TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Artis Kleptomania, Curi Wig di Sex Shop hingga Topi Mahal

Merupakan gangguan kendali impulsif, perlu terapi khusus untuk menghilangkannya menjadi kebiasaan

16 Agustus 2022

8 Artis Kleptomania, Curi Wig Sex Shop hingga Topi Mahal
Instagram.com/meganfox & Instagram.com/lindsaylohan

Ada beberapa alasan seseorang melakukan tindakan pencurian. Salah satu gangguan yang berhubungan dengan kasus pencurian adalah keptomania, istilah yang sudah sering kita dengar.

Kleptomania merupakan gangguan yang membuat penderitanya sulit menahan diri dari keinginan untuk mencuri. Biasanya penderita dari gangguan ini melancarkan aksinya di tempat-tempat umum, tetapi ada juga yang mengutil dari rumah teman-temannya.

Tak hanya orang biasa, ada sederet selebriti Hollywood yang juga seorang Kleptomania lho.] Mereka bahkan ada yang dilarang secara permanen masuk ke sebuah toko pakaian karena pernah ketahuan mencuri!

Berikut Popmama.com rangkum deretan artis Kleptomania, curi wig di sex shop sampai topi mahal.

1. Winona Ryder

1. Winona Ryder
Instagram.com/winonaryderofficial

Artis Winona Ryder pernah menjalani pengadilan pengutilan (shoplifting trial) selama seminggu. Hasil persidangan itu, ia divonis bersalah atas tuduhan pencurian besar dan vandalisme karena membawa barang dagangan dengan nilai lebih dari 5.500 USD atau setara Rp 78 juta dari Saks Fifth Avenue di Beverly Hills.

Saat itu alasan dirinya mencuri untuk mendalami karakter dalam sebuah peran yang ia mainkan. Karena perbuatannya ini Winona harus menjalani 3 tahun masa percobaan, diwajibkan melakukan layanan masyarakat, dan menerima konseling psikologis serta obat-obatan.

2. Lindsay Lohan

2. Lindsay Lohan
Instagram.com/lindsaylohan

Siapa sangka kalau aktris Lindsay Lohan pernah tertangkap karena 'mencuri' kalung seharga 2.500 USD (Rp 35,5 juta) di  Venesia, California. Lindsay saat keluar dari toko tersebut konon tak sengaja masih memakai kalung tersebut padahal belum dibayar.

Lindsay pun didakwa melakukan pencurian besar-besaran (felony grand theft) dan dijatuhi hukuman 120 hari penjara. Ia juga diharuskan melakukan pelayanan masyarakat (community service). 

Setelah sebulan ditahan, Lindsay dibebaskan, tetapi harus menjalani sisa hukumannya sebagai tahanan rumah.

3. Farrah Fawcett

3. Farrah Fawcett
Instagram.com/farrahfawcettfn

Karier Farrah melejit setelah membintangi serial televisi Charlie's Angels. Punya tubuh yang body goals dan dikenal ramah, ternyata ia tidak sesempurna yang ditampilkan di layar kaca.

Farrah ketahuan ditangkap dua kali karena mengutil pakaian dari dua butik. Mengutip dari A&E, Farrah mengaku melakukannya karena pihak toko menolak untuk menukar barang yang pernah ia beli sebelumnya.

Editors' Picks

4. Amanda Bynes

4. Amanda Bynes
Instagram.com/amandabynesnews

Selanjutnya ada pula artis Amanda Bynes yang memerankan Marianne Bryant dalam film Easy A. Pada Oktober 2014, ia dilaporkan keluar dari department store kelas atas di Manhattan memakai topi seharga 200 dolar AS (Rp 2,8 juta) yang belum dibayar.

Amanda mengklaim kejadian itu adalah kesalahpahaman dan ia telah merencanakan untuk membayar. Namun, berkat aksinya ia harus menandatangani surat pernyataan larangan masuk toko tersebut.

5. Megan Fox

5. Megan Fox
Instagram.com/meganfox

Megan Fox beberapa kali ketahuan mencuri di supermarket atau hypermarket. Megan bahkan sampai dilarang seumur hidup untuk memasuki supermarket Walmart karena mencuri sebuah lip-gloss seharga Rp 103 ribuan.

6. Britney Spears

6. Britney Spears
Instagram.com/britneyspears

Selain diva dan penyanyi terkenal, Britney Spears menjadi salah satu seleb yang cukup eksentrik. Salah satunya ia rupanya suka mencuri barang-barang sepele.

Ia terekam beberapa kali mengambil barang. Beberapa di antaranya mencoba baju di toko lalu keluar tanpa membayar hingga membawa korek gas dari pom bensin dan mencuri wig dari sex shop.

7. Bai Ling

7. Bai Ling
Instagram.com/iambailing

Aktris asal China Bai Ling juga pernah kedapatan mencuri. Bukan barang majal, ia mencuri majalah dan satu pak batere saat berada di bandara internasional Los Angeles (LAX) pada 2008.

8. Kristin Cavallari

8. Kristin Cavallari
Instagram.com/kristincavallari

Aktris The Hills, Kristin Cavallari pernah ketahuan memasukkan pakaian dalam ke tasnya saat belanja di sebuah toko. Kristin mencuri tidak hanya satu barang. Ia ketahuan mencuri beberapa barang dicurinya dari gerai Tawny K. di Orange County, California.

Itulah tadi deretan artis Kleptomania, curi wig di sex shop sampai topi mahal. Semoga menjadi pembelajaran bagi kita, ketika melihat atau mendapati orang disekitar mengalami gangguan Kleptopmania ada baiknya dikonsultasikan kepada pihak berwenang dan psikolog ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk