9 Alat Fitnes untuk Melatih Otot Perut yang Bisa Dipakai di Rumah

Bisa bantu perut langsing dan makin ramping nih!

18 Juni 2021

9 Alat Fitnes Melatih Otot Perut Bisa Dipakai Rumah
Pexels/andres-ayrton

Alat fines untuk melatih otot perut banyak tersebar di pasarana. Meski begitu kita harus pintah dan memilih dengan benar mana alat yang pas dan fungsinya tidak merugikan.

Ada beberapa alat fitnes yang bisa digunakan untuk melatih otot perut di rumah. Selain ukurannya yang lebih ringkas, beberapa alat-alat fitnes ini juga memiliki fungsi tambahan untuk melatih otot di bagian tubuh yang lain.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya. 

1. Ab glider, melatih otot perut lebih ramping

1. Ab glider, melatih otot perut lebih ramping
Shopee.co.id

Melatih otot perut dengan Ab glider lebih mudah dan nyaman. Bentuk dan fungsinya dirancang dan pas untuk laki-laki dan perempuan bisa mengecilkan perut mereka. 

Cara memakai Ab glider yakni berlutut ditumpuannya sambil digerakkan sevara sliding ke atas dan bawah. Tangan sambil memegang tumpuan pegangan untuk mengatur kecepatan glider yang nyaman.

2. Ab swing, bantu latihan otot perut lebih mudah

2. Ab swing, bantu latihan otot perut lebih mudah
Amazon.com

Alat fitness ini cukup ringkas untuk diletakkan di rumah. Dengan Ab swing, kita bisa melatih otot perut kita agar rata dan lebih rampiang. 

Ab swing memiliki kursi pivot dengan pegangan di kedua sisi untuk membantu kita melatih otot perut. Caranya, duduk nyaman dan tarik kaki pada tumpuan setinggi mungkin lalu tahun selama 10 detik dan turunkan kaki.

3. Ab wheels, alatnya ringkas dengan fungsi maksimal

3. Ab wheels, alat ringkas fungsi maksimal
Pinterest.com

Sekilas, Ab Wheels tampak seperti alat fitness yang tidak ada fungsinya. Namun, alat ini ternyata bisa membantu mengencangkan otot perut lho. 

Ab wheels berbentuk seperti roda yang memiliki pegangan di sisi kanan dan kirinya. Cara menggunakan alat ini yaitu lutut bertumpu di lantai dan tangan menggerakkan Ab Wheels membentuk garis lurus.

Tahan posisi tersebut selama 30 detik. Lalu tariklah badan kembali ke posisi awal. Ini sangat efektif dalam memperkuat otot perut bagian atas dan bawah.

Editors' Picks

4. Captain's Chair, bisa latih otot perut bawah lebih baik

4. Captain's Chair, bisa latih otot perut bawah lebih baik
Pinterest.com

Alat fitnes untuk melatih otot perut selanjutnya adalah Captain's Chair. Alat ini tak hanya bisa melatih otot bagian perut tapi juga lengan lho. 

Cara kerjanya hampir mirip dengan pull-up bar, di mana seseorang perlu menahan berat badan di lengan kursi, dengan punggung bersandar kuat ke sandaran. Sementara itu kaki lurus ke depan di udara. 

Tahan posisi tersebut beberapa detik dan ulangi. Ini bisa melatih otot perut bagian inti, bawah dan atas.

5. Power plank, alat fitnes yang sedang viral

5. Power plank, alat fitnes sedang viral
Shopee.co.id

Power plank menjadi alat fitnes untuk melatih otot perut yang sedang viral. Kegunaan power plank yakni mengecilkan lingkar pinggang dan sebagai alat bentuk bokong indah, membantu melatih otot perut, pinggul, paha, bokong dan tangan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Tinggal memegang tumpuan pada atasnya dan lutut bertumpu pada bagian bawah. Lalu kita bisa menggerakkan ke atas dan kebawah sesuai ritme yang nyaman.

6. Power tower station, satu alat yang lengkap

6. Power tower station, satu alat lengkap
Tokopedia.com

Power tower station bisa dibilang sebagai alat fitnes yang all-in-one. Sebab, beberapa desain yang beredar di pasaran alat ini sudah dilengkapi dengan alat untuk pull-up dan semacamnya.

Dengan memilih Power tower station, kita bisa melakukan berbagai olahraga di rumah. Untuk melatih otot perut, kita bisa menggunakan tumpuan lengan yang berada di tengah alat ini.

Ayunkan dan tahan kaki diudara selama beberapa detik dengan mengangkatnya sejajar dengan perut. Kita juga bisa memanfaatkan tangan dengan tumpuan di atas untuk melakukan gerakan serupa.

7. Pull-up/chin-up bar, alat yang fungsional

7. Pull-up/chin-up bar, alat fungsional
Amazon.com

Tak perlu banyak alat, bar sederhana juga bisa digunakan untuk membentuk otot perut. Pull-up bar tidak hanya berguna untuk membantuk tubuh bagian atas, lengan dan punggung. 

Pull-up bar juga bisa digunakan sebagai rutinitas intens yang dapat memperkuat dan membangun otot perut lho. Saat menggunakan pull-up bar, salah satu latihan perut terbaik adalah melakukan gerakan scissor kick.

8. Rowing machine, alat yang bantu latih beberapa otot bagian tubuh

8. Rowing machine, alat bantu latih beberapa otot bagian tubuh
Amazon.com

Hampir sama cara kerjanya dengan sit-up, latihan menggunakan rowing machine kita tak perlu susah berbaring di lantai. Menggunakan alat ini kita akan melatih beberapa anggota badan sekaligus yakni lengan, paha dan tentunya otot perut.

Cara berolahraga menggunakan rowing machine yaitu duduk di kursi geser dengan nyaman sambil memegang tumpuan alat yang akan ditarik. Kecepatan tarikan itu dapat disesuaikan dengan kemampuan kita. 

9. Sit-up bench, cocok untuk pemula yang baru mulai latihan

9. Sit-up bench, cocok pemula baru mulai latihan
Blibli.com

Mungkin sudah umum dan terdengar kalau salah satu mengencangkan otot perut dengan olahraga sit-up. Kini kita bisa melakukan sit-up lebih nyaman dengan sit-up bench.

Alat ini memang tidak ada fungsi khusus lain selain membantu kita lebih nyaman ketika melakukan sit-up. Namun, alat ini akan sangat membantu orang yang baru pertama kali melakukan rutinitas olahraga.

Bagi pemula, alat sit-up bench berguna untuk melakukan sit-up berbagai gaya. Baik secara telentang atau melakukan sit-up tengkurap untuk melatih punggung.

Itulah tadi alat fitnes untuk melatih otot perut yang bisa digunakan di rumah. Semoga informasi ini membantu Mama dan Papa yang sedang membutuhkan atau mencari alat untuk mengecilkan otot perut!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.