Hujan Seharian, Ini Titik Banjir di Wilayah Jakarta dan Sekitar

Jabodetabek diprediksi akan diguyur hujan, beberapa wilayah akan disertai petir dan angin kencang

22 September 2020

Hujan Seharian, Ini Titik Banjir Wilayah Jakarta Sekitar
Pexels/Tom Fisk

Hujan deras mengguyur beberapa wilayah di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dan beberapa wilayah lain. Karena hujan deras ini, beberapa wilayah terendam banjir.

Karena hujan deras ini juga, sempat dikabarkan bahwa Jakarta dan wilayah sekitarnya akan terendam banjir. Bendungan Katulampa di Bogor sempat bertatus Siaga 1 pada Senin (21/9/2020) malam.

Bagaimana kabar terkini mengenai banjir di Jabodetabek dan sekitarnya? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

Editors' Picks

1. Bendungan Katulampa berstatus normal Selasa (22/9) pagi

1. Bendungan Katulampa berstatus normal Selasa (22/9) pagi
Pexels/Tom Fisk

Dikutip dari sejumlah sumber, pada Senin (21/9/2020) malam Katulampa berstatus Siaga 1 pada pukul 18.18 WIB dengan tinggi TMA (tinggi muka air) 250 cm.

Namun, kondisi berangsur turun hingga pukul 21.15 WIB TMA ada di level 80 cm dengan status siaga 4. Namun, dilaporkan pagi ini pada Selasa (22/9/2020) pukul 07.00 WIB terpantau TMA di level 20 cm.

Dengan ini, Bendungan Katulampa berstatus normal kembali. Meski pun masih harus diantisipasi karena cuaca di Bogor mendung. Menurut prakiraan cuaca BMKG untuk Selasa (22/9/2020) menyebut wilayah Banten, Jabodetabek, dan Jawa Barat berpotensi hujan lebat, hingga disertai kilat atau petir dan angin kencang.

2. Selasa pagi (22/9), 49 RT di DKI Jakarta Terendam Banjir

2. Selasa pagi (22/9), 49 RT DKI Jakarta Terendam Banjir
Ilustrasi Banjir/IDN Times/Lia Hutasoit

Hingga Selasa (22/9/2020) terpantau ada 49 RT di wilayah Jakarta yang terendam banjir dengan berbagai ketinggian. Setidaknya genangan air sudah tersebar di berbagai titik di semua wilayah Jakarta. Hal ini dikutip dari website resmi BNPB, Selasa (22/9/2020) pagi.

Berikut adalah titik-titik banjir di wilayah Jakarta:

  • 14 RT di Jakarta Barat, dengan ketinggian 10-80 cm
  • 10 RT di Jakarta Selatan, dengan ketinggian 10-40 cm
  • 23 RT di Jakarta Timut, dengan ketinggian 10-100 cm
  • 1 RT di Jakarta Utara, dengan ketinggian 20-50 cm
  • 1 RT di Jakarta Pusat, dengan ketinggian 20 cm

Kemudian, untuk pos pengungsian sejauh ini ada 4 di wilayah DKI Jakarta:

  • Mushola Riyadhul Saadah, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Utara
  • PT Delta Laras Wisata, RW 007, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan
  • Puskesmas Rawajati 2, RW 007, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan
  • Halaman Rumah Dinas, RW 007, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan

Data ini masih bisa berubah mengikuti perkembangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. BMKG prediksi secara khusus wilayah Jakarta masih akan diguyur hujan.

3. Banjir bandang menerjang tiga kecamatan di Sukabumi

3. Banjir bandang menerjang tiga kecamatan Sukabumi
Twitter.com/BNPB_Indonesia

Senin (21/9/2020) malam wilayah Cicurug, Sukabumi diterjang banjir bandang. Cukup menghebohkan adalah salah satu pabrik air mineral terendam.

Dikutip dari website BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sukabumi mencatat wilayah yang terdampak di Kabupaten Sukabumi ini yaitu di Kecamatan Cicurug, Parung Kuda dan Cidahu.

BPBD Sukabumi mencatat 20 orang mengalami luka-luka, sedangkan 210 keluarga mengungsi dari Kecamatan Cicurug. Pada Senin (21/9/2020) pukul 22.00 WIB petugas masih terus melakukan pendataan di tiga kecamatan terdampak.

Data sementara BPBD Sukabumi mencatat rumah rusak berat 6 unit, rusak sedang 3, sedangkan rumah terdampak 306 unit. Sarana publik yang terdampak antara lain jembatan rusak berat 10 unit dan mushola terendam 1 unit. 

Itulah tadi informasi soal banjir Jabodetabek dan wilayah sekitarnya. Bagi Mama dan Papa yang tinggal di wilayah Jakarta bisa mengikuti update seputar banjir Jakarta di Twitter @BPBDJakarta.

Kemudian, untuk wilayah lain bisa mengikuti akun BPPD wilayah masing-masing dan BNPB Indonesia di twitter @BNPB_Indonesia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.