Nadine Chandrawinata Ajak Kita Cinta Lingkungan Mulai dari Rumah

Nggak mesti ikut komunitas lingkungan untuk memulai cinta bumi

25 Februari 2021

Nadine Chandrawinata Ajak Kita Cinta Lingkungan Mulai dari Rumah
Instagram.com/nadinelist

Menyelamatkan bumi kita dan lingkungannya adalah sangat penting. Bumi memberikan kita makanan dan air untuk menopang kehidupan.

Kesejahteraan kita semata-mata bergantung pada planet ini. Ini memberi makanan dan air untuk semua makhluk hidup, itu adalah tanggung jawab kita untuk menjaganya.

Lingkungan yang bersih juga ada hubungannya dengan hidup yang sehat. Semakin kita tidak peduli dengan lingkungan kita, semakin tercemar oleh kontaminan dan racun yang berdampak buruk pada kesehatan kita.

Polusi udara dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan kanker, di antara masalah dan penyakit lainnya.

Sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan Nadine Chandrawinata, aktris yang juga aktivis lingkungan memberikan beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk mencintai lingkungan mulai dari hal-hal kecil di rumah. 

Apa saja? Cek yuk informasinya di Popmama.com:

1. Beres-beres rumah dan temukan barang yang bisa dimanfaatkan kembali

1. Beres-beres rumah temukan barang bisa dimanfaatkan kembali
Instagram.com/nadinelist

Dalam Virtual Press Conference Gerakan #LestarikanCantikIndonesia bersama Citra Cantik pada Rabu, 10 Februari 2021, Nadine Chandrawinata membagikan tips simple mencintai lingkungan mulai dari rumah. 

Menurut Nadine, saat di rumah saat masa pandemi menjadi waktu yang tepat untuk melakukan kontribusi kecil untuk mencintai lingkungan. 

Kadang, kita nggak sadar kalau di rumah banyak sekali barang-barang bisa kita  manfaatkan kembali.

"Saat di rumah, saya dan suami beres-beres. Kami menemukan banyak sekali barang-barang menumpuk yang sudah tak terpakai sebut saja panci-panci di dapur," katanya.

Agar tak menumpuk dan menimbun sampah, Nadine pun memanfaatkan panci-panci tersebut untuk dijadikan pot tanaman. "Banyak barang di rumah yang bisa kita fungsikan kembali, contohnya panci bekas untuk pot tanaman. Dengan kita memilih barang di dalam rumah kita bisa melihat yang mana bisa dipakai ulang kemudian yang mana memang harus diberikan ke orang lain yang mungkin masih bagus dan orang lain butuh," katanya. 

Editors' Picks

2. Bantu petugas kebersihan dengan mengelompokan kategori sampah

2. Bantu petugas kebersihan mengelompokan kategori sampah
Instagram.com/nadinelist

Nadine juga memberikan tips untuk kita bisa lebih cermat dalam memfilter sampah. Menurut Nadine, penting ketika mengkelompokkan kategori sampah.

"Ketika sampah keluar dari rumah, penting bagi kita untuk memfilter sampah sesuai dengan kategorinya. Sampah yang bisa di daur ulang, sampah kering, dan sampah basah," kata istri dari Dimas Anggara ini.

Menurut Nadine, cara ini bisa membatu petugas kebersihan dalam mengelompokan sampah saat di Tempat Pembuangan Akhir nanti. Cara ini membangun bertanggung jawab atas apa yang kita hasilkan sendiri dari rumah. 

3. Tidak konsumtif dalam memasak untuk di rumah

3. Tidak konsumtif dalam memasak rumah
Dok. Citra

Seperti kita ketahui bahwa, sampah terbanyak di rumah berasal dari dapur. Hal ini pun diakui oleh Nadine, ia mengakui awal mula menghabiskan waktu di rumah karena pandemi, ia memasak cukup banyak.

"Jujur, awal-awal saya masak banyak sekali, padahal di rumah cuma berdua dengan suami. Perilaku konsumtif ini membuat sampah dapur cukup banyak. Oleh sebab itu, saya berpikir untuk tidak boleh membiasakan hal ini agar sampah organik yang berasal dari dapur bisa lebih dikurangi. Memasak secukupnya dengan cara merencanakan, kita mau makan apa hari ini, berapa banyak porsi yang kita butuhkan dalam sehari," ujar Nadine. 

4. Gunakan media sosial untuk menyebarkan hal yang positif

4. Gunakan media sosial menyebarkan hal positif
Freepik/tascha1

Nadine juga mengingatkan juga untuk memulai hidup yang peduli dengan lingkungan, kita bisa membagikan pesan positif soal cinta bumi melalui media sosial.

"Kita bisa mencoba berani untuk bicara dan berbagi juga akan keindahan Indonesia. Kita yang mulai mencintai bumi bisa menjaga keindahan dari dalam. Cobalah share bagaimana kita menikmati udara yang bersih," ungkapnya. 

Nadine juga mengingatkan mencintai bumi bisa dimulai dari dari rumah karena kenyamanan hidup terasa ketika berada di rumah yang bersih dan sehat. 

"Gaya hidup itu akan menular dan lama-kelamaan akan menjadi terbiasa. Dengan memulai hidup ramah lingkungan, perilaku ini menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari," kata Nadine. 

Itulah tips dari Puteri Indonesia pada tahun 2005, sangat bermanfaat dan mudah diaplikasikan ya Ma. Hidup ramah lingkungan bisa kita lakukan dari tindakan kecil yang bisa berdampak besar untuk bumi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.