Elvy Sukaesih Positif Covid-19, Sempat Dirawat 19 Hari di Rumah Sakit

Masuk rumah sakit hingga dikabarkan ke ICU, Elvy Sukaesih bergejala mual dan tidak bisa mencium bau

19 September 2020

Elvy Sukaesih Positif Covid-19, Sempat Dirawat 19 Hari Rumah Sakit
Instagram.com/elvy_sukaesih

Kabar mengejutkan datang dari ratu dangdut tanah air, Elvy Sukaesih. Dikabarkan bahwa penyanyi legendaris tersebut positif Covid-19.

Kabar tersebut disampaikan oleh putrinya, Fitria Sukaesih melalui akun Instagramnya pada Jumat (18/9/2020) malam.

“Klarifikasi kesehatan Umi Elvy tercinta, Alhamdulillah saat ini Umi dan keluarga sudah sehat kembali ... terima kasih untuk doa dan perhatian semuanya…,” tulis Fitria dalam Instagramnya.

Dalam video Instagram TV berdurasi 14 menit 51 detik tersebut, Fitria mengabarkan kondisi sang Mama setelah sempat dirawat lebih dari dua minggu di RS Pondok Indah Bintaro.

Bagaimana kronologi Elvy Sukaesih positif Covid-19 hingga sembuh? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Keluarga tak ingin menambah panik masyarakat

1. Keluarga tak ingin menambah panik masyarakat
Instagram.com/elvy_sukaesih

Anak Elvy Sukaesih mengungkapkan untuk menunda mengabarkan tentang keadaan Uminya karena tidak ingin menambah kepanikan di masyarakat. Atas hal ini, Fitria Sukaesih meminta maaf. Namun, hal ini ia putuskan bersama keluarga untuk kebaikan bersama.

“Mohon maaf kepada semuanya, keputusan kami sekeluarga untuk tidak menyampaikan sakitnya Umi karena semata kami tidak ingin menambah kepanikan. Terus terang pada saat itu kami sekeluarga sangat kaget dan cukup panik. Kami sekeluarga, dua rumah, adalah masyarakat yang juga mendukung dan mematuhi untuk menjaga tidak terlalu banyak keluar rumah,” jelas Fitria.

Menurut Fitria, kabar Umi Elvy yang terkena Covid-19 kemarin menjadi kabar duka bagi keluarga besar.

“Memang kemarin kita menghadapi ujian yang cukup mengejutkan untuk kita semua. Umi dinyatakan positif Covid-19,” ujar Fitria.

2. Gejala yang dialami Elvy Sukaesih sebelum positif Covid-19

2. Gejala dialami Elvy Sukaesih sebelum positif Covid-19
Instagram.com/elvy_sukaesih

Sebelum dinyatakan positif virus Corona, Elvy Sukaesih sempat menunjukkan beberapa gejala. Diceritakan Fitria, Umi sempat sakit tapi mengira hanya Tifus.

Namun, yang membuat keluarga besar cukup kaget adalah karena Umi tidak bisa mencium bau apapun.

“Umi sakit beberapa hari. Waktu itu mual-mual dan agak demam. Umi tidak bisa mencium bau. Saya lebih berpikir tifus pada awalnya,” tutur Fitria Sukaesih.

Untuk memastikan akhirnya Umi Elvy dibawa untuk tes laboratorium pada 17 Agustus 2020 lalu. Namun, hasil lab menyatakan bahwa darah Elvy Sukaesih negatif tifus. Kecurigaan pertama kali jika Umi Elvy terkena virus Corona dari dokter jaga yang saat itu memeriksa darah Umi.

“Dokter jaga waktu itu curiga arahnya ke Covid-19. Percaya tidak percaya dengar ini,” tutur Fitria.

Editors' Picks

3. Kronologi Elvy Sukaesih positif virus Corona

3. Kronologi Elvy Sukaesih positif virus Corona
Instagram.com/elvy_sukaesih

Karena kecurigaan dokter jaga itu, beberapa waktu kemudian Umi Elvy pun melakukan screening dan pengecekan paru-paru. Umi Elvy juga melakukan test swab untuk mengetahui apakah memang benar terkena virus Corona.

“Rapat keluarga untuk diskusi dan minta pengarahan, hasil foto thorax Umi ada flek. Selain itu kita swab dan screening paru. Kita bawa ke RS, saat itu Umi sudah agak lemas tapi tidak sesak napas. Akhirnya swab di rumah sakit dan hasilnya keluar besoknya. Dinyatakan positif covid-19,” jelas Fitria.

Kaget mendengar kabar itu, keluarga besar Elvy Sukasih pun menyusun sejumlah langkah. Mengingat Umi Elvy ada di usia lansia yang bisa berakibat fatal jika terkena virus Corona.

“Kita saat itu berpikir secara cepat kalau keluarga harus di swab test semua. Untungnya Umi tidak banyak beraktivitas. Jadi kami berpikir Umi punya risiko kecil menularkan ke banyak orang. Pastinya keluarga dekat harus swab test semua,” tutur Fitria.

4. Sempat diminta untuk masuk ICU

4. Sempat diminta masuk ICU
Instagram.com/elvy_sukaesih

Hal yang membuat Fitria dan keluarga besar kaget adalah Umi sempat dinyatakan harus masuk ruangan ICU. Tentunya saat itu langkah terbaik yang dilakukan keluarga adalah menjaga agar Elvy Sukaesih tetap dalam keadaan yang prima dan tidak banyak pikiran.

“Setelah hasil swab test (positif Covid-19) Umi di bawa ke rumah sakit. Sempat dinyatakan oleh dokter Umi harus masuk ruang ICU. Saya tidak ingin membuat semua orang panik. Jadi waktu itu kita berpikir secara tenang dan melakukan langkah-langkah tertentu,” ujarnya.

Dari hasil diskusi dengan keluarga besar, akhirnya saat itu kabar mengenai Umi Elvy Sukaesih positif virus Corona tidak disebarluaskan dulu.

“Kita akhinrya keep dulu, yang penting Umi harus ke rumah sakit atas instruksi dokter,” ujar Fitria.

5. Setelah 19 hari di RS, Elvy Sukaesih harus isolasi di rumah

5. Setelah 19 hari RS, Elvy Sukaesih harus isolasi rumah
Instagram.com/elvy_sukaesih

Umi Elvy pun dirawat di RS Pondok Indah Bintaro untuk bisa sehat kembali. Ia menghabiskan dua minggu lebih di sana.

Elvy Sukaesih dirawat karena Covid-19 selama 19 hari. Namun, ketika Fitria Sukaesih mengumumkan kabar ini, Umi Elvy sudah menjalani 11 hari isolasi mandiri setelah pulang dari rumah sakit.

“Per malam ini (18 September 2020) sudah 11 hari Umi kembali ke rumah, setelah di rawat 19 hari di RS. Umi juga harus isolasi mandiri di rumah selama 14 hari lagi,” jelasnya.

6. Akan berbagi pengalaman setelah selesai isolasi

6. Akan berbagi pengalaman setelah selesai isolasi
Instagram.com/elvy_sukaesih

Saat ini Umi Elvy belum membuka suara tentang hal ini karena menunggu masa isolasi mandirinya selesai selama 14 hari. Disebutkan Fitria kalau dalam waktu dekat Elvy Sukaesih akan menceritakan pengalamannya secara langsung.

"Umi bisa menjelaskan detailnya, bisa berbagi, bisa mungkin menceritakan apa yang dia rasakan Jadi itu semua Insyallah akan kita sampaikan di pertemuan berikutnya," pungkasnya.

Tak lupa, Fitria menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung keluarga dan Elvy Sukaesih untuk sembuh dan bisa melewati cobaan ini.

“Terima kasih kepada semua orang yang mendoakan kesehatan Umi. Sehingga kami menghadapi ini tetap bersabar dalam menghadapi ujian Allah,” tuturnya.

Itulah tadi kronologi lengkap dan kondisi terkini Elvy Sukaesih positif Covid-19. Saat ini Umi Elvy sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Kita doakan semoga Umi Elvy cepat diberi kesembuhan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.