Hujan Membanjiri Jakarta dan Sekitarnya, di Bekasi hingga 1 Meter

Minggu (24/1/2020) ada 7 RT terendam banjir di Jakarta dan 1 wilayah di Bekasi banjir hingga 1 meter

24 Januari 2021

Hujan Membanjiri Jakarta Sekitarnya, Bekasi hingga 1 Meter
Pexels/hiteshchoudhary

Hujan sejak Minggu (24/1/2021) dini hari membuat sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya terendam banjir. Hal itu disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dalam keterangan resminya.

Terakhir genangan air paling tinggi ada di wilayah Jakarta Utara dengan ketinggian 45 cm. Setidaknya, dari data terakhir ada 10 titik jalan di wilayah Jakarta yang terendam.

Sementara itu, hujan deras juga mengguyur wilayah Bekasi sejak pagi ini sehingga membuat Perumahan Jatibening Permai, Bekasi, banjir hingga setinggi satu meter.

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkap mengenai banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Editors' Picks

1. Banjir di Bekasi hingga 1 meter

1. Banjir Bekasi hingga 1 meter
Freepik/welcomia
ilustrasi banjir

Banjir di Bekasi ini disebabkan oleh hujan deras yang terus mengguyur dan adanya penyumbatan gorong-gorong di aliran Kali Cakung yang berada di belakang perumahan.

Dikutip dari Kompas TV, warga di sekitar wilayah itu mengatakan jika banjir mulai menggenangi perumahan sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi.

Petugas BPBD Kota Bekasi pun dikabarkan sudah turun ke lokasi untuk melakukan penanganan terhadap para penghuni perumahan. Petugas juga menurunkan perahu karet untuk mengevakuasi penduduk yang ingin mengungsi. Serta menurunkan empat pompa air untuk menyedot banjir yang menggenangi Perumahan Jatibening Permai.

Hingga Minggu (23/1/2021) banjir belum surut dari Perumahan Jatibening Permai.

2. Di Jakarta, ada 7 RT dan 15 ruas jalan terendam banjir

2. Jakarta, ada 7 RT 15 ruas jalan terendam banjir
Pexels/Tom Fisk

BPBD DKI Jakarta melaporkan per pukul 12.00 WIB ada 15 ruas jalan yang terendam banjir Jakarta. Selain itu, ada tujuh RT yang juga terendam banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta. 
  
Adapun tujuh RT yang tergenang banjir itu berada di area Jakarta Timur dan Jakarta Utara dengan rincian empat RT di Jakarta Timur dan tiga RT di Jakarta Utara yang terdampak.

Untuk kedalaman air di tiap RT berbeda-beda, ada yang berkisar 10-15 cm, ada juga yang sedalam 25-45 cm. Hingga sore ini, belum ada warga yang mengungsi akibat banjir Jakarta ini.

3. Tips antisipasi bencana banjir di rumah

3. Tips antisipasi bencana banjir rumah
Pexels/chetanvlad

Banjir bisa terjadi di mana saja. Apalagi jika musim hujan datang, beberapa wilayah di Indonesia pasti menjadi langganan banjir. Oleh karenanya, sebelum terjadi secara mendadak ada baiknya jika rumah mama atau papa adalah langganan banjir perlu menyiapkan beberapa hal ini:

  • Memantau berita banjir melalui semua saluran informasi
  • Mengamankan dokumen dan barang berharga
  • Menyiapkan tas jika suatu waktu harus mengungsi
  • Meninggalkan rumah dalam keadaan listrik dan elektronik dalam keadaan mati

Mari doakan agar banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya ini cepat reda ya, Ma. Semoga saja cuaca di Jakarta dan sekitarnya tidak terlalu ekstrem. Tetap waspada ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.