Syekh Ali Jaber Bicara Soal Perempuan Tak Berhijab: Jangan Hakimi Dulu

Video wawancara dengan Deddy Corbuzier tersebut kembali viral di internet

15 Januari 2021

Syekh Ali Jaber Bicara Soal Perempuan Tak Berhijab Jangan Hakimi Dulu
Instagram.com/syekh.alijaber

Syekh Ali Jaber adalah ulama yang terkenal karena ceramahnya yang bisa membuat pendengarnya tenang dan adem. Pembawaan ulama dengan nama lengkap Ali Saleh Mohammed Ali Jaber ini gampang membuat terenyuh.

Salah satunya adalah saat ia diundang ke Podcast Deddy Corbuzier dan mengomentari soal perempuan yang tidak berhijab. Pandangannya saat itu banyak dipuji masyarakat karena rendah hati dan tidak menyulut kemarahan.

Berikut Popmama.com rangkum ceramah Syekh Ali Jaber yang begitu menghargai setiap perempuan. 

Editors' Picks

1. Pandangannya soal perempuan tidak berhijab banyak dipuji

1. Pandangan soal perempuan tidak berhijab banyak dipuji
Instagram.com/syekh.alijaber

Salah satu pandangan Syekh Ali Jaber yang menyita perhatian publik adalah ketika ia memberikan pendapat soal perempuan tidak berhijab. Padangannya tersebut disampaikan dalam Podcast Deddy Corbusier pada 15 September 2020 lalu. 

“Kalau urusan sama orang, jangan menghakimi orang. Jangan pandangi perempuan yang belum berjilbab, jangan nilai dia buruk (dulu). Barangkali dia punya dua rakaat tahajud di sisi Allah. Itu bisa membuat semua dosanya terampuni,” tutur Syekh Ali Jaber.

2. Jangan menghamiki seseorang karena tampilannya

2. Jangan menghamiki seseorang karena tampilannya
Instagram.com/syekh.alijaber

Maksud dari perkataan Syekh Ali Jaber di atas yakni sebagai manusia kita tidak pernah tahu urusan seseorang dengan Allah SWT.

Karena setiap manusia pasti punya rahasia. Jadi, jangan menilai orang lain buruk karena tampilannya kepada manusia lain. 

“Kita tidak tahu urusan dia sama Allah. Masing-masing punya rahasia sama Allah. Bisa jadi dia berbuat kebaikan yang hanya Allah yang tahu. Bisa jadi karena itu bisa menyebabkan terampun semua dosanya," jelas Syekh Ali Jaber.

3. Semua orang punya dosa, jangan hina hanya karena menurut kita salah

3. Semua orang pu dosa, jangan hina ha karena menurut kita salah
Instagram.com/syekh.alijaber

Syekh Ali Jaber kemudian menjelaskan janganlah kita sebagai sesama manusia saling menghakimi dan menghina hanya karena bagi kita di melakukan hal yang salah. 

"Kita sudah kasih nasihat (orang yang berdosa), kalau Allah SWT belum kasih hidayah ya buat apa. Malah dikata-katain buat apa. Jangan menghakimi orang," ujarnya dalam Podcast Deddy Corbuzier.

Syekh Ali Jaber mengingatkan kalau kita sebagai manusia pasti punya dosa. Dan kita semua punya aib, tapi Allah menutupi aib kita tersebut.

"Kita tidak tahu orang itu, kita mungkin kasian (melihatnya), jadi kita doakan. Tapi kita tidak boleh menghina, misalnya neraka kamu. Mungkin sekarang dia di depan kita seperti itu, tapi kita tidak tahu di akhir hidupnya bagaimana," tutur Syekh Ali Jaber.

Pandangan Syekh Ali Jaber ini sangat viral di internet. Bahkan Deddy Corbuzier yang saat itu mewawancarai Syekh Ali Jaber meski hanya bertemu sekali sangat kagum dengan sosoknya. Kita doakan semoga Syekh Ali Jaber ada di tempat terbaik di sisi-Nya ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.