Dada Ivan Gunawan Bergelambir Usai Turun 25Kg, Rencana Jalani Operasi

Ivan Gunawan baru rencana untuk operasi dada gelambir

17 September 2021

Dada Ivan Gunawan Bergelambir Usai Turun 25Kg, Rencana Jalani Operasi
Instagram.com/ivan_gunawan

Setelah berhasil turun 25kg, ada perubahan besar di tubuh Ivan Gunawan. Namun, turut berat badan singkat membuat bagian dada Ivan Gunawan bergelambir. Hal ini membuatnya tidak percaya diri.

Ivan sendiri berniat masih akan menurunkan berat badan hingga 20kg lagi. Lalu ia akan menjalani serangkaian perawatan untuk mengatasi kulit gelambir dan lemak-lemak yang tersisa di dalam tubuhnya.

Usai diet ketat, Ivan Gunawan saat ini sudah menjalani operasi buccal fat untuk menghilangkan lemak di pipinya karena berhasil diet 25kg. Operasi itu berjalan cepat kurang dari satu jam.

Berikut Popmama.com rangkum informasi dada Ivan Gunawan bergelambir usai turun 25kg yang selanjutnya akan jalani operasi.

1. Operasi buccal fat untuk hilangkan lemak di pipi

1. Operasi buccal fat hilangkan lemak pipi
Instagram.com/ivan_gunawan

Diakui Ivan Gunawan, setelah kehilan 25kg ada kulit di beberapa bagian tubuhnya yang bergelambir. Karena kebutuhan untuk tampil di depan kamera, salah satu jalan yang diambil Ivan adalah operasi buccal fat untuk mengangkat lemak di pipinya. 

Buccal fat removal atau operasi buccal fat adalah  tindakan operasi yang dilakukan dengan mengangkat jaringan lemak di sekitar mulut. Biasanya prosedur ini dilakukan oleh dokter bedah plastik berpengalaman. Operasi untuk mengecilkan pipi ini terbilang aman dilakukan, namun tak menutup kemungkinan juga bisa menyebabkan terjadinya komplikasi jika dilakukan di tempat yang tidak tepat.

"Ini kan masih proses bengkak, (karena) buccal fat. Jadi kalau sudah nggak ada garis (rahangnya)," tutur Ivan, Sabtu (11/9/2021).

2. Diet Ivan Gunawan buat kulitnya bergelambir

2. Diet Ivan Gunawan buat kulit bergelambir
Youtube.com/Deddy Corbuzier

Berhasil diet sampai 25kg tentu menjadi prestasi bagi perancang busana ini. Namun karena kehilangan berat badan dalam waktu singkat membuat kulit Ivan Gunawan bergelambir.

Ivan merasa tidak percaya diri dengan kulit dan sisa lemak di bagian dadanya. Ia berencana akan melakukan operasi untuk mengatasi masalah itu. 

"Ini kalau kata dokter gue ini penumpukkan makan tepung, makan yang aneh-aneh. Jadi ada di sini (dada). Ini harus ada operasi sampai pemindahan pentil segala," tutur Ivan.

Operasi dada dan pemindahan pentil itu bisa dilakukan ketika Ivan Gunawan berhasil diet hingga 20kg lagi. Selain berat badan, kadar gula dalam tubuh Ivan Gunawan juga turun sampai 80 mg/dL.

Editors' Picks

3. Alasan kulit bergelambir setelah diet dan turut berat badan cepat

3. Alasan kulit bergelambir setelah diet turut berat badan cepat
Instagram.com/ivan_gunawan

Orang yang berhasil menurunkan berat badan dengan cepat layaknya Ivan Gunawan biasanya akan mengalami kulit yang kendur dan bergelambir. Pasalnya kulit manusia ini seperti balon. 

Ketika berat badan bertambah, kulit akan mengembang untuk memberi ruang untuk pertumbuhan baik di perut dan bagian tubuh lainnya. Kehamilan menjadi salah satu contoh dari mengembangnya kulit ini.

Saat kulit meregang signifikan dan tetap seperti itu untuk waktu yang lama, serat kolagen dan elastin menjadi rusak. Akibatnya, kulit kehilangan sebagian kemampuan elastisitasnya.

Oleh karena itu, ketika seseorang kehilangan banyak berat badan kelebihan kulit ini akan terlihat. Semakin besar penurunan berat badan, maka semakin jelas efek kulit kendurnya.

4. Cara mengatasi kulit bergelambir setelah diet secara alami

4. Cara mengatasi kulit bergelambir setelah diet secara alami
Pixabay/PublicDomainPictures

Ada bebera solusi untuk mengencangkan kulit kendur secara alami. Namun, biasanya cara ini berhasil karena kekenduran kulit masih terbilang normal atau hanya strecth mark ringan. 

Dikutip dari Healthline, berikut adalah tipsnya:

  • Olahraga untuk membangun massa otot secara teratur menjadi salah satu cara paling efektif terutama pada orang dewasa muda. Meskipun penelitian ini masih perlu pembuktian lebih lanjut.
  • Mengonsumsi suplemen kolagen, penelitian meunjukkan orang yang mengonsumsi kolagen hidrolisis mungkin memiliki efek perlindungan pada kolagen kulit. 
  • Mengonsumsi suplemen tambahan dan banyak minum air. Protein seperti asam amino lysin dan prolin memainkan peran langsung dalam produksi kolagen. Vitamin C dan asam lemak omega 3 membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memiliki efek anti-penuaan.
  • Gunakan krim firmingyang mengandung kolagen dan elastin. Namun, krim ini hanya dapat memberikan sedikit dorongan untuk elastisitas kulit. Lebih baiknya, konsumsi kolagen dalam bentuk suplemen lebih efektif.

4. Cara mengatasi kulit bergelambir setelah diet melalui proses bedah

4. Cara mengatasi kulit bergelambir setelah diet melalui proses bedah
Freepik/peoplecreations

Perawatan medis atau bedah adalah pilihan yang lebih invasif untuk mengencangkan kulit yang longgar setelah penurunan berat badan yang besar. Metode ini sangat efektif untuk orang yang kehilangan berat badan banyak hingga kulit bergelambirnya hampir ada diseluruh bagian tubuh.

Menurut Healthline, berikut adalah metode yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan kulit bergelambir melalui proses operasi atau bedah.

Body-contouring surgery atau operasi kontur tubuh adalah prosedur bedah yang dilakukan ahli bedah untuk membuang dan menghilangkan kelebihan kulit dan lemak pada beberapa bagian tubuh. Para ahli bedah itu lalu menjahit kembali jaringan kulit sisa secara halus untuk meminimalkan jaringan parut.

Beberapa operasi biasanya dilakukan pada bagian tubuh yang berbeda selama rentang 1-2 tahun setelah penurunan berat badan yang ekstrem. 

Adapun jenis-jenis operasi ini, yaitu:

  • Abdominoplasty (tummy tuck), pengangkatan kulit dari perut.
  • Lower-body lift, pengangkatan kulit dari perut, bokong, pinggul, dan paha.
  • Upper-body lift, pengangkatan kulit dari payudara dan punggung.
  • Medial thigh lift, pengangkatan kulit dari paha bagian dalam dan luar. 
  • Brachioplasty (arm lift), pengangkatan kulit dari lengan atas.

6. Cara alternatif medis menghilangkan kulit bergelambir selain operasi

6. Cara alternatif medis menghilangkan kulit bergelambir selain operasi
Unsplash/KatherineHanlon
Akupuntur

Meskipun body-contouring surgery sejauh ini merupakan prosedur yang paling umum untuk menghilangkan kulit bergelambir, ada pilihan lain yang juga bisa dijalani:

  • Radiofrequency treatment yakni perawatan yang menggunakan kombinasi cahaya inframerah, frekuensi radio, dan pijat untuk mengurangi kulit yang bergelambir.
  • Ultrasound. Sebuah studi tentang perawatan ultrasound pada orang yang menjalani operasi bariatrik tidak menemukan perbaikan obyektif pada kulit yang longgar. Namun, bagi orang yang tidak tahan sakit maka perawatan ini bisa jadi pilihan meski hasilnya kurang terlihat.

Tampaknya meskipun dua perawatan di atas ini lebih minim risiko komplikasi, hasilnya tidak sedramatis dengan operasi kontur tubuh.

Itulah tadi informasi mengenai dada Ivan Gunawan bergelambir usai turun 25kg direncanakan akan jalani operasi. Kita tunggu saja perubahan tubuh Ivan Gunawan ke depan ya, Ma.

Pangling banget ya kalau semakin kurus! Pastinya lebih sehat juga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.