Divaksinasi Covid-19, Ganjar Pranowo Ingatkan Soal Protokol Kesehatan!

Mengenakan blangkon dan berpakaian santai, Ganjar Pranowo divaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah

14 Januari 2021

Divaksinasi Covid-19, Ganjar Pranowo Ingatkan Soal Protokol Kesehatan
Instagram.com/ganjar_pranowo

Setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang divaksinasi Covid-19, Kamis (14/1/2021) ini para pemimpin di daerah dan tenaga kesehatan mulai mendapatkan vaksin Sinovac.

Ganjar Pranowo sekaligus sebagai Gubernur Jawa Tengah divaksinasi Covid-19 yang disiarkan secara langsung di Youtube Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Vaksin dengan nama CoronaVac ini diberikan dengan 4 tahapan. Pertama, orang yang mendapat vaksin akan mendapatkan SMS dari pemerintah.

Kedua, sebelum divaksinasi petugas akan melakukan skrining kesehatan. Ketiga, baru dilakukan penyuntikkan vaksin. Keempat, harus menunggu 30 menit di tempat vaksinasi untuk observasi efek vaksin. 

Berikut Popmama.com rangkum informasi soal vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Ganjar Pranowo.

1. Ganjar Pranowo datang mengenakan blangkon dan baju santai

1. Ganjar Pranowo datang mengenakan blangkon baju santai
Youtube.com/Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo datang ke RS Tugu Rejo sejak pagi untuk divaksinasi Covid-19. Ia mengenakan baju pangsu lengkap dengan blangkon yang tentunya menyita perhatian warga sekitar.

Penampilan Ganjar tersebut mengisyaratkan bahwa divaksinasi Covid-19 bukanlah hal yang menakutkan. Sehingga warga tak perlu ragu.

Editors' Picks

2. Divaksinasi Covid-19 bersama beberapa orang penting di Jawa Tengah

2. Divaksinasi Covid-19 bersama beberapa orang penting Jawa Tengah
Youtube.com/Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Ganjar tak sendiri karena ditemani wakil Gubernur Jawa Tengah dan sederet tokoh serta perwakilan instansi di Jawa Tengah. Ganjar masuk menjadi salah satu orang yang mendapatkan vaksinasi pertama di provinsi ini.

Ia juga menyebut ada beberapa tokoh dan perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang turut menyaksikan. 

"Hari ini saya melakukan penyuntikkan vaksin bersama pak Wagub dan yang lainnya," tutur Ganjar ketika diwawancara.

3. Ganjar juga dorong masyarakat tak perlu takut divaksinasi

3. Ganjar juga dorong masyarakat tak perlu takut divaksinasi
Instagram.com/ganjar_pranowo

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah resmi dimulai hari ini. Tahap pertama akan diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan secara bertahap. 

Menujukkan dirinya yang masih baik-baik saja setelah divaksinasi Covid-19, Ganjar mendorong agar masyarakat tak perlu takut dan ragu soal keamanan vaksin. Khususnya vaksin Sinovac yang sudah ada dalam tubuhnya.

"Mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar dan memastikan kalau semua orang bisa divaksin agar terjadi herd immunity. Harapannya bisa 70% orang Indonesia (vaksin) nantinya. Tidak perlu ragu (divaksinasi) karena di sini juga ada dari MUI dan BPOM yang hadir. Alhamdulillah tadi untuk batch awal berjalan lancar semoga batch selanjutnya juga sama," tuturnya.

4. Ganjar Pranowo tidak merasakan efek negatif setelah divaksinasi

4. Ganjar Pranowo tidak merasakan efek negatif setelah divaksinasi
Youtube.com/Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Setelah 30 menit menunggu oabservasi, Ganjar memberikan keterangannya. Ia menyebut setelah mendapat vaksinasi Covid-19 ia masih segar dan tak ada efek negatif.

"Tidak ada rasa apa-apa (setelah divaksinasi). Nggak ada, alhamudlillah 30 menit ini nggak ada masalah. Karena semua sudah disiapkan dan sudah diukur. SOP-nya saja sudah ketat. Jadi segar-segar saja," tegas Ganjar Pranowo.

Karena ia sudah membuktikan sendiri, Ganjar mendorong agar masyarakat menantikan gilirannya divaksinasi nanti. Mengingat, ini adalah salah satu jalan untuk menghentikan pandemi Covid-19.

"Masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu ragu karena semua nungguin. Kehalalan sudah (ada), kemanannya sudah diuji. Ini bagian dari ikhtiar kita untuk melawan Covid-19 bersama-sama," tuturnya.

5. Tetap ingatkan pentingnya protokol kesehatan

5. Tetap ingatkan penting protokol kesehatan
Instagram.com/ganjar_pranowo

Banyak anggapan jika sudah divaksinasi Covid-19, maka bisa berleha-leha dan kendor menerapkan aturan protokol kesehatan. Ganjar Pranowo membantah anggapan itu. Ia mengingatkan dengan tegas, meski sudah divaksin menerapkan protokol kesehatan yang ketat harus dilakukan sampai Indonesia setidaknya mencapai herd immunity dari virus Corona ini.

"Bukan berarti setelah vaksin protokol kesehatan menurun. Setelah ini tetap protokol ketat. Nanti kalau sudah semua sebagian besar masyarakat Indonesia, 70% sudah divaksin ini sampai menimbulkan herd immunity-nya," tegasnya.

Sebagai informasi saat ini epidemolog di Indonesia menyarankan agar masyarakat menerapkan 5M. Rinciannya yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumuman, dan menjaga mobilitas (berpindah/bepergian). 

Semoga dengan adanya vaksin ini bisa menjadi kabar baik untuk memerangi pandemi Covid-19 di Indonesia ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.