu fokus memberikan ASI eksklusif pada Kalam, Tika mengatakan bahwa tahun ini ia akan kembali melakukan ibadah puasa.

"Inshaa Allah saya sudah bisa melakukan ibadah puasa penuh, karena Kalam pun sudah tidak ASI eksklusif, jadi nggak menyusui setiap saat, berbeda dengan tahun lalu. Kalam juga sudah MPASI, Inshaa Allah kuat dan aman untuk kembali berpuasa," kata Tika. 

2. Menyusui saat berpuasa, bagaimana Tika tetap memenuhi kebutuhan nutrisi?

2. Menyusui saat berpuasa, bagaimana Tika tetap memenuhi kebutuhan nutrisi
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat berpuasa, Tika membiasakan untuk meminum jus sayur dan buah.

Seperti diketahui, Tika membuat sebuah gerakan di media sosial sejak 2018, #temanngejus. Dari teman ngejus, banyak sekali followers Tika Bravani mengikuti kegiatan ngejus menjadi sebuah gaya hidup sehat yang simple namun begitu bermanfaat, 

Tika mengaku sempat tak rutin ngejus, efek yang dirasakan membuatnya mudah lemas apalagi ia memiliki tekanan darah rendah.

Bagi Tika, minum jus buah menjadi salah satu asupan nutrisi yang sangat memengaruhi kesehatannya. Dengan minum jus sayur maupun buah, ia merasa jadi nggak mudah terserang flu dan tak lemas.

"Tadinya saya termasuk yang nggak banyak makan sayur, buah pun malas ngunyahnya, jadi dengan jus semua buah dan sayur yang saya suka, membantu asupan nutrisi dari buah dan sayur bisa mudah masuk," akunya. Pastinya, nutrisi buah dan sayur sangat bermanfaat bagi ibu menyusui jika dikonsumsi saat bulan puasa nanti.

"Selain itu, minum vitamin, istirahat yang cukup, dan yang paling penting puasa saat pandemi gini jangan overthinking," tambahnya. 

Editors' Picks

3. Rendang jadi menu andalan Tika dan keluarga saat bulan Ramadan

3. Rendang jadi menu andalan Tika keluarga saat bulan Ramadan
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Sama dengan keluarga lainnya, Tika Bravani juga memiliki menu spesial yang wajib ada saat bulan puasa yaitu telur dan rendang. Tika mengaku sang suami pun tak banyak permintaan ketika menyamut buka puasa. "Rendang menjadi andalan kami saat buka dan sahur," katanya.

Untuk rendang, Tika mendapatkan kiriman rendang matang dari kampung halamannya. "Kita selalu dapat kiriman rendang 1 kilo setiap bulan Ramadan. Jadi, simple banget tuh tinggal siapkan rendang atau telur, sayurannya tinggal dikukus. Sederhana ya," ujarnya. 

4. Bagaimana cara Tika menghemat waktu menyiapkan hidangan buka puasa dan sahur, apalagi sambil mengasuh bayi tanpa pengasuh?

4. Bagaimana cara Tika menghemat waktu menyiapkan hidangan buka puasa sahur, apalagi sambil mengasuh bayi tanpa pengasuh
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Untuk membuat waktu menyiapkan buka puasa dan sahur menjadi lebih hemat. Tika Bravani punya trik khusus lho Ma, food preparation. 

Food Preparation merupakan sebuah teknik menyiapkan makanan dalam jumlah banyak salam satu waktu untuk beberapa kali makan atau beberapa hari sekaligus. Cara ini pastinya bisa banget Mama pakai agar bisa lebih menghemat waktu ditengah kesibukan mengurus rumah dan keluarga. 

"Saya baru mulai untuk melakukan food prep, ini sangat menghemat waktu sih apalagi nggak ada asisten rumah tangga di rumah. Untuk menyiapkan makanan, beberapa bulan belakangan ini, food prep menjadi kunci menghidangkan makanan tanpa buang banyak waktu. Cara ini, pasti juga akan aku lakukan saat bulan puasa nanti," ujarnya.

"Caranya, semua sayur sudah ku potong-potong, lalu bumbu kuning, bumbu putih semua sudah dipisah. Selanjutnya, berbagai macam bawang aku kupas. Semuanya dimasukkan ke dalam sebuah tempat, diletakkan di dalam kulkas."

Tika menambahkan untuk lauknya, seperti ayam dan daging pun sudah diungkep. "Jadi saat ingin memasak, semuanya tinggal masuk ke dalam wajan. Memang diawal waktu cukup repot, tapi dihari lainnya semuanya jadi lebih mudah dan menghemat waktu," ujarnya. 

"Food prep, biasanya aku lakukan siapkan beberapa hari sebelumnya setelah salat subuh saat Kalam belum bangun," tambah Tika.

5. Kerinduan kumpul keluarga dan bersilahturahmi Tika Bravani dalam merayakan Idul Fitri

5. Kerinduan kumpul keluarga bersilahturahmi Tika Bravani dalam merayakan Idul Fitri
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Untuk merayakan Hari Raya Lebaran, Tika bersama Dimas nggak pernah melakukan mudik. Semua keluarga ada di Jakarta.

Bagi Tika, ia merasa ada momen yang paling dikangenin saat merayakan Idul Fitri sebelum adanya wabah virus corona. 

"Kangen banget bisa kumpul keluarga, salaman tanpa rasa khawatir, cipika-cipiki dan pelukan, dan salat Ied di masjid. Tahun lalu, kita salat Ied di rumah karena awal-awal pandemi semuanya sangat tertutup, nggak ada kumpul keluarga dan silahturahmi," ujarnya. 

6. Tahun ini, silahturahmi saat lebaran masih dilakukan secara virtual

6. Tahun ini, silahturahmi saat lebaran masih dilakukan secara virtual
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Sama seperti tahun lalu, Tika Bravani dan Dimas Aditya masih akan melakukan lebaran dengan cara virtual untuk meminimalisir terjadinya kontak dengan orang lain mengingat kondisi masih belum stabil dari penyebaran virus corona. 

"Tahun ini masih khawatir sih buat kumpul keluarga jadi silahturahmi Idul Fitri masih dilaksanakan secara virtual dulu. Apalagi ada anggota keluarga yang baru saja sembuh dari Covid-19, jadi makin terasa was-was," kata Tika. 

Tika mengungkapkan salat Ied pun sepertinya masih dilakukan di rumah. "Karena nggak ada yang menjaga Kalam kalau harus salat diluar, saya juga belum tahu protokol kesehatan di luar nanti akan seperti apa. Dan, sepertinya saat salat Ied akan ramai sekali," kata Tika. 

Tika berharap dengan adanya vaksinasi yang sudah mulai berjalan, keadaan bisa lebih membaik dan kita semua bisa melakukan silahturahmi saat Hari Raya dengan aman tanpa rasa khawatir.

Demikian wawancara seru tim Popmama.com dengan Tika Bravani. Semoga Mama Tika dan keluarga tetap sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa meskipun sedang dalam masa pandemi yang masih belum usai ini. 

Nah, buat yang penasaran bagaimana sesi photoshoot virtual yang dilakukan tim Popmama.com bersama Tika Bravani. Mama bisa cek keseruannya disini ya:

Semoga cerita dari Mama Tika bisa menjadi inspirasi buat Mama semua. Stay safe and healthy!

#MillennialMama of the Month Edisi April 2021 – Tika Bravani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani
Photographer - Sweet Escape

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Tika Bravani
Millennial Mama

Tika Bravani

"Jangan overthinking, kunci sukses berpuasa saat pandemi"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.