Doa untuk Orang Sakit Covid-19 & Penyakit Lain dari Riwayat Rasulullah

Bisa diterapkan sebagai bentuk ikhtiar kita mencari kesembuhan

23 September 2021

Doa Orang Sakit Covid-19 & Penyakit Lain dari Riwayat Rasulullah
Pexels/shvetsa

Doa untuk orang sakit bisa menjadi salah satu ikhtiar mendapatkan kesembuhan dari Allah SWT. Saat ini, banyak sekali kasus Covid-19 mulai dari sanak-saudara hingga keluarga dekat mungkin pernah ada yang mengalaminya.

Mengutip akun Instagram Muhammad Nuzul Dzikri, sebenarnya ada doa yang bisa diucapkan untuk memohon kesembuhan seperti yang disarankan Nabi Muhammad SAW kepada sahabatnya. 

"Kabar gembira ini bermula dari Utsman bin Abil 'Ash tentang penyakitnya yang dirasa menjangkit dirinya setelah masuk Islam. Lalu, Rasulullah SAW pun memberikan saran kepadanya," tutur akun Instagram @muhammadnuzuldzikri.

Dipembukaannya, Muhammad Nuzul mengungkapkan kalau doa ini bisa dijadikan salah satu ikhtiar mendapat kesehatan bagi pasien Covid-19 atau penyakit lainnya.

Berikut Popmama.com rangkum doa untuk orang sakit Covid-19 atau penyakit lainnya atas saran Nabi Muhammad SAW.

Editors' Picks

1. Doa untuk orang sakit Covid-19 atas saran Nabi Muhammad SAW

1. Doa orang sakit Covid-19 atas saran Nabi Muhammad SAW
Pexels/arifsyd15

Doa untuk orang sakit ini tak hanya bisa dipanjatkan bagi pasien Covid-19 saja. Untuk penyakit lain yang sedang diderita juga bisa diterapkan. 

Dari riwayatnya doa ini bermakna selain kita berusaha dari sisi medis, menyerahkan kepada sang Pencipta juga bentuk ikhtiar seorang hamba kepada Tuhannya.

3x بِسْمِ اللَّهِ

Bismillāh, (dibaca 3 kali)
Artinya, "Dengan nama Allah."

7x أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali).
Artinya, "Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan."

2. Riwayat soal doa untuk orang sakit dari Nabi Muhammad SAW

2. Riwayat soal doa orang sakit dari Nabi Muhammad SAW
Freepik

Doa yang disarankan oleh Rasulullah SAW ini bermula saat Abu Abdilllah Utsman bin Abu al-Ash mengadukan ke Rasulullah SAW tentang sakitnya. Rasulullah SAW kemudian mengajarkan amalan dan doa menyembuhkan penyakit diri sendiri.

Cerita itu kemudian diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Muslim.

Artinya, "Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil 'Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, 'Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, 'Bismillah.' Lalu bacalah tujuh kali, 'A'uudzu billaahi wa qudratihii min syarri maa ajidu wa uhaadziru (Aku berlindung kepada keagungan dan kekuasaan Allah dari segala kejelekan apa yang aku dapatkan dan apa yang aku takutkan."

Hadist tentang doa menyembuhkan penyakit diri sendiri ini juga disebutkan dalam Imam An-Nawari dalam Kitab Al-Adzkar.

3. Doa dan usaha jadi aspek penting dalam kehidupan agar lebih maksimal

3. Doa usaha jadi aspek penting dalam kehidupan agar lebih maksimal
Freepik/rawpixel.com

Dikutip dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Progresif Sidoarjo, Jawa Timur, KH Agoes Ali Masyhuri mengatakan perpaduan antara doa dan usaha bisa menyelamatkan masyarakat Indonesia dari becana wabah Covid-19 yang lebih besar.

"Siapa yang mampu tampil memadukan antara doa dan usaha InsyaAllah akan diselamatkan Allah SWT,” kata Gus Ali Masyhuri dalam acara Indonesia Berdoa melalui kanal Youtube TV NU, Sabtu (3/7/2021).

Gus Ali Masyhuri juga menegaskan bahwa kesehatan itu adalah bagian dari kebahagiaan, karena itu siapa yang mampu menikmati dan mensyukurinya maka akan bisa belajar hidup bahagia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini dan Gus Ali juga mengajak masyarakat untuk merenungi firman Allah dalam QS. Al-Anfal ayat 33. 

“Dalam ayat tersebut, terdapat dua hal yang harus dipadukan jika Indonesia ingin selamat dari wabah, yakni memperbanyak shalawat dan membaca istighfar sembari melakukan 3M maupun 5M. Jika bisa memadukan kedua hal itu dan senantiasa menghadirkan Rasul dalam praktik kehidupan serta memperbanyak membaca istighfar, bermuhasabah, InsyaAllah akan ada campur tangan Allah SWT dalam mengangkat wabah Covid-19,” ujarnya.

Itulah tadi doa untuk orang sakit Covid-19 atau penyakit lainnya atas saran Nabi Muhammad SAW.

Dari pemaparan di atas, kita bisa memetik kalau selain doa sebagai ikhtiar ada banyak hal lain yang juga harus diusahakan. 

Menjaga kesehatan kita dan keluarga juga menjadi cara bersyukur kepada Allah SWT. Sebab, menjaga kesehatan juga ikut menjaga kebahagiaan dalam diri kita tetap ada.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.