Special Valentine's Day: Papa Masak untuk si Kecil? Kenapa Nggak!

Pada hari spesial, Mama bisa ajak Papa untuk membuat hidangan untuk anak mama

17 Februari 2020

Special Valentine's Day Papa Masak si Kecil Kenapa Nggak
Popmama.com/Bima Bintoro

Bulan februari identik dengan bulannya kasih sayang, karena pada bulan ini terdapat Hari Valentine yang jatuh pada tangga 14 Februari. Apa kejutan yang diberikan suami pada Mama pada hari Valentine tahun ini? Pastinya berkesan sekali ya, Ma.

Untuk memeriahkan Hari Kasih Sayang, bertempat di Chief Creative Complex, Radio Dalam, pada hari Sabtu, 15 Februari 2020 lalu Babymoov mengundang 15 pasangan Papa dan Mama Influencer untuk memberikan persembahan untuk keluarga.

Para Papa ditantang untuk memasak bersama Mama menggunakan produk food processor Babymoov Nutribaby+ sebagai rasa terima kasih kepada Mama yang sudah melahirkan dan membesarkan si Kecil. Dipandu oleh celebrity chef, Steby Rafael, para Papa membuat hidangan yang mudah banget dan bergizi pastinya, Cabbage Roll Chicken Stuff dip Tomato Sauce. 

Pada acara bertajuk Daddie's Cook on Valentine's Day Papa juga memberikan kejutan untuk Mama lho. Setelah sesi masak berakhir, para Papa diminta keluar ruangan, kemudian para Mama disuguhkan mini games dan pemberian doorprize yaitu 1 buah Turbo Pure Sterilizer. Suasana berubah terasa romantis ketika 15 Papa yang sebelumnya diminta keluar, masauk membawa bunga mawar untuk Mama. 

Pada event ini, Popmama.com berkempatan untuk berbincang langsung dengan Steby Rafael mengenai pentingnya Papa untuk memiliki keahlian memasak. Nggak harus jago, setidaknya Papa baiknya juga bisa memasak. Yuk, simak tips seru buat Papa yang ingin belajar masak!

Kenapa Papa Harus Bisa Memasak?

Kenapa Papa Harus Bisa Memasak
Popmama.com/Bima Bintoro

Menurut Steby, ada beberapa alasan kenapa Papa harus bisa memasak. Apa saja?

"Alasan pertama, masak itu bukan hanya sebagai profesi saja sebagai chef, melainkan ini menjadi keahlian yang harus dimiliki setiap manusia. Manusia harus bisa mengolah makanannya sendiri, itulah pentingnya baik Mama atau Papa perlu bisa memasak," katanya. 

Alasan yang kedua bagi Steby adalah agar Papa bisa menjadikan contoh yang baik bagi anaknya. "Anak-anak menganggap Papa sebagai pahlawannya, mau itu anak perempuan atau anak laki-laki. Dan, kalau mereka melihat Papanya memasak, pasti si Anak akan penasaran untuk mencoba masakan Papanya. Sebisa mungkin, setelah memasak jangan hanya masakin saja, tapi biasakan untuk menciptakan momen makan bersama. Anak akan mencontoh makan makanan yang kita makan. Kalau kita makan makanan buatan sendiri yang lebih sehat, yang mereka akan terbiasa dengan hal ini dan menirunya. Anak nggak bisa terus menerus diperintah. Contohnya, 'ayo makan buah, nanti kalau nggak makan kamu sakit' tapi ketika orangtuanya nggak makan buah ya, anak juga merasa nggak ada dorongan untuk makan buah," katanya. 

Editors' Picks

Tips Belajar Masak untuk Para Papa

Tips Belajar Masak Para Papa
Popmama.com/Bima Bintoro

Menurut chef Steby, ada tips untuk para Papa yang ingin belajar masak, apa saja ya:

1. Siapkan niat

Untuk belajar masak, Papa harus menyiapkan niat, kesampingkan ego, dan jadilah kertas putih. "Saat ingin belajar masak, Papa harus menjadi kertas putih yang siap untuk menulis beberapa tips memasak yang diberikan oleh istri, mertua, atau Ibu," katanya. 

Setelah menerima banyak masukan dari berbagai pihak dan nggak keras kepala, lalu coba buat memasak. 

2. Ketahuilah metodenya

Steby mengatakan setelah mendapatkan tipsnya, maka mulai untuk memasak. Tapi baiknya, Papa harus tahu dulu metode memasak terlebih dahulu. "Memasak itu ada tiga cara, dan Papa harus tahu sebagai dasar belajar memasak. Kukus, goreng, dan panggang jadi metode yang utama yang harus dimengerti. Setelahnya, pelan-pelan belajar cara memotong, nggak usah terburu-buru, balik lagi kesampingkan ego dan tanya istri bagaimana cara memotong yang benar," tambahnya.

3. Maafkan dirimu dan coba lagi jika gagal

Steby mengingatkan buat Papa yang baru belajar masak, jangan langsung merasa down ya ketika hasil masakanmu gagal atau kurang sempurna, maka 'Maafkan Dirimu' ketika kamu merasa belum sempurna dalam memasak. Selalu coba lagi hingga kamu berhasil memasak. 

Itulah beberapa tips yang diberikan oleh chef Steby untuk para Papa yang ingin belajar masak. Buat Mama, jangan lupa untuk memberikan dukungan untuk niat baik Papa ya. Siapa tahu, Papa bisa jadi chef terbaik keluarga. Masak dan makan di rumah, bisa dilakukan lebih sering deh! Semoga tipsnya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.