Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Film Indonesia Viral di Tahun 2022, KKN di Desa Penari Pecahkan Rekor

Film horor masih diminati jadi tontonan favorit di bioskop Indonesia nih

9 Desember 2022

Film Indonesia Viral Tahun 2022, KKN Desa Penari Pecahkan Rekor
imdb.com

Setelah pandemi Covid-19 selama 2 tahun, di tahun 2022 menonton di bioskop sudah mulai leluasa. Akhirnya bermunculan banyak film yang sempat ditunda perilisannhya karena pandemi kemarin.

Film Indonesia viral di tahun 2022 mulai dari judul KKN di Desa Penari, Pengabdi Setan 2: Communion, Miracle in Cell No.7, Ngeri-Ngeri Sedap. Film Indonesia di tahun ini memang didominasi film horor.

Berikut Popmama.com rangkum daftar film Indonesia viral di tahun 2022, didominasi horor!

1. KKN di Desa Penari

1. KKN Desa Penari
imdb.com

Film KKN di Desa Penari disutradarai oleh Awi Suryadi dan rilis pada 30 April 2022. Awalnya film ini akan ditayangkan pada tahun 2020 tetapi pandemi Covid-19 datang sehingga perilisannya diurungkan.

KKN di Desa Penari diangkat dari thread viral di internet pada tahun 2019 lalu. Thread tersebut banyak dibahas oleh netizen dan melambungkan akun twitter @SimpleM81378523. Sebelum dibuat film, thread tersebut lebih dulu dialih wahanakan menjadi buku.

Terbukti, viralnya thread tersebut membuat filmnya sukses menyita perhatian masyarakat. Saat tayang, KKN di Desa Penari berhasil meraih lebih dari 9 juta penonton.

2. Pengabdi Setan 2: Communion

2. Pengabdi Setan 2 Communion
imdb.com

Joko Anwar merilis karya barunya di tahun 2022 yang merupakan kelanjutan dari film Pengabdi Setan pada tahun 2017 lalu. Film ini tayang di bioskop pada 4 Agustus 2022 dan sukses membuat penonton menjerit ketakutan.

Banyak penonton menyebut menonton Pengabdi Setan 2: Communion layaknya masuk ke rumah hantu. Karena setiap lantai dan kamar apartemennya begitu menyeramkan.

Antusias penonton dengan film ini sangat besar. Terbukti, satu hari setelah dirilis, Pengabdi Setan 2: Communion sudah tembus hingga 501 ribu penonton. Hingga akhir penayangannya, film sukses meraih penonton sebanyak 6,3 juta dan menjadi film terlaris kedua setelah KKN di Desa Penari.

3. Miracle in Cell No.7

3. Miracle in Cell No.7
imdb.com

Siapa yang menonton Miracle in Cell No.7 versi Korea Selatan tahun 2013 lalu? Sudah pasti dibuat menangis sejadi-jadinya. Nah, Miracle in Cell No.7 yang dibintangi Vino G. Bastian ini adalah adaptasi asli dari film tersebut.

Hanung Bramantyo menyutradarai Miracle in Cell No.7 versi Indonesia yang tayang perdana pada 8 September 2022. Sama seperti versi Korea, film adaptasi versi Indonesia ini sukses membuat para penonton mengeluarkan air mata. 

Selama 22 hari penayangannya, tercatat sebanyak 5 juta penonton menyaksikan film ini.

4. Ngeri-Ngeri Sedap

4. Ngeri-Ngeri Sedap
imdb.com

Kepiaiawan Bene Dion Rajagukguk sebagai sutradara terbukti di film ini. Ngeri-Ngeri Sedap, sukses membuat banyak orang terpikat hatinya.

Film Ngeri-Ngeri Sedap tayang di bioskop pada 2 Juni 2022. Tidak hanya sukses meraih penonton sebanyak 2,8 juta atau hampir 3 juta, film ini juga ditunjuk sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang Oscar ke-95 untuk kategori Best International Feature Film yang diselenggarakan pada 12 Mei 2023.

Sementara ceritanya mengambil latar belakang keluarga suku Batak, keresahan filmnya justru dirasakan banyak orang. Saking suksesnya film ini, Luhut Binsar Panjaitan sampai memuji dan nonton langsung di bioskop lho. 

Editors' Picks

5. Ivanna

5. Ivanna
imdb.com

Ivanna adalah film horor terbaru Indonesia yang disutradarai oleh Kimo Stamboel. Kisahnya diangkat dari novel karya Risa Saraswati berjudul Meruntih Berang Ivanna Van Dijk. 

Untuk filmnya, Ivanna sendiri merupakan spin-off dari Danur 2: Maddah. Film Ivanna menceritakan tentang perempuan bernama Ambar yang memiliki keterbatasan penglihatan tetapi ia memiliki bakat bisa melihat sesuatu yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. 

Film ini akan menceritakan tentang asal usul dari sosok hantu Ivanna Van Dijk. Ia adalah hantu berambut pirang yang tak suka dengan orang melayu dan perempuan cantik. 

Pasalnya, Ivanna adalah korban ketidakadilan saat masa transisi kolonial Belanda ke Jepang.

6. Sayap-Sayap Patah

6. Sayap-Sayap Patah
imdb.com

Sayap-Sayap Patah adalah film drama-action Indonesia yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo. Film yang dibintangi Nicholas Saputra dan Ariel Tatum yang banyak diperbincangkan di media sosial.

Tak hanya karena Nicholas dipasangkan dengan Ariel Tatum, film ini diangkat dari peristiwa kerusuhan berdarah di Mako Brimob pada 2018. Film tersebut ditayangkan serentak di bioskop Indonesia pada 18 Agustus 2022.

Berhasil meraih hati penonton, Sayap-Sayap Patah pada hari ke-10 penayangannya berhasil menembus angka lebih dari 1 juta penonton. Kini bisa disaksikan di Netflix lho.

7. Mencuri Raden Saleh

7. Mencuri Raden Saleh
imdb.com

Belum banyak film Indonesia yang punya tema berbeda. Di tahun 2022 ini Visinema Pictures lewat sutradara Angga Dwimas Sasongko merilis Mencuri Raden Saleh. Ia berdampingan denga. Husein M. Atmodjo untuk menulis skenarionya.

Film tersebut dibintangi oleh enam pemeran utama, yaitu Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Umay Shahab, dan Ari Irham.

Selain para pemeran utama, Mencuri Raden Saleh juga turut dibintangi oleh Tyo Pakusadewo, Dwi Sasono, Atiqah Hasiholan, hingga Ganindra Bimo.

Mencuri Raden Saleh mengisahkan sejumlah mahasiwa yang ingin mencuri lukisan karya Raden Saleh di Istana Negara. Masing-masing memiliki nama alias sesuai peran masing-masing.

Mereka adalah Piko the Forger, Ucup the Hacker, Fella the Negotiator, Sarah the the Brute, Tutuk the Driver, dan Gofar the Handyman.

8. Kukira Kau Rumah

8. Kukira Kau Rumah
imdb.com

Film Kukira Kau Rumah tayang pada 3 Februari 2022 lalu. Film ini dalam waktu 6 hari penayangan sudah terjual sebanyak 673.578 tiket.

Film yang diproduseri sekaligus dibintangi Prilly Latuconsina ini menjadi debut Umay Shahab sebagai sutradara film layar lebar. Film ini pun sempat viral di media sosial TikTok karena membahasa soal kesehatan mental.

9. The Doll 3

9. The Doll 3
imdb.com

The Doll 3 adalah film horor dengan cerita teror boneka yang dirasuki arwah. Film ini digarap Rocky Soraya, sutradara yang juga menggarap dua seri The Doll sebelumnya.

Di tahun 2022, The Doll 3 masuk 10 besar film paling banyak ditonton. Film ini diproduksi Hitmaker Studios dengan arahan Rocky Soraya sebagai produser. 

Selain menjadi sutradara dan produser, Rocky Soraya juga bertindak sebagai penulis cerita film ini. The Doll 3 tayang perdana 26 Mei dan masih bisa ditonton di bioskop.

Jessica Mila dan Winky Wiryawan membintangi film ini bersama Jeremy Thomas, Masayu Anastasia, dan Sara Wijayanto. Film ini juga dibintangi dua aktor cilik, yaitu Zizie Zidane sebagai Gian dan Montserrat Gizelle sebagai Mikha.

10. Qodrat

10. Qodrat
imdb.com

Film Qodrat merupakan film horor pertama bagi Vino G. Bastian. Di mana dalam film ini ia beradu akting dengan istrinya sendiri, Marsha Timothy. Selain mereka berdua, film ini juga dibintangi oleh Maudy Effrosina, Randy Pangalila, Cecep Arif Rahman, dan masih banyak lagi.

Mengambil tema horor, banyak adegan action dalam film ini. Qodrat menyajikan beragam adegan laga yang mewarnai sejumlah adegan yang cocok untuk para pecinta genre tersebut.

Elemen religi dalam film ini juga tak sembarangan dalam proses pembuatannya. Pasalnya Vino sendiri berperan sebagai ustaz yang bisa melakukan rukiyah.

Itulah tadi daftar film Indonesia viral di tahun 2022, didominasi horor. Kalau menurut kamu mana nih yang paling sering dibicarakan dengan teman atau keluarga? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk