Pentingnya Kolagen untuk Kulit, Cegah Keriput Datang Lebih Cepat

Salah satu cara merawatnya adalah meminum suplemen dan menggunakan produk mengandung kolagen

28 Oktober 2021

Penting Kolagen Kulit, Cegah Keriput Datang Lebih Cepat
Freepik/lookstudio

Kolagen merupakan komponen utama dari jaringan ikat yang membentuk beberapa bagian tubuh, termasuk tendon, ligamen, kulit, dan otot.

Kolagen memiliki banyak fungsi penting, termasuk memberikan struktur pada kulit Mama dan memperkuat tulang.

Mengonsumsi suplemen dengan kolagen mungkin memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meredakan nyeri sendi hingga meningkatkan kesehatan kulit. 

Kali ini Popmama.com akan membahas manfaat kolagen untuk meremajakan kulit. Simak yuk!

Editors' Picks

1. Produksi kolagen akan menurun dalam tubuh seiring bertambahnya usia

1. Produksi kolagen akan menurun dalam tubuh seiring bertambah usia
Pexels/Anna Shvets

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang berserat yang memiliki jumlah paling banyak dalam tubuh. 

Kolagen juga dapat dikatakan fondasi utama dari tulang, kulit, urat dan jaringan ikat yang memberikat struktur dan juga kekuatan. 

Pada usia 20 tahun ke atas produksi kandungan kolagen dalam tubuh sudah mulai menurun, yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini. 

Salah satu akibat dari berkurangnya produksi kolagen dalam tubuh adalah kulit terasa lebih kering, munculnya kerutan halus dan juga berkurangnya elastisitas pada kulit.

Hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan perawatan diri, baik perawatan yang dilakukan dari dalam maupun perawatan yang dilakukan dari luar. 

2. Bagaimana kolagen membuat kulit tampak awet muda?

2. Bagaimana kolagen membuat kulit tampak awet muda
Freepik/diana.grytsku

Kolagen membentuk sekitar 80 persen dari lapisan tengah kulit yang disebut dermis. 

Dermis menciptakan jaringan sel yang disebut fibroblas. Karena sangat melimpah, kolagen adalah salah satu bahan pembangun kulit yang paling penting.

Lapisan ini terus memperbaharui dirinya sendiri saat masih muda. Lapisan tersebut membantu menjaga kulit awet muda dengan elastisitas yang baik.

Kolagen juga memiliki khasiat yang bermanfaat di bagian lain dari tubuh. Ini adalah salah satu protein terpenting dalam tubuh. 

Tidak hanya membuat kulit terlihat awet muda, tetapi juga memengaruhi penampilan rambut dan bahkan memberikan bantalan pada persendian.

3. Cara memperlambat hilangnya kolagen dalam tubuh

3. Cara memperlambat hilang kolagen dalam tubuh
Dok. Pomeglow

Saat kolagen menurun, kamu cenderung melihat kerutan dan kulit kendur. Mama juga mungkin memerhatikan bahwa kulit tidak kenyal seperti dulu. 

Tanda-tanda penuaan yang tidak diinginkan ini dapat membuat kamu merasa kurang percaya diri.

Kehilangan kolagen adalah normal, ini merupakan bagian umum dari proses penuaan. Meskipun kamu tidak dapat sepenuhnya menghentikan proses tersebut, kamu dapat memperlambatnya lho.

Beberapa cara terpenting yang dapat kamu coba untuk memperlambat hilangnya kolagen adalah sebagai berikut:

  • Hindari merokok
  • Batasi paparan sinar UV yang berbahaya dari matahari
  • Pakai tabir surya
  • Minumlah cukup air, karena dehidrasi dapat membuat kulit kamu terlihat lebih buruk
  • Hindari penggunaan alkohol berat
  • Mengonsumsi makanan sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran, terutama makanan tinggi vitamin C

Cara meningkatkan kolagen di kulit adalah dengan mengonsumsi suplemen kolagen, yang dapat membantu mengatasi penuaan dini dan masalah kulit lainnya.

Nah, saat ini banyak sekali suplemen kolagen populer. Sebagian besar terhidrolisis, yang berarti kolagen telah dipecah, sehingga membuat lebih mudah untuk serap oleh tubuh.

Salah satu produk yang bisa kamu konsumsi adalah Pomeglow yang merupakan minuman kolagen dengan ingredientsnya baik untuk kulit, di antaranya adalah serbuk delima, fish collagen, L-glutathione, ganggang laut, daun stevia, asam malat, dan banyak kandungan lainnya.

Siti Nur Rohmah, selaku Owner dari produk Pomeglow mengatakan, “Uniknya dalam ingredients Pomeglow tidak menggunakan pemanis buatan, perasa sintesis atau creamer, sehingga ingredients tersebut sangat aman dan baik untuk digunakan sebagai masker. Pada kandungannya juga memiliki berbagai manfaat seperti mencerahkan kulit, menjaga kelembapan kulit, menghaluskan kulit, mengurangi peradangan jerawat, membantu menyamarkan bekas jerawat, dan masih banyak manfaat lainnya.”

Pomeglow jika digunakan sebagai masker wajah juga mampu membantu perawatan dari luar yang membantu dalam mengurangi inflamasi pada jerawat, menyamarkan bekas jerawat maupun flek, memberikan kelembaban pada kulit dan menjadikan kulit tampak lebih bersih dan cerah. 

Pomeglow juga bisa dikonsumsi untuk anak usia 6tahun ke atas, bumil dan busui karena ingredients yang aman dan alami.

Pada kandungan kalsium dari ekstra ganggang lautnya juga membantu menjadi asi booster bagi busui, jadi ibu menyusui bisa mendapatkan ASI yang lancar dan perawatan dari dalam untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Selain dalam bentuk minuman, ada beberapa produk skincare yang bisa kamu pilih untuk perawatan dari luar, seperti:

  • Pixi Collagen Eye Serum

Serum mata yang ringan ini diformulasikan untuk meremajakan dan merevitalisasi area mata yang halus sambil membantu menjaga kulit tampak awet muda.

  • Ultima II Procollagen Extrema Advanced Activator

Skincare ini mengandung teknologi Procollagen Essence khas Ultima II, vitamin E dan antioksidan. Produk ini ampuh menyamarkan tanda-tanda penuaan dan memaksimalkan fungsi skincare yang dipakai setelahnya. 

  • Senka Perfect Whip Collagen In 

Senka dikenal sebagai facial wash yang cocok mengatasi kulit kering, kasar, dan aging. 

Dengan tekstur yang lembut di kulit, produk Senka memiliki kandungan collagen yang mampu membuat kulit lebih lembap dan terasa lebih kenyal.

Demikian informasi mengenai pentingnya kolagen untuk menunda penuaan.

Yuk, selalu rawat kulit kamu dengan menggunakan produk skincare dan suplemen yang mengandung kolagen agar mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.