Reza D'Academy dan 8 Seleb Indonesia Ini Menikah dengan Nuansa Arab

Seleb ini memilih pakaian, tradisi hingga ijab kabul menggunakan bahasa Arab

20 Januari 2021

Reza D'Academy 8 Seleb Indonesia Ini Menikah Nuansa Arab
Instagram.com/ficellephoto & Instagram.com/vebbypalwinta

Pernikahan jadi salah satu momen yang tidak bisa dilupakan oleh setiap pasangan. Oleh karenanya, momen pernikahan biasanya dikonsepkan dengan matang dan sesuai dengan latar belakang dari kedua mempelai.

Pernikahan seleb Indonesia selalu menyita perhatian. Bukan hanya karena gelaran pestanya yang mewah, konsep yang diusung beberapa artis juga unik dan tak biasa. Bahkan ada yang menggabungkan dua kebudayaan yang berbeda.

Salah satu konsep pernikahan unik yang dilakukan beberapa artis papan atas Indonesia ini adalah bernuansa Arab atau Timur Tengah. Entah gaya pakaiannya atau ijab kabulnya yang menggunakan bahasa Arab.

Berikut Popmama.com rangkum infomrasi mengenai seleb Indonesia yang menikah dengan nuansa Arab.

1. Reza D'Academy dan Valda Alviana

1. Reza D'Academy Valda Alviana
Instagram.com/ficellephoto

Terbaru yakni pernikahan Reza D'Academy dengan Valda Alviana. Pernikahan pasangan ini diselenggarakan pada 17 Januari 2021 dengan nuansa pakaian a la Timur Tengah. Pernikahan pasangan ini diselenggarakan di Purwokerto, Jawa Tengah.

Pemilik nama asli Reza Zakarya ini lancar mengucapkan ijab kabul dalam bahasa Arab. Setelah selesai tanda tangan buku nikah, Reza tak henti-hentinya mengucap syukur.

2. Vebby Palwinta dan Razi Bawazier

2. Vebby Palwinta Razi Bawazier
Instagram.com/vebbypalwinta

Awal dari rencana pernikahan Vebby dan suaminya, Razi Bawazier akan diselenggarakan dengan adat Aceh. Namun, karena pandemi tak hanya tanggal pernikahan yang diundur, tempat pernikahan mereka pun berubah. 

Vebby Palwinta dan Razi menggelar pernikahan mereka tanpa pesta di KUA Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada 18 April 2020. Untuk mahar pernikahan, Razi memberikan mahar unik berupa uang Dinar kepada istrinya.

3. Tania Nadira dan Abdulla Alwi

3. Tania Nadira Abdulla Alwi
Instagram.com/tanianadiraa

Aktris Tania Nadira tampil cantik pada 26 Juli 2019 lalu. Meski hari itu adalah pernikahan keduanya, ia tampak berseri-seri dan bersemangat. Pernikahan artis dengan nama asli 
Fatimah Tania Nadira dengan suaminya, Abdullah Alwi terselenggara dengan khidmat.

Pasangan ini melangsungkan pernikahan di The Tribata, Jakarta Selatan. Tania saat itu menggunakan gaun kebaya khas Sunda.

Sementara sang Suami yang merupakan keturunan Arab memadukan pakaian pernikahan Sunda dengan hiasan kepala khas pernikahan Arab. Prosesi akad Tania juga mengusung tradisi dari Timur Tengah di mana tamu perempuan dan laki-laki berada di tempat terpisah.

Editors' Picks

4. Tasya Farasya dan Ahmad Assegaf

4. Tasya Farasya Ahmad Assegaf
Instagram.com/tasyafarasya

Pernikahan paling fenomenal tahun 2018 tentu saja dilakukan oleh Tasya Farasya. Bersama suaminya, Ahmas Assegaf, influencer beauty dan make up ini menyelenggarakan pesta hampir seminggu untuk pernikahannya.

Pernikahan Tasya dan Ahmad dilangsungkan di Hotel Kempinski dengan dekorasi dan konsep yang mewah. Saat akad nikah, Tasya Farasya mengenakan kebaya karya Ivan Gunawan berwarna kuning cerah. Prosesi ijab kabul saat itu bernuansa Arab. Tamu laki-laki dan perempuan berada di tempat terpisah. Sementara lagu pengiringnya pun juga musik Arab.

5. Rifky Balweel dan Biby Alraen

5. Rifky Balweel Biby Alraen
Instagram.com/rifkybalweel

Pada 7 Januari 2018 lalu jadi hari bahagia Rifky Balweel. Ia menikahi kekasihnya,  Biby Alraen yang sudah berpacaran dengan Rifky selama 3 tahun. Pernikahan itu dilangsungkan di Masjid Darul Ilmi, Jakarta Selatan. 

Rifky Balweel memiliki darah Arab, sementara Biby sendiri memiliki garis keturunan dari Pakistan. Oleh karenanya saat menikah, Rifky membacakan ijab kabul menggunakan bahasa Arab. Hal tersebut merupakan permintaan dari keluarga istrinya.

6. Irvan Farhad dan Hamidah Rachmayanti

6. Irvan Farhad Hamidah Rachmayanti
Instagram.com/defarhad

Pernikahan aktor sinerton Irvan Farhad dengan influencer Hamidah Rachmayanti dilangsungkan pada tahun 2017 lalu. Pasangan yang memiliki perbedaan umur 10 tahun ini tampak mesra saat hari pernikahan mereka.

Prosesi pernikahan Irvan dan Hamidah dipilih menggunakan tradisi Arab dengan adanya Mehendi Night. Keduanya saat itu baru sebulan mengenal tapi langsung yakin memutuskan untuk menikah. 

7. Sonny Septian dan Fairuz A. Rafiq

7. Sonny Septian Fairuz A. Rafiq
Instagram.com/sonnyseptian

Aktor Sonny Septian resmi mempersunting pesinetron Fairuz A. Rafiq pada tanggal 21 Mei 2017. Pernikahan keduanya dilangsungkan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan. 

Ijab kabul yang dilakukan Sonny saat hendak mempersunting Fairuz dilakukan dengan bahasa Arab. Hal itu merupakan permintaan dari keluarga besar Fairuz yang memiliki garis keturunan dari Timur Tengah.

Sempat deg-degan sampai tak bisa tidur, Sonny pada saat ijab kabul akhirnya bisa melafalkan dengan bahasa Arab secara lancar dan tenang. 

8. Zacky Zimah dan Lisa Hoesin

8. Zacky Zimah Lisa Hoesin
Instagram.com/zaky_zimah

Aktor sinetron Zacky Zimah resmi mempersunting Lisa Hoesin pada 12 November 2017. Pernikahan pasangan ini dilangsungkan di Ballroom Take Mansion Hotel, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ijab kabul dilakukan pada pagi hari, sementara malam harinya di tempat yang sama dilakukan resepsi pernikahan. Zacky yang memiliki darah keturunan Arab-Betawi memilih konsep Timur Tengah untuk acara pernikahannya.

9. Nabila Syakieb dan Reshi

9. Nabila Syakieb Reshi
Instagram.com/nsyakieb85

Tanggal 20 Desember 2015 jadi hari yang membahagiakan bagi Nabila Syakieb. Perempuan yang memiliki darah keturunan Arab ini melangsungkan pernikahan dengan Reshi. 

Saat itu, ia menggunakan tradisi Islam untuk acara ijab kabulnya. Di mana para tamu dipisah berdasarkan jenis kelamin. Nabila juga tidak duduk berdampingan dengan Reshi saat prosesi ijab kabul. Keduanya baru bertemu setelah Reshi selesai mengucap ijab kabul dan resmi menjadi suami istri.

Itulah tadi sederet artis Indonesia yang menikah dengan nuansa Arab. Sebenarnya apapun konsep pernikahan yang paling penting adalah makna dari pernikahan itu sendiri. Di mana dua orang yang saling mencintai dan yakin satu sama lain akan menempuh hidup bersama sampai maut memisahkan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.