MoM Academy: Komunitas untuk Mama yang Produktif, Pintar dan Bahagia

Setiap Mama berhak tetap produktif, bahagia, dan membuat hidupnya lebih bermanfaat

17 Agustus 2020

MoM Academy Komunitas Mama Produktif, Pintar Bahagia
Dok. MoM Academy

Seiring perkembangan zaman, stigma seorang Mama harus di rumah saja tanpa bisa mengembangkan diri semakin bergeser menjadi Mama bisa tetap produktif dan bermanfaat bagi hidupnya dan orang lain.

Memang tugas sebagai Mama adalah mengurus rumah tangga dan anak, tapi bukan berarti Mama nggak bisa tetap melakukan kegiatan lain yang membuatnya lebih produktif bahkan bisa membuat penghasilan tambahan yang dijalankan meskipun berhenti dalam pekerjaannya untuk fokus di rumah. 

Hal ini memicu salah satu komunitas yang memiliki tujuan untuk memperdayakan perempuan dan ibu agar tetap produktif tanpa meninggalkan kewajibannya di rumah. Komunitas ini bernama Mom Academy.

Melalui wawancara Popmama.com bersama Widya Safitri yang merupakan pendiri Mom Academy sekaligus Co Founder & MoM in Chief of Business berbagi seputar komunitas yang sudah mengumpulkan lebih dari 2000 anggota ini. Cek yuk, obrolan seru Popmama.com dengan Mom Academy!

1. Apa itu komunitas MoM Academy?

1. Apa itu komunitas MoM Academy
Dok. MoM Academy

MoM Academy adalah komunitas binaan langsung di bawah Mothers on Mission. Dengan memiliki misi “Mom harus pintar, bahagia dan produktif”, MoM Academy berkembang dengan begitu pesat.

Saat ini sudah memiliki pengurus di 12 Regional di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Special Regional (Campuran dari luar Kota) yang tergabung dalam komunitas WA Group. 

Komunitas MoM Academy terbentuk semenjak tahun 2019. Anggotanya hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 2,000 orang lho Ma. 

Mothers on Mission sendiri merupakan sebuah perusahaan yang fokus kepada pemberdayaan ibu dan wanita agar terus mampu berkarya dan produktif meskipun bekerja dari rumah dan menciptakan lingkungan kerja yang ramah anak.

Editors' Picks

2. Seperti apa kegiatan yang dilakukan komunitas ini?

2. Seperti apa kegiatan dilakukan komunitas ini
Dok. MoM Academy

Kegiatan yang dilakukan di dalam MoM Academy selain sharing ilmu melalui KulWap (Kuliah via Whatsapp) dengan menghadirkan narasumber yang expert di bidangnya.

"Selain belajar online melalui kulwap, zoom class, IG Live, dalam komunitas ini juga terdapat kegiatan sosial seperti donasi untuk disalurkan ke masyarakat yang memerlukan. Selanjutnya ada Market Day yang merupakan kegiatan jualan antar member ke member. Sebelum munculnya pandemi, komunitas ini juga kerap mengadakan kopi darat, seminar dan training offline," kata Widya. 

Komunitas MoM Academy juga berkembang menjadi kunitas yang menerima Product Endorse atau Trial yang merupakan project dari client dan agency. Keren banget!

3. Menurut Widya, mengapa Mama perlu bergabung dalam sebuah komunitas?

3. Menurut Widya, mengapa Mama perlu bergabung dalam sebuah komunitas
Dok. MoM Academy

Bagi Widya, penting bagi seorang Mama untuk memiliki wadah sharing, agar terus terjaga kewarasan, pengetahuan, dan produktivitas.

"Komunitas itu bisa sebagai wadah belajar, informasi, dan juga media untuk curhat dan berbagi. Kita akan merasa lebih kuat ketika ada sahabat yang mendukung kita melewati berbagai macam hal dalam kehidupan ini," ungkapnya.

Widya menambahkan menjadi seorang Mama itu adalah hal yang luar bisa challenging. Komunitas sangat diperlukan agar kita bisa belajar dan mengetahui banyak hal dari para member di sana. Setuju!

4. Tips dari Widya untuk para Mama dalam memilih komunitas untuk ia ikuti?

4. Tips dari Widya para Mama dalam memilih komunitas ia ikuti
Dok. MoM Academy

Bagi Mama yang ingin mengikuti komunitas untuk wadah sharing antar Mama atau perempuan produktif lainnya, Widya punya tips agar Mama nggak salah saat memilih komunitas. 

"Pilihlah komunitas yang sesuai dengan interest dan kebutuhan kita. Dimana lebih banyak nilai, benefit, serta manfaatnya untuk membuat diri kita menjadi lebih baik, dan juga memperkaya kita dari sisi ilmu dan produktivitas," kata Widya.

Selain itu, Popmama.com juga punya tips nih. Mama sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu informasi seputar komunitas yang ingin Mama ikuti. Lihat di internet atau media sosial mengenai kredibilitas dari komunitas itu, kegiatannya apa saja, dan nggak ada salahnya untuk mengenal betul founder dari pendiri komunitas tersebut ya. 

5. Keuntungan mengikuti komunitas buat ibu rumah tangga?

5. Keuntungan mengikuti komunitas buat ibu rumah tangga
Dok. MoM Academy

Menurut Widya, sebagai ibu rumah tangga, Mama bisa mendapatkan keuntungan ketika bisa bergabung dalam komunitas. Seperti Mama bisa menambah ilmu pengetahuan, menambah teman dan keluarga baru, membuka peluang bisnis, ada media untuk sharing dan bertanya banyak hal, dan membuka peluang untuk menjadi ibu rumah tangga yang lebih produktif dan menghasilkan.

Mungkin ada beberapa Mama yang tidak pernah bergabung dengan komunitas karena merasa bahwa Mama bukan tipe 'ibu-ibu komunitas'. Jika Mama salah satunya, pertimbangkan kembali.

Seiring berjalannya waktu dan Mama akan melihat persahabatan yang dibentuk oleh para Mama lain melalui sebuah komunitas. Wadah sharing sangat dibutuhkan untuk menguatkan kamu dalam menjalani kehidupan baru menjadi seorang Mama dan istri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.