Jangan Lengah, Ciri-Ciri Alergi Vaksin Covid-19 & Cara Penanganannya!

Beberapa orang yang memiliki alergi bisa memunculkan reaksi setelah vaksin Covid-19

6 Maret 2021

Jangan Lengah, Ciri-Ciri Alergi Vaksin Covid-19 & Cara Penanganannya
Unsplash/cdc

Penyuntikkan vaksin Covid-19 mulai dilakukan di Indonesia. Dari pertugas kesehatan hingga masyarakat umum semua akan mendapat gilirannya.

Selama penyuntikkan vaksin Covid-19 ini banyak informasi dan berita beredar soal efek vaksin Covid-19 bagi tubuh.

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyebut jika memiliki reaksi alergi yang parah atau dikenal sebagai anafilaksis setelah mendapatkan suntikkan pertama vaksin Covid-19, CDC merekomendasikan agar tidak mendapatkan suntikkan kedua vaksin itu.

Reaksi alergi dianggap parah ketika seseorang perlu dirawat dengan epinefrin atau EpiPen© atau jika mereka harus pergi ke rumah sakit.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mempelajari tentang efek samping umum vaksin Covid-19 dan kapan harus memanggil dokter.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya. 

Editors' Picks

1. Ciri-ciri alergi vaksin Covid-19

1. Ciri-ciri alergi vaksin Covid-19
Freepik

Beberapa waktu lalu beredar informasi yang viral berkat seorang wartawan yang mengalami reaksi alergi vaksin Covid-19.

Wartawan dari Jawa Pos itu menyebut saat observasi selama 30 menit ia hanya mengalami gemetar sesaat. Untuk gejala alergi lain tidak terlihat.

Baru ketika beraktivitas kembali di kantor, ia merasakan lemas hingga mual. Lalu matanya mulau berair dan perih. Tak hanya mata, bibirnya pun ikut membengkak juga.

Wartawan inisial D itu mengatakan ia memang memiliki riwayat alergi dan sudah melaporkan hal itu sebelum divaksinasi. Namun, dirinya lolos untuk diberikan vaksin Covid-19. 

Ia pun akhirnya dirujuk ke RS Fatmawati untuk mendapatkan perawatan. Untungnya, kondisi D semakin membaik. Dikutip dari CDC reaksi alergi langsung terjadi dalam 4 jam setelah divaksinasi. CDC menyebut ada beberapa gejala dan ciri-ciri alergi vaksin Covid-19 yaitu:

  • Gejala gatal-gatal
  • Pembengkakak pada anggota tubuh
  • Gangguan pernapasan

Ketika hal itu terjadi segera hubungi dokter agar dapat dirujuk ke spesialis alergi dan imunologi untuk dirawat.

2. Orang yang alergi tidak boleh mendapat vaksin Covid-19 kedua

2. Orang alergi tidak boleh mendapat vaksin Covid-19 kedua
pexels/cottonbro

Penyuntikkan vaksin Covid-19 dilakukan dua kali dengan rentang waktu tertentu bergantung dari jenis dan produsen vaksin. Namun, ketika seseorang sudah menunjukkan reaksi alergi saat penyuntikkan pertama maka orang tersebut tidak boleh mendapatkan menyuntikkan vaksinasi kedua. 

Saran CDC itu berdasar pada kasus 6 orang di Amerika Serikat yang mengalami reaksi alergi setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Reaksi alergi yang dialami berupa peningkatan detak jantung dan napas yang lebih pendek setelah 30 menit diberikan vaksin.

Bahkan, di Alaska 2 orang pekerja kesehatan dilaporkan mengalami reaksi alergi setelah 10 menit mendapatkan vaksin Covid-19.

3. Rekomendasi tindakan antisipasi alergi sebelum vaksin Covid-19

3. Rekomendasi tindakan antisipasi alergi sebelum vaksin Covid-19
Freepik/jcomp

CDC telah memberikan rekomendasi untuk setiap orang yang melakukan vaksinasi Covid-19. Rekomendasi ini harus dipatuhi oleh penyedia layanan vaksinasi maupun orang yang menerima vaksin Covid-19.

Semua orang yang mendapatkan vaksin Covid-19 harus dipantau di lokasi. Sebab, orang yang memiliki reaksi alergi parah atau yang telah memiliki jenis reaksi alergi langsung terhadap vaksin harus dipantau setidaknya selama 30 menit setelah mendapatkan vaksin. 

Penyedia vaksinasi harus memiliki perawat, obat-obatan, dan peralatan yang sesuai seperti epinefrin, antihistamin, monitor tekanan darah, dan alat lain untuk memeriksa kondisi setiap orang yang divaksinasi.

Jika seseorang mengalami reaksi alergi yang parah setelah mendapatkan vaksin Covid-19 jika masih ada ditempat lokasi pemantauan maka segera melapor kepada petugas apapun ciri-cirinya.

Sementara itu, petugas harus memberikan perawatan dengan cepat hingga menghadirkan layanan medis darurat. 

Itulah tadi informasi mengenai ciri-ciri alergi vaksin Covid-19 dan cara penanganannya. Semoga informasinya membantu terutama bagi Mama dan Papa yang menerima vaksin Covid-19. Jangan lupa, tetap ingat hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum vaksin Covid-19

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.