Papa T Bob Meninggal Dunia, Ini 10 Lagu Anak-Anak Hits Hasil Ciptaanya

Dari lagu 'Air (Obok-Obok)' sampai lagu 'Susan Punya Cita-Cita' adalah ciptaan Papa T Bob

10 Juli 2020

Papa T Bob Meninggal Dunia, Ini 10 Lagu Anak-Anak Hits Hasil Ciptaanya
Instagram.com/leonyvh

Kabar duka datang dari dunia hiburan tepatnya musik anak-anak di Indonesia. Pencipta lagu anak-anak kondang Papa T Bob meninggal dunia pada hari ini, Jumat (10/7/2020).

Kabar duka Papa T Bob ini diinformasikan oleh Vidi Aldiano lewat twitternya. Dalam cuitan Vidi di twitter tersebut ia pun mengucapkan terima kasih atas jasa dan karya Papa T Bob untuk dunia musik anak-anak.

“R.I.P Papa T Bob. Terima kasih sudah memberikan banyak nada saat ku tumbuh dewasa. Banyak musisi lahir karena jatuh cinta dengan karya-karya mu saat mereka beranjak dewasa. Salah satunya aku. Rest in love,” tulis Vidi Aldiano seperti dikutip Popmama.com.

Almarhum kemudian dimakamkan di Bintaro. Sebelum diberitakan hari ini meninggal dunia, ia sempat dibawa ke rumah sakit pada April 2020 lalu karena diabates. Hal itu diungkapkan oleh Tina Toon lewat unggahan foto Instagramnya.

Pencipta lagu dengan nama asli Erwanda Lukas ini pertama kali menciptakan lagu anak-anak pada tahun 1989 dengan judul Semut-Semut Kecil.

Setelah sukses dengan lagu itu, kemudian banyak lagu anak hasil karyanya yang juga sukses seperti Si Kodok, Du Di Dam, hingga Air (Obok-Obok). Lagu Ria Ernes dan Susan yang populer yaitu Susan Punya Cita-Cita juga hasil karya Papa T Bob lho.

Untuk mengenang jasanya di kancah musik anak-anak di Indonesia, berikut Popmama.com rangkum 10 lagu anak-anak yang hits di masanya hasil karya Papa T Bob!

1. Air (Obok-Obok)

Lagu Air (Obok-Obok) adalah salah satu lagu yang diciptakan oleh Papa T Bob. Lagu ini membawa nama Joshua Suherman terkenal sebagai salah satu penyanyi anak-anak di Indonesia.

Lewat kanal Instagram Joshua Suherman hari ini pada Jumat (10/7/2020) ia pun turut mengucapkan belasungkawanya.

“Turur berduka atas meninggalnya Om Wanda (Papa T Bob). Stay strong @tbobvargo dan Tante Ida,” tulis Joshua di Instagramnya, lengkap dengan foto dirinya dan para penyanyi cilik pada masanya.

2. Si Kodok

Lagu Si Kodok dibawakan oleh Ria Ernes dan Susan dan sangat terkenal pada zamannya. Lagu yang identik dengan kata “rekotok rekotok” dan “ngek ngoek ngek ngoek” ini sangat mudah diingat dan didengarkan.

Ayo, siapa yang hafal lagu ini dulu?

3. Bolo-Bolo

Kalau Mama mengenal Tina Toon pasti lagu Bolo-Bolo langsung terbayang dalam ingatan. Penampilan Tina Toon yang imut dan menggemaskan dalam video klip tersebut pasti akan selalu diingat Mama. Belum lagi gerakan kepala Tina Toon yang khas dalam lagu ini.

Kabar meninggalnya Papa T Bob ini juga meninggalkan kesedihan bagi Tina Toon. Ia menyampaikan rasa dukanya di Instagram lengkap dengan fotonya dan penyanyi cilik pada zamannya ditemani sosok Papa T Bob.

“Selamat Jalan Om Papa T Bob (Om Wanda) Sang Maestro Pencipta Lagu Anak Indonesia ... Pencipta Lagu #BoloBolo dan Pencetus Nama #TinaToon,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap jasa Papa T Bob. Tina Toon juga ingin mewujudkan permintaan Papa T Bob sebelum meninggal yang menginginkan lagu anak tetap ada dan lestari di Indonesia.

”Terima kasih atas jasa-jasa om di karier musik aku dan seperti permintaan om Papa T Bob terakhir kita harus tetap semangat dalam berkarya terutama melestarikan lagu anak yang memang sulit di masa sekarang sedang tiarap, tapi ada jalannya untuk anak-anak menikmati hiburan yang sesuai umurnya dengan menyelipkan nilai edukasi dan budi pekerti,” tutur Tina Toon.

4. Du Di Dam

Lagu Du Di Dam dipopulerkan oleh Enno Lerian. Lewat lagu ini anak-anak akan dikenalkan dengan berbagai macam-macam lauk pauk yang ada di meja makan. Lagu ini sangat terkenal pada zamannya lho.

Dalam Instagramnya, Enno Lerian juga mengucapkan belasungkawa terhadap kepergian Papa T Bob. Ia juga mengucapkan terima kasih atas jasa dan karya dari Papa T Bob.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Selamat jalan Om Wanda, terima kasih untuk semua karyamu yang membuat masa kecil kami bahagia,” tulis Enno dalam Instagram Story-nya.

Editors' Picks

5. Si Nyamuk Nakal

Lagu Si Nyamuk Nakal adalah lagu anak ciptaan Papa T Bob yang dinyanyikan oleh Enno Lerian. Lagu ini menceritakan tentang situasi rumah seorang anak yang mengeluh banyak nyamuk dan semut di rumahnya. Karena si Anak dalam lagu ini malas bersih-bersih.

Lagu ini bisa mengingatkan anak-anak untuk sering bersih-bersih lho. Mama bisa mulai mengajarkan bersih-bersih rumah lewat lagu ini.

6. Jangan Marah


Lagu Jangan Marah bisa dibilang sebagai nasihat untuk anak-anak agar lebih rajin belajar di sekolahnya. Lagu ini mengajarkan anak untuk selalu belajar dengan tekun. Sangat hits dan populer pada zamannya, lagu Jangan Marah pertama kali diluncurkan pada tahun 1996.

Lagu ini dipopulerkan oleh Trio Kwek Kwek yang beranggotakan Leony, Dhea Anada, dan Alfandy. Dalam unggahan Instagram Leony pada Jumat (10/7/2020) ia masih tak percaya dengan kepergian Papa T Bob.

"Rest in peace om Wanda @papatbob_official. Rasanya masih nggak percaya dengan berita ini.. Terima kasih atas karya-karyamu selama ini untuk anak-anak Indonesia om.. Terima kasih sudah selalu bikinin lagu yang bagus-bagus untuk Trio Kwek Kwek.. Nggak akan ada Trio Kwek Kwek kalo nggak ada om Wanda.. istirahat yang tenang ya om.. Karyamu abadi selalu,” tulis Leony.

7. Tanteku

Lagu Tanteku adalah lagu anak yang dibawakan oleh Trio Kwek Kwek. Lagu ini memiliki irama yang ceria dan enak untuk menari anak-anak. Lagu ini pertama kali meluncur dan terdengar dari telinga ke telinga masyarakat Indonesia pada tahun 1997.

Tak berbeda dengan Leony, Dhea Ananda sebagai anggota dari Trio Kwek Kwek pun berbelasungkawa atas kepergian Papa T Bob. Ia mengucapkan terima kasih atas jasa Papa T Bob untuk Trio Kwek Kwek.

“Rest In Peace om Wanda @papatbob_official … nggak ada om Wanda nggak ada Trio Kwek Kwek ..
Terima kasih atas semua karya yang selalu mewarnai hidup kami. Selamat jalan…” tutur Dhea.

8. Katanya

Lagu Katanya juga jadi lagu populer Trio Kwek Kwek yang diciptakan oleh Papa T Bob. Lagu yang meluncur tahun 1998 ini bahkan mengantarkan Trio Kwek Kwek meraih penghargaan di zaman itu.

Belanda Negeri Kincir, katanya katanya

Keju Penghasilannya, katanya katanya

Tulip nama bunganya, katanya katanya

Dam nama bendungannya, katanya katanya

Hayo, siapa yang masih ingat lagu ini?

9. Semut-Semut Kecil

Lagu Semut-semut Kecil pertama kali diciptakan oleh Papa T Bob di awal kariernya sebagai pencipta lagu anak-anak. Lagu ini pula yang membawa Papa T Bob menciptakan lagu anak yang sukses ke depannya.

10. Susan Punya Cita-Cita

10. Susan Pu Cita-Cita
Instagram.com/ria_nsuzan

Kalau Mama mengenal Susan dan kak Ria, pastinya lagu Susan Punya Cita-Cita tentu sudah tak asing.

Lagu yang bercerita soal cita-cita Susan ketika dewasa ini sangat gampang dihafalkan. Lagu ini pertama kali dirilis pada tahun 1993 yang berhasil meraih HDX Award dengan kategori sebagai album terlaris kala itu.

Itulah tadi 10 lagu anak-anak yang hits hasil ciptaan Papa T Bob. Meski ia sudah berpulang hari ini, karya-karya dari Papa T Bob akan terus abadi.

Jadi lagu mana nih yang masih Mama sering dengarkan ke anak? Ayo, ada yang masih hafal sampai sekarang?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.