Eksklusif: Lewat Olahraga, Hilyani Hidranto Temukan Keseimbangan Hidup dan Mental

Jadwal olahraga teratur membuat Hilyani menjadikan olahraga pelarian saat stres dan tertekan

20 Januari 2021

Eksklusif Lewat Olahraga, Hilyani Hidranto Temukan Keseimbangan Hidup Mental
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Ada anggapan bahwa ketika seseorang rutin dan disiplin berolahraga maka segala lini kehidupannya pun akan ikut teratur. Hal ini pun dirasakan Hilyani Hidranto.

Hidup Hilyani sudah dibiasakan dengan rutinitas fisik dan olahraga sejak kecil. Sehingga membuatnya menjadi pribadi yang teratur dan disiplin sejak dini.

"Dari dulu sudah diajari olahraga dan aktif olahraga dari kecil sama Papa, jadi memang sudah dibiasakan. Karena seminggu itu saya bisa ikut les tenis, les renang, dan segala macam," jelas Hilyani.

Terpilih sebagai Millennial Mama of The Month Januari 2021, Hilyani mengungkapkan bahwa dengan olahraga juga keseimbangan mental dan emosinya bisa lebih terjaga. 

Bagaimana perjalanan Hilyani Hidranto yang menemukan keseimbangan emosi melalui olahraga? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya. 

Editors' Picks

1. Banyak menangis saat awal pandemi, Hilyani temukan ketenangan emosi dengan olahraga

1. Banyak menangis saat awal pandemi, Hilyani temukan ketenangan emosi olahraga
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Diakui Hilyani jika saat awal-awal pandemi ia sering menangis dan stres dengan keadaan. Ternyata melalui rutin berolahraga ia justru bisa mengurangi tingkat stres yang ia alami.

"Jadi kadang-kadang stres, kadang-kadang sedih. Saya pun di awal-awal pandemi jujur banyak menangis, karena tidak tahu ke depannya seperti apa dan bagaimana keadannya di luar sana. Justru dengan olahraga, bisa membantu bnaget ketika mental saya down dan goyah," jelas Hilyani. 

Hilyani menyebut setiap orang sangat perlu 'me time'. Pandemi ini membuat banyak orang juga memiliki kebiasaan baru, banyak orang pula yang tertarik untuk ikut berbagai macam olahraga. 

"Karena orang perlu metime, kalaupun cuma setengah jam atau sejam per hari, just to get away for everything itu perlu banget," pungkasnya.

2. Jatuh cinta dengan pound fit, olahraga adalah pelarian Hilyani

2. Jatuh cinta pound fit, olahraga adalah pelarian Hilyani
Instagram.com/hilyanihidranto

Kebiasaan Hilyani yang sudah berolahraga sejak kecil membuatnya seolah terjebak dalam artian positif dengan olahraga. Kebiasaan itu membuat olahraga menjadi pelarian Hilyani untuk menenangkan diri.

"Its stuck with me sampai sekarang, jadi karena udah tahu enaknya olahraga dengan disiplin. Karena sudah tahu enaknya aja sih kalau olahraga seperti apa dan memang lebih teratur aja kebawa hidupnya," jelas Hilyani.

Hilyani menceritakan dulu ia tertarik dengan banyak olahraga. Hingga pada tahun 2016 ketika mengandung ingin tetap berolahraga tapi tidak bisa terlalu banyak bergerak. Setelah melahirkan, Hilyani pun mengenal Pounf Fit yang ternyata malah ia tekuni sampai sekarang. 

3. Jangan malu untuk mencoba berbagai olahraga sampai menemukan yang tepat

3. Jangan malu mencoba berbagai olahraga sampai menemukan tepat
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Semakin banyak orang yang berminat dengan olahraga kadang membuat mereka bingung ingin menekuni olahraga jenis apa. Menurut Hilyani, sebaiknya jika baru terjun dan tertarik olahraga maka mencoba banyak hal bukanlah hal yang salah. 

"Menurut saya coba dulu berbagai macam cabang olahraga, pasti nanti ada satu yang klik. Setelah itu baru fokus di olahraga itu, menurut aku lebih baik gitu. Jangan malu dan males untuk nyoba berbagai macam olahraga, untuk nemuin satu yang kita suka," jelas Hilyani. 

Untuk lebih bersemangat olahraga, Hilyani mengaku bisa mencari teman yang sama-sama suka dan minat untuk olahraga. 

"Cari partner biar ada temannya, walaupun olahraga online bisa janjian. Kalau kamu sudah janjian kan kita tidak enak sama teman, di sana komitmennya yang kita pegang," pungkasnya.

Ternyata olahraga bagi Hilyana Hidranto tak hanya sekedar sebuah rutintas, tapi juga sebagai pelarian dan caranya untuk meredakan stres. Nah, hal ini juga bisa dicontoh oleh Mama di rumah yang mencoba menerapkan olahraga sebagai salah satu cara untuk menghindari stres. 

#MillennialMama of the Month Edisi Januari 2021 – Hilyani Hidranto

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Hilyani Hidranto
Millennial Mama

Hilyani Hidranto

"Pandemi membuat saya sadar bahwa punya tabungan itu penting"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.