Punya Hewan Peliharaan Bisa Membantu Kesehatan Mental Lebih Baik

Namun, kita juga harus memastikan kesehatan hewan peliharaan ya

17 Oktober 2021

Pu Hewan Peliharaan Bisa Membantu Kesehatan Mental Lebih Baik
Pexels/tranmautritam

Kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di masa pandemi makin diperhatikan banyak kalangan.

Selama masa pandemi, penelitian mengungkapkan meningkatnya jumlah kasus depresi, frustasi, kecemasan berlebih, dan gangguan jiwa lainnya yang berujung pada percobaan bunuh diri, hingga bunuh diri. 

Tanggal 10 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia, ini menunjukkan betapa pentingnya setiap orang memerhatikan kesehatan jiwanya masing-masing. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Salah satu caranya dengan memiliki hewan peliharaan.

Menurut penelitian dari Department of Business Management, Saurashtra University, Rajkot, India, hewan peliharaan dapat membantu mengatasi perasaan kesepian dan terisolasi selama pandemi. 

Memelihara hewan peliharaan, kucing misalnya, dapat memberikan dukungan mental serta menurunkan tingkat stress, sehingga memotivasi pemiliknya untuk lebih rileks, dan menikmati hidup. 

Namun, ketika kita ingin memelihaa hewan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya kesehatan fisiknya yang perlu perawatan.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Manfaat memelihara hewan dan hubungannya dengan kesehatan mental

1. Manfaat memelihara hewan hubungan kesehatan mental
Freepik/freepic.diller

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu kesehatan mental dalam banyak hal. Mulai dari meningkatkan aktivitas fisik dan lainnya.

  • Mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan atau berlari bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bisa hidup lebih sehat dengan olaharaga ringan.
  • Hewan peliharaan dapat bisa memberi kita rasa aman untuk berbagi dengan mahluk hidup. Merawat mereka dapat membantu merasa diinginkan dan dibutuhkan. Ini bisa sangat berharga bagi orangtua atau mereka yang tinggal sendirian.
  • Mengurangi kecemasan, memliki hewan peliharaan dapat membantu meringankan kecemasan.
  • Meningkatkan kepercayaan diri. Hewan peliharaan bisa menjadi pendengar yang hebat, menawarkan cinta tanpa syarat dan tidak akan mengkritik kita. Ini dapat membantu kepercayaan diri terutama jika kita merasa terisolasi atau disalahpahami.

Hewan peliharaan juga bisa membantu orang dengan kondisi tertentu. Misalnya, orang dengan ADHD memiliki hewan peliharaan akan bermanfaat dari terbentuknya struktur dan rutinitas yang dibutuhkan.

Ini membantu mereka mengelola tanggung jawab untuk memberi makan tepat waktu.

Beberapa orang dengan ADHD hiperaktif, terutama anak-anak dengan bermain bersama hewan peliharaan bisa menjadi cara yang bagus untuk melepaskan kelebihan energi.

2. Merawat hewan peliharaan bisa membuat seseorang merasa bahagia

2. Merawat hewan peliharaan bisa membuat seseorang merasa bahagia
Freepik/freepic.diller

Memiliki hewan peliharaan, misalnya kucing bisa memberikan kita kesibukan rutin. Manfaatnya secara tidak langsung mengalihkan pikiran dari emosi negatif.

Kucing yang terpelihara dengan baik dan sehat bisa membuat pemiliknya juga merasa bahagia. Agar kucing peliharaan tetap terjaga kesehatannya, maka kebersihan, serta asupan nutrisi pada makanannya harus diperhatikan dengan seksama. 

Hewan kesayangan kita harus mengonsumsi makanan yang kaya protein, lemak, serat, vitamin dan air yang berkhasiat untuk kesehatan kulit, rambut, mata, jantung, pencernaan, pertumbuhan otot, dan kekebalan tubuh.

3. Jangan lupa perhatikan vaksinasi hewan peliharaan

3. Jangan lupa perhatikan vaksinasi hewan peliharaan
Freepik

Selanjutnya, kita sebagai pemilik juga harus memperhatikan vaksinasi hewan peliharaan. Agar mereka terhindar dari penyakit yang kemungkinan juga bisa menular kepada manusia. 

Namun, sebelum melakukan hal itu ada beberap hal yang harus kita perhatikan. Misalnya, kucing harus dalam keadaan sehat. Dengan memberikan makanan yang bergizi dan melakukan vaksinasi secara berkala, kucing akan sehat dan sejahtera. 

Ahmad Fachrur Rivai, Head of Corporate Marketing CPPETINDO menjelaskan, tak hanya vaksinasi, steril juga jadi bentuk bahasa sayang kita kepada hewan peliharaan. 

Menurut penelitian, salah satu tujuan proses steril adalah meningkatkan kualitas hidup kucing dan menghindarkannya terkena berbagai macam penyakit. Dikutip dari WebMD, proses steril kucing jantan bisa menghilangkan risiko kucing terkena penyakit kanker testis dan mengurangi risiko kucing terkena kanker pankreas.

Itulah tadi informasi mengenai punya hewan peliharaan dan manfaatnya dengan kesehatan mental yang lebih baik. Wah, memelihara hewan ternyata banyak manfaatnya ya.

Namun, harus tetap diingat kitajuga perlu memerhatikan gizi dan kesehatan mereka juga ya! Jangan asal-asalan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.