7 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Isoman dan Sembuh dari Covid-19

Perlu ada beberapa peralatan yang mesti dibuang nih agar mencegah penularan

21 Juli 2021

7 Hal Harus Dilakukan Setelah Isoman Sembuh dari Covid-19
Pexels/matilda-wormwood

Ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah sembuh dari Covid-19. Setelah selesai menjalankan isolasi mandiri, perlu ada beberapa hal yang mesti dilakukan apalagi kita tinggal bersama dengan anggota keluarga yang lain.

Hal yang perlu dilakukan setelah sembuh dari Covid-19 ini berdasarkan beberapa penelitian yang ada di dunia. Sebab ada beberapa peralatan pribadi sepeti sikat gigi dan brush makeup yang biasanya kita pakai selama isolasi mandiri nih.

Perlu kita ingat juga bahwa pasien yang sembuh dari Covid-19 belum berarti kebal dengan virus ini. Sebab virus Covid-19 ini masih bisa menyerang orang yang sudah pernah terinfeksi sebelumnya.

Berikut Popmama.com rangkum hal yang harus dilakukan setelah sembuh dari Covid-19.

1. Membuang sikat gigi lama

1. Membuang sikat gigi lama
Pexels/George Becker

Dari halaman resmi Badan Kesehatan Dunia atau WHO, para ahli menyarankan pasien Covid-19 yang sembuh harus mengganti sikat gigi untuk mencegah penularan penyakit lebih lanjut.

Para ahli mengatakan sikat gigi orang yang terinfeksi dapat membawa virus dan harus diganti setelah sembuh. Sikat gigi orang yang terinfeksi mungkin memiliki konsentrasi virus yang signifikan.

Sehingga terus menggunakan produk yang sama bisa menyebabkan infeksi ulang dan kontaminasi orang lain. Jangan sampai hal ini terlewat ya, Ma. 

2. Bersihkan alat kosmetik

2. Bersihkan alat kosmetik
Freepik/senifpetro

Brush atau kuas makeup bisa menjadi media penularan Covid-19 secara tidak langsung lho. Sebab, mungkin saja ada droplet yang tertempel di permukaan make up tersebut.

Menurut beberapa literatur, virus Covid-19 bisa bertahan cukup lama di benda mati, yakni berkisar antara beberapa jam hingga beberapa hari, termasuk bahan penyusunnya.

Jadi, jika ingin disemprotkan disinfektan, meski cukup lakukan di kemasannya saja. Tidak ada salahnya mengganti dengan yang baru demi berjaga-jaga.

Editors' Picks

3. Ganti dan cuci seprai tempat tidur

3. Ganti cuci seprai tempat tidur
Pixabay/Stuart Bailey

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan setelah sembuh dari Covid-19 adalah mengganti dan mencuci seprai tempat tidur. Bisa mencuci dengan campuran detergen cuci dan dikeringkan dibawah sinar matahari langsung

Mengingat tempat tidur menjadi salah satu spot yang sering digunakan ketika kita positif Covid-19.

Selain disemprotkan desinfektan, penyinaran sinar UV di bantal, guling dan kasur juga bisa dilakukan sebagai antisipasi untuk membunuh virus yang ada.

4. Desinfeksi dan buang beberapa pelatan di kamar mandi

4. Desinfeksi buang beberapa pelatan kamar mandi
Freepik/pvproductions

Kamar mandi juga menjadi salah spot penting dan yang digunakan saat isolasi mandiri. Beberapa ahli bahkan menyarankan orang yang positif Covid-19 diharapkan menggunakan kamar mandi pribadi. 

Oleh karenanya, setelah pasien sembuh dari Covid-19 desinfeksi kamar mandi juga perlu dilakukan. Semprot dengan desinfektan beberapa tempat yang sering disentuh dari toilet hingga wastafel.

Sebaiknya buang juga peralatan kamar mandi yang pernah dipakai saat isolasi mandiri seperti shower puff, sabun batangan dan brush pembersih muka jika ada. 

5. Bersihkan dan atur sirkulasi udara kamar tidur

5. Bersihkan atur sirkulasi udara kamar tidur
Pexels/gabby-k

Setelah itu, bersihkan kamar tempat isolasi secara menyeluruh. Jangan lupa pakai masker dan sarung tangan saat melakukan hal ini. 

Buka jendela kamar tidur dan pastikan sirkuasi udara baik. Lebih baik lagi jika sinar matahari juga masuk ke dalam ruangan. Bisa dibantu dengan menyalakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara.

6. Konsumsi makanan bergizi

6. Konsumsi makanan bergizi
Freepik/Gpointstudio

Setelah sembuh dari Covid-19, tentu menjaga kesehatan penting untuk dilakukan. Setelah sebelumnya mungkin tidak teratur dari segi makanan, maka setelah sembuh diharapkan bisa berubah gaya hidupnya.

Setelah tubuh melawan infeksi virus, diperlukan asupan makanan untuk membangun sistem imun yang kuat. Ini juga membantu untuk perbaikan jaringan dalam proses pemulihan. 

Susu, air putih, buah-buahan, suplemen, dan makanan yang mengandung protein sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

7. Patuhi protokol kesehatan

7. Patuhi protokol kesehatan
Freepik/master1305

Hal yang harus dilakukan setelah sembuh dari Covid-19 selanjutnya yang tak kalah penting adalah tetap mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari rutin mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Ketika memang terpaksa keluar rumah, jangan langsung bersantai tapi lepaskan semua pakaian dari luar dan langsung mandi!

Itulah tadi hal yang harus dilakukan setelah sembuh dari Covid-19. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Mama dan Papa yang membutuhkan dan baru sembuh dari Covid-19 nih!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.