Rachel Vennya Tak Berhak Karantina di Wisma Atlet? Ini Penjelasannya!

Kabar terbaru Rachel Vennya kabur dari Wisma Atlet dan hanya menjalani karantina 3 hari

14 Oktober 2021

Rachel Ven Tak Berhak Karantina Wisma Atlet Ini Penjelasannya
Instagram.com/rachelvennya

Selebgram Rachel Vennya dikonfirmasi kabur dari karantina Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara. Rachel dikonfirmasi mangkir dari masa karantina yang seharusnya dilakukan 8 x 24 jam saat itu. 

Rachel diketahui hanya melakukan masa karantina selama 3 x 24 jam saja. Belum lagi, keberadaan Rachel Vennya yang mendapatkan tempat karantina di Wisma Atlet menimbulkan pertanyaan.

Menurut catatan dan peraturan yang dikeluarkan pemerintah ia seharusnya tidak menjalani karantina di sana. 

Sebab, Rachel Vennya tidak termasuk orang yang masuk kategori karantina di Wisma Atlet berdasarkan Keputusan Kepala Satgas Covid-19 Nomor 12/2021 pada 15 September 2021.

Berikut Popmama.com rangkum informasi Rachel Vennya tak berhak karantina di Wisma Atlet, kenapa?

1. Mengacu kepada keputusan Satgas Covid-19 terbaru tahun 2021

1. Mengacu kepada keputusan Satgas Covid-19 terbaru tahun 2021
Instagram/rachelvennya

Dalam keputusan itu terdapat tiga golongan yang berhak mendapatkan penanggungan biaya oleh pemerintah terkait karantina di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, yakni:

  • Para pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Indonesia dan menetap minimal 14 hari di Indonesia.
  • Pelajar atau mahasiswa Indonesia setelah mengikuti pendidikan atau melaksanakan tugas belajar di luar negeri.
  • Pegawai pemerintah yang kembali ke Indonesia setelah melaksanakan perjalanan dinas dari luar negeri.

Dikutip dari berbagai sumber, Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan berkaca ke keputusan itu seharunsya Rachel tidak melakukan karantina di Wisma Atlet sepulang dari Amerika Serikat. Ia menyebut selebgram itu tidak berhak mendapatkan fasilitas itu dari pemerintah. 

Editors' Picks

2. Kabur dari karantina pasca dari luar negeri, Rachel diduga dibantu oknum TNI

2. Kabur dari karantina pasca dari luar negeri, Rachel diduga dibantu oknum TNI
Instagram/rachelvennya

Keputusan pemerintah Indonesia jelas tegas, bagi warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang tiba dari luar negeri wajib menjalani karantina.

Karantina dilaksanakan di tempat akomodasi karantina yang telah mendapat sertifikat penyelenggaraan akomodasi karantina Covid-19 oleh Kemenkes dengan seluruh biaya ditanggung sendiri. 

Hal ini tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021 dan Addendum SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021. 

Kabar terbaru, Rachel Vennya msuk ke Wisma Atlet karena adanya salah satu oknum anggota pengamanan Bandara Soekarno-Hatta (TNI) berinisial FS yang melakukan dugaan tindakan non-prosedural.

FS telah mengatur agar Rachel Vennya bisa menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri.

3. Penyelidikan Rachel Vennya kabur dari Wisma Atlet terus dilakukan

3. Penyelidikan Rachel Ven kabur dari Wisma Atlet terus dilakukan
Instagram/rachelvennya

Selain menyelidiki oknum TNI, diungkapkan Herwin kalau pihaknya juga akan mengembangkan proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut. 

Penyelidikan ini akan dilakukan terhadap tenaga sektor kesehatan, tenaga pengamanan dan penyelenggara karantina lainnya agar diperoleh hasil yang maksimal.

4. Awal mula kabar Rachel Vennya q karantina dan kabur dari Wisma Atlet

4. Awal mula kabar Rachel Ven q karantina kabur dari Wisma Atlet
Instagram/rachelvennya

Kabar Rachel Vennya kabur dari Wisma Atlet bermula dari unggahan seorang pengguna Instagram yang memasukkan data Rachel di Wisma Atlet. 

Dari cerita yang diunggahnya, selebgram itu seharusnya menjalani karantina selama 8 hari, tetapi hanya melakukannya selama 3 hari saja. Lebih lanjut akun tersebut menyebut awalnya Rachel berniat kabur sejak dari bandara.

Namun, niatnya itu diketahui petugas sehingga akhirnya melakukan karantina di Wisma Atlet. Pengakuan itu sontak langsung ramai dibicarakan. 

Banyak warganet yang membandingkan Rachel Vennya dengan artis lain yang tetap menjalani karantina selama 8 hari sepulang dari Amerika Serikat. 

Netizen melihat unggahan di Instagram Rachel Vennya merayakan ulang tahunnya. Padahal selebriti lain yang satu rombongan dengannya masih menjalani karantina di hotel.

Itulah tadi informasi mengenai Rachel Vennya tidak berhak karantina di Wisma Atlet dan alasannya. Semoga dari hal ini kita bisa belajar ya, Ma. 

Penting sekali untuk mengikuti setiap prosedur dari ketentuan pemerintah yang ada. Karena itupun demi kebaikan kita sendiri. Semoga kasus ini segera menemui titik terang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.