Siap New Normal, Perhatikan Cara Tepat Menggunakan Masker Menurut WHO

Yuk, jangan sampai tinggalkan maskermu saat keluar rumah

31 Mei 2020

Siap New Normal, Perhatikan Cara Tepat Menggunakan Masker Menurut WHO
Freepik/lifeforstock

Sejak corona terus menyebarkan virusnya kebanyak orang, salah satu anjuran protokol kesehatan yang tak boleh diabaikan adalah menggunakan masker saat keluar rumah.

Apalagi new normal tengah disiapkan oleh pemerintah agar masyarakat bisa tetap produktif. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewajibkan kita menggunakan masker saat keluar rumah untuk menurunkan potensi tertular virus corona. 

Nah Ma, agar penggunaan masker tidak salah dan efektif.

Yuk, cek cara tepat menggunakan masker sesuai dengan prosedur yang diterapkan oleh WHO yang telah Popmama.com ulas berikut ini. 

Editors' Picks

Cara Menggunakan Masker Menurut WHO

Cara Menggunakan Masker Menurut WHO
Dok. Popmama.com

Dilansir dari laman resmi WHO, cara efektif dalam menggunakan masker adalah sebagai berikut: 

  • Sebelum menggunakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air. 
  • Tutupi mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker. 
  • Hindari menyentuh masker saat menggunakannya. 
  • Jika kamu melakukannya, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air. 
  • Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai. Maksimal penggunaan masker adalah 4 jam. 
  • Untuk membuka masker, lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan masker); 
  • Segera buang di tempat sampah tertutup, baiknya berikan cairan disinfectant pada masker yang akan dibuang ya, agar petugas kebersihan juga aman; 
  • Bersihkan tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol.

Kapan dan Seberapa Efektif Memakai Masker untuk Melindungi dari Virus Corona?

Kapan Seberapa Efektif Memakai Masker Melindungi dari Virus Corona
afro.who.int

Menurut WHO, gunakan masker saat berada di luar rumah, dalam perjalanan, dan jika kamu sedang kurang sehat, masker adalah wajib. 

Masker hanya efektif bila digunakan bersama dengan pembersih tangan yang sering dilakukan dengan alkohol atau sabun dan air. 

Jika kamu mengenakan masker, maka kamu harus tahu cara menggunakannya dan membuangnya dengan benar.

Jadi rasanya percuma kamu menggunakan masker untuk perlindungan diri tapi protokol kesehatan lainnya kamu abaikan.

Lakukan semuanya secara bersamaan agar kamu dan keluarga bebas dari virus corona. 

Itulah himbauan WHO mengenai penggunaan masker yang tepat. Kita bisa menggunakan masker kain dengan 3 lapisan untuk perlindungan ekstra. 

Pilih Masker dengan 3 Lapisan yang Efektif Menghalau Virus

Pilih Masker 3 Lapisan Efektif Menghalau Virus
Dok. Wings Corp

Masker dengan 3 lapisan menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk digunakan untuk menghalau virus, dwbu, dan partikel lain pembawa penyakit. 

Masker 3 lapis sendiri merupakan masker sekali pakai yang melindungi pengguna dari partikel yang terbawa melalui udara, droplet dan bakteri. 

Saat ini banyak sekali produsen berbasis kesehatan dan kebersihan yang mengelurakan jenis masker tiga lapis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Menjawab kebutuhan akan masker kesehatan yang terus melambung permintaannya Wings Corp, melalui Wings Care, menghadirkan Masker 3 ply Wingscare Protector terbuat dari 2 lapis material non-woven spunbond dan non-woven meltblown spunbond yang efisiensi penyaringan bakterinya mencapai hampir 98%. 

Selain lulus uji BFE (Bacterial Filtration Efficiency), Wingscare Protector juga telah mengantongi izin dari Kementerian Kesehatan.

Tak hanya itu, kualitas masker 3 ply ini juga sudah memenuhi persyaratan untuk dapat digunakan sebagai masker bedah (surgical mask) sehingga aman digunakan oleh para tenaga medis. 

Dalam keadaan yang tepat, masker 3 ply sangat membantu untuk mengurangi penularan penyakit.

Maka dari itu, penggunaan masker 3 ply pun sangat dianjurkan. Dirangkum dari berbagai sumber, penggunaan masker pada orang yang terinfeksi Covid-19 bisa untuk mengurangi resiko penularan ke orang lain.

Sedangkan, penggunaan masker pada orang sehat bisa membantu untuk menghindari terinfeksinya pengguna. Masker 3 ply atau masker bedah merupakan pilihan yang tepat sebagai alat pelindung diri saat beraktivitas di luar rumah. 

“Hanya dalam waktu kurang lebih 2 bulan, kami berusaha dengan semaksimal mungkin untuk dapat menghadirkan Wingscare Protector, masker 3 ply yang dapat membantu melindungi masyarakat dari debu, bakteri, serta partikel berbahaya lainnya. Tak hanya itu, masker ini juga telah sesuai dengan aturan SNI 8488 tahun 2018 sehingga dapat pula digunakan untuk kebutuhan medis. Seperti yang kita ketahui, penggunaan masker adalah hal yang kini wajib dilakukan untuk berbagai aktivitas, terutama ketika berada di luar rumah demi mencegah penularan Covid-19. Maka dari itu, Wings Care ingin memberikan perlindungan menyeluruh kepada masyarakat Indonesia dengan menambah product line yang sesuai dengan kebutuhan, terutama di tengah pandemi seperti sekarang,” ujar Stella Eidelina, Brand Manager Wingscare Protector.

Namun, akibat permintaan masker bedah yang begitu tinggi, harganya melambung dan ketersediaan barang pun menjadi terbatas. Bagi Mama yang ingin membeli masker dari Wings ini, Mama nggak perlu khawatir soal harga. Masker 3 lapis dari Wingscare Protector ini harganya bawah Rp 100.000 untuk satu kemasan kotak isi 50 lembar. 

Masker 3 ply ini juga akan segera tersedia di jaringan FamilyMart. Untuk pemasaran melalui pasar umum (general trade) dan jaringan penjualan online, Stella menuturkan bahwa pihaknya sedang melakukan proses pendistribusian masker 3 ply tersebut secara merata dalam skala nasional.

Stella juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat membeli masker Wingscare Protector ini melalui channel resmi guna menghindari penipuan, barang palsu serta membatasi gerak para spekulan.

Nah Ma, makin lega ya dengan kehadiran masker yang diproduksi masal oleh beragam produsen produk kesehatan dan kebersihan Indonesia.

Semoga dengan menjamurnya produk masker di pasaran kita semakin mudah mendapatkan masker dengan harga yang wajar. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.