Mona Ratuliu dan Suami Positif Covid-19, Sebulan Berpisah dengan Anak

Indra Brasco bahkan harus dirawat karena sebelah paru-parunya sudah berkabut

4 Juni 2021

Mona Ratuliu Suami Positif Covid-19, Sebulan Berpisah Anak
Youtube.com/MIC - MONA INDRA CHANNEL

Pasangan artis Indra Brasco dan Mona Ratuliu mengaku di kanal Youtube mereka pernah terpapar virus Covid-19 pada awal Ramadan lalu. Kisah itu baru dibagikan keduanya di kanal Youtube Mona Indra Channel pada Kamis, 3 Juni 2021. 

“Tahun ini kami diberi ujian, tepatnya diawal bulan Ramadan. Yang selama ini kami takutkan akhirnya terjadi. Setelah setahun lebih menjaga keluarga,” tulis kata pengantar video dengan durasi 32 menit lebih itu.

Mona Ratuliu mengaku tidak mudah menceritakan pengalamannya itu. Sebab sebagai orangtua dengan 4 anak ia harus menyesuaikan dengan segala hal yang ada. Indra Brasco jadi orang pertama dikeluarga yang positif Covid-19. Hal itu berkat persiapan syuting sebuah web series yang mengharuskannya tes antigen.

Dari sana, perjalanan keluarga Mona Ratuliu dan Indra Brasco melawan Covid-19 berlanjut. Setelah Indra Brasco dinyatakan positif, Mona Ratuliu sempat dinyatakan negatif pada awalnya.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Indra Brasco rasakan gejala demam, batuk dan pilek

1. Indra Brasco rasakan gejala demam, batuk pilek
Instagram.com/monaratuliu

Bicara mengenai gejala, Indra Brasco menceritakan ia mengalami demam, batuk dan pilek. Meskipun saturasi oksigennya stabil. Hal yang membuat Mona khawatir adalah Indra mengalami gejala saat pagi buta sekitar jam 2-3 pagi. 

Mona takut gejala Indra makin parah, yang akhirnya diputuskan Indra untuk tes keseluruhan. Dari hasil yang didapatkan rupanya bagain sebelah paru-paru Indra sudah berkabut yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit.

"Aku takut dia stres, karena Indra setiap hari selalu cerita kalau hiburan dia itu mendengarkan suara kaki anak-anak yang berlarian di rumah. Anak-anak juga berusaha menghibur Indra untuk selalu bahagia meski berjauhan dan ada sekat," jelas Mona Ratuliu.

Indra mengaku sempat tidak siap untuk dirawat di sana. Namun, setelah beberapa hari di sana rupanya Indra justru merasa lebih tenang. Indra juga merasa nyaman karena pengobatannya lebih jelas, gizinya jelas dan sesuai aturan yang ada.

Editors' Picks

2. Mona Ratuliu positif Covid-19 saat sahur pertama Ramadan 2021

2. Mona Ratuliu positif Covid-19 saat sahur pertama Ramadan 2021
Instagram.com/monaratuliu

Sempat merasa janggal karena suaminya positif sementara Mona Ratuliu negatif, Mama 4 anak ini pun melakukan swab tes ulang. Saat itu Mona sudah merasa kalau badannya agak tidak enak seperti mau demam. 

Hasil swab tes Mona Ratuliu pun keluar pada hari pertama sahur Ramadan 2021 kemarin. Kaget mengetahui hasilnya positif, Mona sempat bingung untuk mengatur strategi dalam mengurus keempat anaknya.

"Akhirnya diputuskan kalau aku harus kuat ngasih tahu Indra. Indra langsung nangis. Setelah itu aku ngasih tahu orang rumah, semuanya langsung panik," jelas Mona Ratuliu.

Saat itu dokter yang menjadi tempat konsultasi Mona dan Indra sempat menyebut kemungkinan seluruh keluarganya terinfeksi. Hal ini yang membuat mereka semua sempat panik dan ingin mengangkut semua anggota keluarga ke rumah sakit. 

"Hasil PCR keluar, semua negatif, jadi hanya aku dan Indra yang positif. Akhirnya sebagian orang rumah diungsikan ke adiknya Indra. Setelah 5 hari baru mereka PCR lagi dan kalau negatif baru bisa kumpul," tutur Mona. 

3. Positif Covid-19, Mona dan Indra sempat bingung soal Numa

3. Positif Covid-19, Mona Indra sempat bingung soal Numa
Instagram.com/monaratuliu

Didiagnosis positif Covid-19 membuat Indra dan Mona harus mengatur strategi dalam memberikan ASI dan mengurus anak bungsu mereka, Numa Kamala Srikandi. Sebab keluarga ini memang tidak memakai suster untuk mengurus Numa sebelumnya. 

Mona lalu banyak berkonsultasi dengan berbagai dokter soal Numa. Ternyata dari berbagai dokter yang ditanyai oleh Mona, menyarakan agar Numa tetap diberikan ASI seperti biasa.

"Akhirnya aku pun mencari tahu soal bagaimana ibu yang positif Covid-19 menyusui anaknya secara aman. Akhirnya diputuskan Numa masuk kamar bareng Bunda," tutur Mona.

4. Cerita perjuangan sembuh Mona Ratuliu dan Indra dari Covid-19

4. Cerita perjuangan sembuh Mona Ratuliu Indra dari Covid-19
Instagram.com/monaratuliu

Pasangan ini juga menceritakan kekuatan mereka agar bisa sembuh dengan saling berkabar melalui panggilan video dengan anak-anak. Keluarga ini mencoba melewati hari-harinya terpisah satu sama lain dengan saling berkabar secara rutin meski lewat virtula. Mereka berusaha saling menghibur satu sama lain.

"Kerjaannya ya cuman video call aja. Itu yang membuat aku semangat di rumah sakit,” kata Indra.

Sebagai orangtua, Mona dan Indra berusaha selalu semangat untuk sembuh. Pasangan ini sering panik jika salah satunya lama mengangkat video call. Sebab, mereka selalu memposisikan keadaan selalu darurat. Karena bisa saja hari ini sehat, besoknya langsung drop.

Setelah menjalani perawatan hampir 2 minggu lebih, Indra Brasco dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah. Kejadian mengharukan terjadi yakni saat Indra bisa menemui istrinya meski hanya bisa saling tatap dari kejauhan karena masih dilarang oleh dokter.

"Akhirnya setelah 9 hari dirawat, pulang, terus Ya Allah aku melihat di jalan itu kayak bersyukur banget. Aku melihat jalan ke rumah rasanya terharu banget," jelas Indra. 

5. Momen haru anak Mona Ratuliu ketika bertemu kembali pasca negatif Covid-19

5. Momen haru anak Mona Ratuliu ketika bertemu kembali pasca negatif Covid-19
Youtube.com/MIC - MONA INDRA CHANNEL

Setelah berpisah dengan anak-anak karena menjalani perawatan, momen saat Indra dan Mona Ratuliu dinyatakan negatif sangat mengharukan. Perjuangan pasangan ini untuk sembuh melawan Covid-19 menjadi pelajaran yang berharga.

"Setelah aku dinyatakan sembuh, total aku nggak ketemu anak-anak itu sebulan lebih. Jangankan ketemu anak, kita keluar rumah aja butuh mental yang kuat lho. Karena kita takut menularkan," jelas Indra.

Persiapan untuk kembali berkumpul bersama keluarga dilakukan dengan maksimal dengan Indra dan Mona. Anak ke-3 Mona dan Indra, Syanala Kania Salsabila, langsung menangis memeluk Mama, Papa bunda, dan adik bungsunya kala itu. 

Cerita Mona Ratuliu dan Indra Brasco yang berjuang melawan Covid-19 ini bisa menjadi pelajaran ya, Ma. Bahwa semua orang bisa terkena virus ini. Tetap hati-hati dan jaga kesehatan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.