45 Kata-Kata Mutiara Idulfitri 2021 untuk Keluarga & Teman

Kata mutiara penuh makna dan ucapan selamat untuk keluarga dan teman terdekat

10 Mei 2021

45 Kata-Kata Mutiara Idulfitri 2021 Keluarga & Teman
Pexels/gabby-k

Menyambut Hari Raya Idulfitri 2021 tentu tidak ingin biasanya. Sayangnya, tahun ini masih sama seperti tahun 2020 lalu yang mesti berjauhan. Agar makna Idulfitri bisa sampai dengan hangat, maka ucapan selamat dengan kata-kata mutiara Idulfitri 2021 ini bisa diberikan.

Selain menyentuh, kata-kata mutiara Idulfitri 2021 juga bisa dicetak dan dibagikan ke tetangga untuk menyambut hari Lebaran. Mama juga bisa membagikan kata-kata mutiara ini lewat pesan singkat maupun e-mail lho. 

Berikut Popmama.com berikan daftar kata-kata mutiara Idulfitri 2021 sebagai referensi yang bisa dipakai!

Ucapan memohon maaf lahir batin

Ucapan memohon maaf lahir batin
Freepik/master1305

Salah satu makna dari hari Idulfitri adalah meminta maaf kepada keluarga dan orang tersayang. Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 untuk memohon maaf lahir batin:

  1. "Hanya kata maaf darimu yang akan menjadi pelengkap di hari Idulfitri ini. Mohon maaf lahir dan batin."
  2. "Di khilafku dan salahku, entah ada tindakan yang pernah melukaimu atau semua kata-kataku yang pernah tak menyenangkan hatimu, di hari yang indah dan suci ini maafkanlah diri penuh dosa ini."
  3. "Tak ada kesucian menjadi sempurna tatkala ada satu di antara kebencian tertanam dalam jiwa. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir batin."
  4. "Dalam beningnya hati ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon dimaafkan segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."
  5. "Tidak ada pemberian paling indah dan perilaku yang mulia selain meminta maaf di hari yang suci ini. Selamat Hari Raya Idulfitri Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin."

Saling memaafkan kesalahan yang telah lalu

Saling memaafkan kesalahan telah lalu
Freepik/rawpixel.com

Selain meminta maaf kepada orang lain, kita juga harus saling memaafkan kesalahan orang lain kepada kita. Oleh karenanya ucapan saling memohon maaf atas kesalahan ini penting diucapkan di Hari Raya Idulfitri.

Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 untuk saling memohon maaf atas kesalahan:

  1. "Di hari yang Fitri ini, mari saling memaafkan setulus hati. Di hari yang Fitri ini, semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang lebih baik lagi."
  2. "Senang memaafkan dengan sesadar-sadarnya. Sadar pula kita sering berbuat khilaf. Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon untuk kita saling memaafkan, barakallah."
  3. "Dari semua berkah yang patut disyukuri, persahabatan kita adalah satu diantaranya. Marilah kita saling memafakan segala kesalahan selama ini, semoga Allah SWT selalu memberi kita selamatnya."
  4. "Selamat hari Lebaran, sebagai seorang manusia yang tak sempurna, semoga pintu maaf saling terbuka."
  5. "Bulan Ramadan yang suci sudah berakhir. Salah kata dan khilaf perbuatan adalah fitrahnya manusia, mari saling memaafkan tanpa meninggalkan beban. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir batin."

Berbagi kebahagiaan dengan ikhlas

Berbagi kebahagiaan ikhlas
Pexels.com

Hari Idulfitri menjadi momen yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Hari spesil itu diperingati sebagai hari yang penuh makmur dan berbagai kebahagiaan dengan sesama.

Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 untuk memohon bahagia dan kesuksesan:

  1. "Momen Idulfitri adalah hari yang bahagia, semoga aku menghiasai setiap sinarnya dengan harapan untuk kesuksesan, kemakmuran, dan kebahagiaan untukmu dan keluargamu. Selamat Hari Raya Idulfitri!"
  2. "Semoga Allah SWT memberikan kita kebahagiaan hingga di surga. Selamat Idulfitri untuk kita semua."
  3. "Selama memiliki Allah SWT di hati, InsyaAllah akan makmur dan senantiasa bahagia. Selamat Idulfitri."
  4. "Selamat Hari Raya Idulfitri. Semoga kita dan keluarga mendapatkan semua berkah dan bahagia dari Allah SWT pada hari yang spesial ini."
  5. "Momen Idulfitri menjadi hari yang spesial bagi umat Islam. Semoga berkah Allah SWT memenuhi hidup kita dengan kebahagiaan dan membuka semua pintu kesuksesan."

Editors' Picks

Selamat hari raya Idulfitri

Selamat hari raya Idulfitri
Pexels/werner-pfennig

Ucapan Idulfitri tentu tidak lengkap tanpa saling memberikan selamat. Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 untuk mengucapkan selamat satu sama lain:

  1. "Pada Hari Raya Idulfitri yang bahagia, aku mengirimikan ucapan selamat. Semoga hari yang Firti ini memberimu banyak kemakmuran dan kegembiraan."
  2. "Selamat Hari Raya Idulfitri. Semoga Allah SWT memberi segala sesuatu yang kamu harapkan pada hari yang penuh berkah ini."
  3. "Selamat Hari Raya Idulfitri, semoga Allah SWT selalu memberikanmu sukacita, kebahagiaan, dan kemakmuran di momen yang penuh berkah ini."
  4. "Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita di bulan suci Ramadan diterima di sisi-Nya."
  5. "Perayaan penuh makna dan sarat nilai-nilai kebaikan. Selamat datang hari kemenangan. Semoga kita berjumpa kembali, wahai Ramadan. Selamat Idulfitri untuk dirimu dan keluarga."

Saling bersilaturahmi meski berjauhan

Saling bersilaturahmi meski berjauhan
Pexels/gabby-k

Momen lebaran biasanya berkumpul dengan sanak saudara. Namun, apabila nasib berkata lain kadang kala kita tidak bisa bertatap muka langsung.

Meski begitu, silaturahmi harus tetap terjaga. Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 untuk saling bersilaturahmi meski jauh:

  1. "Meski wajah tak dapat berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat. Semoga coretan kata ini dapat menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Selamat merayakan Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."
  2. "Walau tangan tak bisa berjabatan, bibir masih bisa mengucap maaf. Minal aidin walfaizin. Mohon maaf lahir batin."
  3. "Walaupun kita tidak bisa bertemu sapa, mari tetap saling menyayangi di hari spesial ini. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."
  4. "Saat lenganku tak bisa merangkulmu untuk lebih dekat dengan hatiku. Aku selalu memelukmu dengan doa-doaku. Semoga Allah SWT selalu bersamamu. Selamat Idulfitri!"
  5. "Kita memang tak bisa saling bersua satu sama lain, tapi InsyaAllah doaku akan sampai kepadamu. Semoga kamu dan keluarga sehat selalu dan dalam lindungan Allah SWT. Selamat Hari Raya Idulfitri."

Berbagi kasih sayang di Hari Raya

Berbagi kasih sayang Hari Raya
Freepik/freepik

Selain hari raya untuk saling sapa dan bermaafan, makna sebenarnya dari Idulfitri adalah berbagai kasih sayang.

Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 untuk berbagi kasih sayang di hari raya:

  1. "Idulfitri adalah hari bahagia dari Allah SWT. Ini adalah hari untuk berbagi kebahagiaan dan cinta kepada orang terdekat. Selamat Hari Raya Idulfitri, mohon dimaafkan segala kesalahan."
  2. "Lebih dari sekedar ucapan, pesan ini adalah makna yang spesial. Semoga persahabatan kita tetap saling mengasihi, selamat Hari Raya Idulfitri. "
  3. "Semoga Allah SWT memberkahimu dan menerima perbuatan baikmu selama bulan Ramadan. Semoga Hari Raya Idulfitri bersama keluarga menyenangkan."
  4. "Saling menghargai dalam perbedaan dan saling menyayangi dalam keberagaman adalah hal yang indah. Semoga Idulfitri ini kamu tetap bahagia. "
  5. "Idul Fitri adalah hari untuk berbagi kebahagiaan dan cinta kepada orang terdekat. Maknanya yang dalam semoga sampai dari pesan singkatku untukmu. Selamat Hari Raya Idulfitri."

Ucapan selamat dan doa agar diampuni dosanya

Ucapan selamat doa agar diampuni dosanya
Pexels/gabby-k

Banyaknya salah dan khilaf tentu memohon ampun kepada Allah SWT di hari Idulfitri adalah berkah. Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 untuk mengingatkan dan doa agar diampuni dosanya:

  1. "Selamat Hari Raya Idulfitri. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua sebagai hamba-hambaNya yang kembali ke fitrah."
  2. "Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita. Amin."
  3. "Di momen yang spesial ini, semoga Allah SWT membebaskan kita semua dosa dan kekhawatiran. Semoga Allah SWT senantiasa mengisi hidup dengan ketenangan."
  4. "Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Selamat Hari Raya Idulfitri. Semoga dosa kita bersih seputih Hari Raya yang spesial ini."
  5. "Hari Raya Idul Fitri menjadi momen kita saling memaafkan da mampu kembali ke jati diri insani. Menjadi pribadi yang mampu menebar damai dan saling berbagi. Semoga dosa kita luruh dengan bergantinya bulan Ramadan ke Hari Raya Idulfitri."

Menyambut kemenangan sejati

Menyambut kemenangan sejati
Freepik

Sebulan penuh berpuasa hingga datanglah bulan kemenangan. Idulfitri menjadi simbol menang atas menahan godaan dan fokus beribadah di bulan Ramadan. 

Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 untuk menyambut kemenangan sejati:

  1. "Kata-kata seindah zikir teralun. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akhirnya tiba. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."
  2. "Ramadan telah berlalu, fajar hari kemenangan telah menyambut. Disambut dengan sinar terang kedamaian dan kesucian, menebarkan berkah di idulfitri yang suci."
  3. "Sambutlah hari kemenangan dengan cara yang paling baik. Ini adalah buah dari kesabaran yang terpintal hingga kembali suci. Selamat Lebaran, mohon maaf atas segala kesalahan."
  4. "Meski tak bisa bersua langsung, semoga coretan kata ini dapat menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Selamat merayakan Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."
  5. "Bulan Ramadan penuh berkah berganti dengan hari kemanangan yang suci. Selamat Hari Raya Idulfitri, sambutlah kemenangan dengan penuh suka cita dan kegembiraan untuk kita semua."

Memulai dari awal kehidupan setelah Lebaran

Memulai dari awal kehidupan setelah Lebaran
Pexels/michael-burrows

Hari Raya Idulfitri menjadi hari kemanangan bagi umat Islam. Setelah sebulan penuh berpuasa menahan nafsu, haus dan lapar hari bahagia itu akhirnya datang.

Berikut kata-kata mutiara Idulfitri 2021 sebagai simbol kembali ke kesucian diri:

  1. "Selamat merayakan Idulfitri, semoga kita menjadi diri yang kembali suci penuh fitrah dalam silaturahmi yang penuh berkah."
  2. "Selamat Hari Raya Idulfitri untuk kita semua. Semoga kita menjadi insan yang lebih baik ke depannya."
  3. "Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita kembali suci, semoga kita tidak lelah berbagi kebaikan."
  4. "Maaf memang tidak akan mengubah masa lalu, tapi mengubah masa depan. Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin."
  5. "Jiwa-jiwa kembali putih, seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Ilahi. Selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."

Itulah tadi kata-katar mutiara Idulfitri 2021 yang bisa diucapkan kepada keluarga dan teman. Semoga kemanangan selalu menyelimuti kita dan keluarga di Hari Raya Idulfitri 2021 ini. 

Selama lebaran ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.