Perkaya Ilmu Parenting, Ini 5 Komunitas untuk Kamu yang Baru Jadi Mama

Belajar tentang pola mengasuh anak bisa dari mana saja, termasuk ikut kegiatan komunitas ini

13 Juli 2020

Perkaya Ilmu Parenting, Ini 5 Komunitas Kamu Baru Jadi Mama
Pexels/Elevate

Memasuki dunia Motherhood memiliki tantangan tersendiri bagi perempuan. Seorang Mama baru membutuhkan banyak informasi terkait cara mengasuh yang tepat untuk anak-anaknya. 

Informasi dan ilmu parenting bisa didapatkan melalui website parenting, buku, bahkan melalui film. Nah, selain itu kita juga bisa mendapatkan ilmu seputar parenting melalui sharing yang kita dapatkan dari para orangtua dalam sebuah komunitas. 

Bagi Mama yang ingin bergabung dalam sebuah komunitas parenting, berikut ini Popmama.com berikan rekomendasi komunitas yang menjadi wadah mama-mama dalam bertukar informasi seputar pola asuh anak. Apa saja?

1. Wajah Bunda Indonesia

1. Wajah Bunda Indonesia
Dok. Wajah Bunda Indonesia

Wajah Bunda Indonesia (WBI) adalah komunitas perempuan yang sudah menikah maupun yang belum menikah namun memiliki keinginan untuk bisa maju dan berkembang.

Komunitas ini didirikan pada 27 april 2012 sebagai wadah untuk berkumpulnya para Mama modern. Dalam komunitas ini, Mama bisa berbagi kisah, pengalaman, tips, dan info kegiatan yang berhubungan dengan orangtua, anak, dan keluarga. 

WBI sering juga mengadakan talkshow yang berkolaborasi dengan brand ternama dimana tema acaranya menghadirkan pembicara profesional yang pastinya menyampaikan informasi bermutu untuk para Mama baru. 

Mama bisa mengetahu tentang komunitas ini dengan mengikuti Instagram @wajahbundaid ya.

Editors' Picks

2. Sahabat Ibu Pintar

2. Sahabat Ibu Pintar
Dok. Sahabat Ibu Pintar

Komunitas yang satu ini merupakan kelompok perkumpulan para Mama yang didirikan oleh Blibli.com. 

Di Sahabat Ibu Pintar (SIP), Mama bisa saling sharing dan berkolaborasi untuk menemukan solusi tepat seputar parenting dan gaya hidup modern.

Komunitas SIP secara rutin menggelar kegiatan menarik yang disebut Kelas Pintar, dengan menghadirkan topik beragam mulai dari masalah keuangan keluarga, kelas masak, kelas make up, yoga bersama bayi, hingga entrepreneurship yang juga menghadirkan para public figure dan pakar di bidangnya.

Anggota komunitas yang disapa “Bubu” dapat mengikuti Instagram @sahabatibupintar, atau melakukan “like” Facebook Fanpage Sahabat Ibu Pintar.

3. Komunitas SmartMumsID

3. Komunitas SmartMumsID
Dok. SmartMumsID

Buat kamu para Millennial Mama, komunitas ini juga bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu ikuti. 

Dilansir dalam salah satu unggahan di Instagram SmartMumsID, komunitas ini dibentuk karena ingin menjadi tempat berkumpulnya para Mama Millennial yang aktif dengan jiwa kebersamaan yang tinggi.

Dengan semangat yang positif, komunitas ini juga sering melakukan kolaborasi dalam mengadakan acara yang berguna untuk para Mama.

Dalam masa pandemi, SmartMumsID juga kerap melakukan Instagram Live dengan tema menarik serta pembicara yang berpengalaman. 

4. Komunitas Fairy Good Mom

4. Komunitas Fairy Good Mom
Dok. Komunitas Fairy Good Mom

Selanjutnya, Komunitas Fairy Good Mom! Komunitas ini berdiri pada 11 Oktober 2019. Komunitas ini memiliki kegiatan seru yang sangat cocok buat para Mama baru yang masih merasa ingin terus menambah pengetahuan seputar pola asuh anak. 

Kegiatan yang dilakukan sangat menarik dan berguna untu orangtua baru. Bukan untuk orangtua saja, komunitas ini juga menghadirkan kegiatan seru untuk anak-anak juga lho. 

Dalam Instagram Fairy Good Mom juga dibagikan berbagai informasi terkait pola asuh sampai tips untuk keharmonisan Mama dan Papa. Yuk, follow Instagramnya!

5. Komunitas Cerita Ibu Cerdas

5. Komunitas Cerita Ibu Cerdas
Dok. Komunitas Fairy Good Mom

Komunitas Cerita Ibu Cerdas merupakan suatu kelompok para Mama seleb yang berbagi seputar parenting dan hubungan keluarga. Komunitas ini dibentuk oleh artis bernama Fairus Faisal pada 2017 lalu.

Siapa sangka, awalnya Komunitas Cerita Ibu Cerdas ini adalah perkumpulan Mama-Mama artis dari group WhatsApp Group (WAG). Dalam WAG itu, mereka saling berbagi seputar informsi parenting.

Dari percakapan dalam WAG, Komunitas Cerita Ibu Cerdas akhirnya terbentuk dengan berbagai kegiatan Fun Group Discussion (FGD) yang diadakan setiap bulan. Serunya, FGD ini bukan hanya biacara soal pola suh anak, tapi para Mama juga bisa mendapatkan informasi seputar gizi, psikologi dan lainnya.

Artis-artis yang tergabung, sebut saja Deswita Maharani, Revalina S. Temat, Diva Nadia, Enno Lerian, Jennifer Arnelita, Tya Ariestya, dr. Reisa Brotoasmoro, Hesti Purwadinata, Angie Virgin, Dian Ayu, Shezy Idris, Intan Nuraini, Nina Tamam, Fanny Febriana dan lainnya. 

Mama bisa mengikuti kegiatan Komunitas Cerita Ibu Cerdas melalui Instagram @ceritaibucerdas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.