Jadi Sasaran Cyberbullying, Putri Anne Saloka Akan Tuntut Haters

Putri Anne geram karena sering dapat pesan kasar dan hujatan akhirnya ambil tindakan tegas!

8 Januari 2021

Jadi Sasaran Cyberbullying, Putri Anne Saloka Akan Tuntut Haters
Instagram.com/putriannesaloka

Istri Arya Saloka, Putri Anne kerap mendapat cibiran dan omongan kasar di Instagramnya. Geram dengan hal itu, ia pun mengaskan langkahnya untuk mengambil jalur hukum bagi haters atau netizen yang sembarangan berbicara kepadanya. 

"Yang mau komen asal-asal disini aja ya biar ke kumpul. Alhamdullilah pada kaya kayaknya yah, bisa bayar denda 1 milyar," jelasnya di Instagram. 

Bagaimana Putri Anne Saloka menindak tegas haters soal cyberbullying ini? Berikut Popmama.com rangkum informasinya.

1. Sering menerima pesan kasar dan hujatan

1. Sering menerima pesan kasar hujatan
Instagram.com/putriannesaloka

Dalam Instagram Stories yang diunggahnya beberapa waktu lalu Putri Anne mengungkapkan bahwa ia kerap menerima perkataan kasar dan tak senonoh melalui DM (direct message). Jengah dengan hal ini Putri Anne pun akhirnya berkonsultasi dan kini memiliki tim kuasa hukum sendiri.

Kehidupan pribadi Putri Anne Saloka mulai dikenal publik karena peran suaminya, Arya Saloka dalam sinetron 'Ikatan Cinta'. Wajar memang jika warganet menyoroti kehidupannya sebagai public figure yang naik daun. Namun, yang disayangkan adalah komentar tersebut kadang menghina dan menjatuhkannya. 

"Terus aja ya yang mau DM aku ngomong kasar dan lain-lain. Aku jemput bentar lagi. Coba tolong dibaca di bio aku ya. Aku (sudah) ada tim hukum sendiri," jelas Putri Anne.

Editors' Picks

2. Putri Anne berpesan lebih bijaksana menggunakan media sosial

2. Putri Anne berpesan lebih bijaksana menggunakan media sosial
Instagram.com/putriannesaloka

Tak ingin dipermainkan lagi, Putri Anne pun mengambil tindakan tegas. Melalui unggahan foto di Instagram dengan judul 'STOP CYBERBULLYING', ia mengingatkan agar masyarakat lebih bijak dalam meninggalkan komentar di media sosial.

Putri Anne pun mengingatkan kepada netizen yang dulu kerap menghujatnya agar lebih bijak ketika akan berkomentar atau mengirim DM di Instagramnya.

"Di bio aku tertulis ya, under legal consultation ARTINYA dibawah konsultasi/naungan hukum dengan @diasporalawfirm," jelasnya.

Mirisnya, diungkapkan Putri Anne jika yang banyak berkomentar buruk kepadanya justru anak-anak di bawah umur. 

"@diasporalawfirm coba yuk kita edukasi anak-anak di bawah umur yang suka main Instagram cuma untuk berbuat nggak sopan," jelas Putri Anne.

3. Mendapat dukungan dari penggemar

3. Mendapat dukungan dari penggemar
Instagram.com/putriannesaloka

Karena tindakan tegas yang dilakukan Putri Anne ini, para penggemarnya pun ikut mendukung. Perempuan keturunan Perancis ini juga sempat mengunggah gertakan sebelumnya di Instagram Stories pada Selasa (5/1/2020) sebelum akhirnya mengumumkan sudah memiliki tim hukum.

4. Dampak orang yang mengalami cyberbullying

4. Dampak orang mengalami cyberbullying
Instagram.com/putriannesaloka

Dikutip dari website Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebut jika Cyberbullying (perundungan dunia maya) ialah bullying/perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini dapat terjadi di media sosial, platform chatting, platform bermain game, dan ponsel.

Cyberbullying merupakan perilaku berulang yang ditujukan untuk menakuti, membuat marah, atau mempermalukan mereka yang menjadi sasaran.

Efek paling kuat dari cyberbullying jika terjadi pada anak-anak dan remaja. Namun, ternyata orang dewasa juga bisa mengalaminya, bahkan lebih sering terjadi.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa efek dari cyberbullying terhadap orang dewasa, yakni:

  • Efek mental dan fisik yang menyebabkan peningkatan stres bersama dan meningkatkan kemarahan pada seseorang. Orang yang mengalami cyberbullying gampang merasa frustrasi. Kadang mereka sampai menderita depresi dan karenanya. 
  • Merasa sendirian dan terisolasi karena sebagian besar besar korban cyberbullying memiliki rasa takut berbagi informasi dengan orang asing. Sebagian besar waktu mereka pada beberapa orang digunakan untuk menyakiti diri mereka sendiri.
  • Tidak tertarik untuk bersosialisasi karena orang-orang yang menderita cyberbullying tidak merasa nyaman. Pasalnya mereka merasa malu karena penghinaan yang dialaminya sehingga memberikan dampak negatif dalam kehidupan sosialnya.
  • Efel cyberbullying juga dapat merusak kesehatan korban. Dia mungkin sakit atau mungkin menderita penyakit seperti depresi, sakit kepala dan makan yang tidak teratur sehingga mempengaruhi tubuh mereka. 
  • Mencoba bunuh diri karena merasa ditertawakan atau dilecehkan oleh orang lain. Hal ini dapat membuat seseorang tidak ingin membicarakan atau mengatasi masalah tersebut. Dalam kasus ekstrim, cyber bullying dapat menyebabkan seseorang mengakhiri nyawanya sendiri.

5. Cara bijak menghadapi cyberbullying

5. Cara bijak menghadapi cyberbullying
Instagram.com/putriannesaloka

BSSN sendiri menyebutkan, beberapa hal yang bisa dikategorikan sebagai cyberbullying yakni:

  • Menyebarkan kebohongan tentang seseorang atau memposting foto memalukan tentang seseorang di media sosial.
  • Mengirim pesan atau ancaman yang menyakitkan melalui platform chatting, menuliskan kata-kata menyakitkan pada kolom komentar media sosial, atau memposting sesuatu yang memalukan/menyakitkan
  • Meniru atau mengatasnamakan seseorang (misalnya dengan akun palsu atau masuk melalui akun seseorang) dan mengirim pesan jahat kepada orang lain atas nama mereka.

BSSN menyampaikan jika bullying terjadi di media sosial, maka langkah pertama adalah dengan memblokir akun pelaku dan melaporkan perilaku mereka di media sosial itu.

Lalu, bisa mengumpulkan dan menyimpan bukti-bukti untuk membantu dan menunjukkan kejadian cyberbullying yang dialami. Misalnya seperti pesan dalam chatting dan screenshot postingan di media sosial.

Agar bullying berhenti, kuncinya ialah perlu diidentifikasi dan dilaporkan lebih lanjut. Hal ini juga dapat menunjukkan kepada pelaku bully bahwa tindakan mereka tidak dapat diterima.

Itulah tadi informasi seputar cyberbullying yang dialami Putri Anne Saloka. Ia mengambil tindakan tegas karena hujatan dan komentar jahat kepadanya sudah keterlaluan. Semoga hal ini jadi pembelajaran bagi kita agar lebih bijak menggunakan media sosial.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.