Fakta Film Minari, Kisah Perjuangan Keluarga yang Menyentuh Hati

Film Minari meraih 6 nominasi di Oscar 2021 dan juga menang sejumlah penghargaan lain

17 Maret 2021

Fakta Film Minari, Kisah Perjuangan Keluarga Menyentuh Hati
imdb.com

Film Minari viral diperbincangkan di internet. Nama film ini menyita perhatian publik karena masuk menjadi film yang cukup banyak dinominasikan pada Oscar 2021.

Tercatat, Minari menduduki 6 nominasi di ajang Academy Awards ke-93 itu. Sebelum masuk menjadi nomniasi Oscar 2021, film Minari juga mendapat penghargaan di ajang Sundance Film Festival dan Golden Globes Award ke78.

Berikut Popmama.com rangkum sejumlah fakta menarik film Minari yang menyentuh hati.

1. Film Minari diangkat dari kisah nyata

1. Film Minari diangkat dari kisah nyata
imdb.com

Film Minari disutradarai oleh Lee Isaac Chung. Selain film ini, sosok sutradara Asia yang berkarya di Amerika tersebut juga pernah menggarap film lain seperti Munyurangabo dan Lucky Life.

Sutradara bernama lengkap Jeong Isak ini rupanya membuat film Minari berdasarkan dari sebagian cerita hidupnya lho.

Film Minari sendiri berlatar belakang keluarga imigran yang hidup di Amerika Serikat pada tahun 1980-an. Lahir dan besar di Amerika Serikat, Lee Isaac Chung tetap ingin membuat karya yang melibatkan tempat asalnya, Korea Selatan.

Editors' Picks

2. Minari mengisahkan keluarga imigran yang bertahan hidup sebagai minoritas di Amerika Serikat

2. Minari mengisahkan keluarga imigran bertahan hidup sebagai minoritas Amerika Serikat
imdb.com

Film Minari menceritakan tentang keluarga asal Korea Selatan yang pindah ke Arkansas, Amerika Serikat pada tahun 1980-an yang hidup di pertanian. Dengan membawa kedua anaknya, Jacob dan Monnica harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru di agar kondisi perekonomian keluarga menjadi lebih baik.

Permasalahan dimulai ketika sang Nenek bernama Soon-ja (Yoon Yeo-jeong) yang keras kepala tapi penyayang hadir dalam keluarga Jacob dan Monica ini di sana.

Konflik bercerita bagaimana keluarga Jacob dan Monica harus menghadapi perbedaan budaya dan stereotip masyarakat Amerika saat itu dengan imigran. Belum lagi, Jacob dan Monica juga menghadapi konflik dalam keluarga mereka dengan kehadiran Soon-ja. 

Minari sendiri mengajarkan nilai bahwa keluarga harus bisa saling menolong dalam berbagai situasi meski ada konflik di dalamnya. Keluarga juga menjadi tempat di mana setiap orang bisa 'pulang' dari masalahnya di luar rumah. Film Minari juga mengajarkan ke penonton bahwa hidup menjadi minoritas dengan stereotip negatif tidak mudah.

3. Belum banyak orang tahu, rupanya Minari hanya bisa ditonton terbatas

3. Belum banyak orang tahu, rupa Minari ha bisa ditonton terbatas
imdb.com

Film Minari dirilis secara terbatas pada Januari 2020 dan bisa ditonton virtual pada 12 Februari 2021 lalu. Karena keterbatasan ini belum banyak orang yang menyaksikan film ini secara langsung.

Meskipun tak seterkenal film Korea lainnya, Minari yang digarap di Amerika Serikat tetap bisa bersinar di ajang penghargaan film.

Film ini meraih Grand Jury Prize dan Audience Award dalam acara Sundance Film Festival. Minari juga meraih Best Motion Picture in Foreign Language dalam acara penghargaan Golden Globes yang ke-78. 

4. Lanjutkan tren Parasite, film Minari digadang-gadang jadi juara

4. Lanjutkan tren Parasite, film Minari digadang-gadang jadi juara
imdb.com

Uniknya, karena disutradarai oleh orang Korea-Amerika, Minari digadang-gadang bisa membawa pulang layaknya Parasite pada tahun 2019 lalu.

Bukan tanpa sebab, meski baru dirilis dan tayang terbatas Minari berhasil menduduki sejumlah nominasi di ajang Oscar 2021.

Mulai dari Best Picture, Best Actor untuk Steven Yeun, Best Supporting Actress untuk Youn Yuh-Jung, Best Director dan Best Original Screenplay untuk Lee Isaac Chung, dan Best Original Score untuk Emile Mosseri.

5. Minari jadi debut akting dua aktris Korea Selatan di Hollywood

5. Minari jadi debut akting dua aktris Korea Selatan Hollywood
imdb.com

Bagi Mama yang sering menonton film dan drama Korea, sosok Youn Yuh-Jung tentu tidak asing. Berkat aktingnya di film Minari, ia menjadi orang Korea pertama yang mendapatkan nominasi dalam kategori akting di acara Oscar, lho! Film Minari ini juga menjadi debut akting Youn Yuh-Jung di Hollywood.

Tak hanya Youn Yuh-Jung, ada sosok Han Ye-Ri yang terlibat dalam film ini dan menjadi debut aktingnya juga di Amerika Serikat. Han Ye-Ri pernah tampil di drama Korea Nokdu Flower dan Hello, My Twenties. Sementara itu, Youn Yuh-Jung pernah tampil dalam series besutan Netflix, Sense8 dan drakor Wonderful Days.

Itulah tadi sejumlah fakta mengenai film Minari yang viral di internet. Film Korea Minari ini tentu menarik untuk ditonton karena kisah tentang keluarga yang menyentuh hati.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.