Eksklusif: Cerita Irish Bella Mengatasi Trauma Dibully saat SD, Mencoba Ikhlas dan Berdamai

Dari kejadian ini Irish punya gambaran untuk mengedukasi Air Rumi Akbar 1453 soal isu perundungan

21 Januari 2022

Eksklusif Cerita Irish Bella Mengatasi Trauma Dibully saat SD, Mencoba Ikhlas Berdamai
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Perundungan menjadi salah satu masalah yang kerap dialami anak-anak menuju masa dewasa. Dalam laporan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) mencatat dalam kurun waktu 9 tahun yakni dari 2011 sampai 2019 ada 37.381 pengaduan kekerasan terhadap anak. 

Untuk kasus perundungan atau bullying baik di pendidikan maupun sosial media angkanya mencapai 2.473 laporan dan trennya terus meningkat.

Irish Bella, aktris sekaligus influencer  ini ternyata pernah mengalami perundungan saat SD (sekolah dasar) dulu. Bahkan kejadian perundungan itu tidak bisa dilupakan oleh Irish hingga kini.

Millennial Mama of The Month edisi Januari 2022 ini pun menceritakan pengalaman tak mengenakannya itu. Ia juga membagi semangat dan caranya untuk keluar dari trauma perundungan yang pernah ia alami.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai cerita Irish Bella mengatasi trauma di-bully saat SD.

1. Pengalaman dirundung Irish Bella saat SD, karena berbeda fisik dan susah melafalkan namanya

1. Pengalaman dirundung Irish Bella saat SD, karena berbeda fisik susah melafalkan namanya
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Kasus perundungan bisa terjadi di berbagai macam usia anak. Namun, ada data dari KPAI yang menyebut bahwa korban perundungan banyak datang dari siswa SD.

Data itu diambil pada tahun 2019, KPAI mencatat sebanyak 25 kasus atau 67% pengaduan langsung maupun online sepanjang Januari sampai April 2019 lalu.

Keterangan KPAI menyebutkan alasan mengapa anak bisa dirundung yaitu dari dituduh mencuri, anak di-bully teman-teman dan pendidiknya, saling ejek di dunia maya dan persekusi di dunia nyata, anak jadi korban pemukulan atau pengeroyokan.

Untuk Irish Bella, ia menceritakan pernah dirundung oleh temannya saat SD karena berbeda secara fisik. Selain itu, nama Irish yang susah disebutkan juga menjadi penyebab dirinya punya plesetan nama yang menyakitkan saat itu. 

"Saat itu di-bully karena saya berbeda sendiri. Secara fisik saya blasteran. Padahal harusnya itu bagus, tapi malah justru di-bully. Lalu nama asli saya yang cukup sulit dilafalkan. Waktu itu jadi bahan pelesetan ke hal yang sangat menyakitkan," ungkap Irish.

Editors' Picks

2. Pengalaman dirundung itu masih terngiang di benak Irish hingga kini

2. Pengalaman dirundung itu masih terngiang benak Irish hingga kini
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Irish mengaku yang melakukan perundungan terhadapnya hanya satu orang, tetapi apa yang pelaku ucapkan kepadanya hingga kini masih teringat jelas. Irish dulu sampai menangis jika harus sekolah dan bertemu dengan temannya yang merundung tersebut.

"Hanya satu orang (pelaku) tapi membekas sekali sampai sekarang. Kejadian ini sempat dipendam dan tidak pernah cerita ke siapa pun. Kalau saya telat dijemput atau pagi mau sekolah selalu nangis," cerita Mama satu anak ini.

Saat itu menjadi masa yang berat bagi dirinya. Irish Bella kecil sangat stres menghadapi perundungan yang ia alami. 

"Stres sekali, sampai suatu waktu karena ada kejadian tertentu akhirnya saya memberanikan diri untuk cerita ke orangtua," pungkasnya.

3. Keterbukaan Irish membuat orangtuanya sadar dengan kejadian perundungan tersebut

3. Keterbukaan Irish membuat orangtua sadar kejadian perundungan tersebut
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Tak mudah bagi Irish untuk terbuka mengenai perundungan yang ia alami saat itu. Setelah mengumpulkan keberanian untuk bercerita, rupanya ini menjadi jalan terang untuk Irish sebagai penyintas perundungan.

"Setelah itu, orangtua jadi sadar dan langsung diberitahukan ke anaknya (pelaku perundungan). Dia minta maaf dan saya pun pindah sekolah," tuturnya.

Dari sana ia belajar untuk bisa lebih terbuka terhadap orangtuanya. Irish berusaha lebih jujur dan tidak takut untuk mengungkapkan hal-hal yang ia rasa mengganggu aktivitasnya. 

"Belajar bahwa kita harus bisa jujur dan memberanikan diri memberitahu ke orang terdekat," ucap Irish.

Irish mengamini untuk setiap anak-anak yang mengalami perundungan punya caranya tersendiri. Hal itu juga berkaitan dengan umur anak tersebut. 

Namun, Irish menyarankan terutama untuk orangtua bisa mendengarkan keluh kesah anak dengan seksama. Irish juga mendorong agar orangtua lebih peka terhadap perubahan anaknya di rumah.

"Macam-macam cara mengatasi perundungan untuk setiap anak. Untuk saya sendiri yang waktu itu SD, sudah berani speak up dan cerita kondisinya gimana sudah bagus," tuturnya.

4. Belajar ikhlas dan berdamai, Irish ingin mengedukasi Air lebih baik soal isu perundungan

4. Belajar ikhlas berdamai, Irish ingin mengedukasi Air lebih baik soal isu perundungan
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Menjadi penyintas perundungan membuat Irish punya gambaran sendiri untuk mengedukasi anaknya, Air Rumi Akbar 1453 tentang hal ini.

Ia mengaku tak ingin Air mengalami hal yang serupa dengannya. Bahkan lebih buruknya, Irish tak ingin Air yang merundung temannya nanti saat di sekolah.

"Ini yang tidak boleh saya lewatkan untuk mengedukasi Air agar bisa keluar dari situasi itu jika ia di-bully. Saya menekankan agar dia tidak mem-bully anak lain," pungkas Irish.

Seiring berjalannya waktu, meski kejadian perundungan itu masih diingatnya Irish berusaha move on. Ia belajar bahwa setiap orang bisa menjadi korban perundungan apapun bentuk dan alasannya.

"Saya belajar dari pendewasaan yang pada akhirnya bahwa kejadian bully itu bisa terjadi di mana saja, oleh siapa saja dan kapan saja. Semakin dewasa saya belajar untuk ikhlas dan bisa move on dari situasi itu," tutur Irish.

5. Pelajaran penting yang dipetik Irish Bella sebagai penyintas perundungan

5. Pelajaran penting dipetik Irish Bella sebagai penyintas perundungan
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Dari pengalaman itu Irish Bella belajar satu hal, perundungan bisa membuat dirinya tak yakin dan selalu mempertanyakan kekurangan yang ada.

Perundungan bisa masuk hingga ke alam bawah sadar korbannya. Secara mental ini yang akan memengaruhi pola pikir hingga tindakannya di masa depan. 

Namun, keberanian Irish kecil yang mau bercerita ke orangtua membuat ia punya babak baru dalam memandang kasus ini. Hingga akhirnya ia justru bisa menjadi lebih tegar saat mendapatkan banyak komentar negatif tanpa sebab di masa sekarang.

"Tidak mendengarkan apa kata orang karena waktu saat di-bully itu selalu terngiang ke alam bawah sadar kita selalu kurang. Setelah ikhlas jadi bisa memblokir omongan negatif dan bisa mengafirmasi diri kita untuk lebih sukses," tutur istri Ammar Zoni ini.

Masalah perundungan menjadi salah satu pekerjaan rumah di Indonesia. Sebab, pengaruhnya tak hanya soal fisik tapi juga kepada mental anak hingga ia dewasa.

Jika mentalnya sudah terluka, akan ada banyak perubahan sikap pada anak. Oleh karenanya orangtua mesti paham dan peka jika terjadi hal tersebut kepada anak mereka.

Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2022: Irish Bella

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah 
Social Media - Irma Ediarti
Design - Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Jihan Zahira
Stylist - Onic Metheany & Putri Syifa Nurfadilah
Makeup Artist - Claudya Christiani Purba
Hijab do - Dini Azzahra
Irish Bella's Wardrobe - A Pretty Paper Tale by Girah Ababyl & pretty witchy! by Yunia Chairat
Air Rumi Akbar 1453's Wardobe  - Mothercare
Irish Bella's Sandal - Sneakon

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Irish Bella
Millennial Mama

Irish Bella

"Key point untuk kita menjalani tahun baru 2022 adalah berpikiran positif, berani, dan selalu bersyukur"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk