Jangan Berlebihan, Ini Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan

Ternyata menimbang berat badan setiap hari salah lho. Yuk, pejuang diet wajib tahu nih!

30 November 2020

Jangan Berlebihan, Ini Waktu Tepat Menimbang Berat Badan
Pexels/Ketut Subiyanto

Menimbang berat badan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui beban massa tubuh seseorang. Rutinitas ini biasa dilakukan bagi orang yang sedang menjalani diet. Meski begitu bagi yang rutin memantau kesehatan secara berkala juga biasanya melakukan penimbangan berat badan dengan rentang waktu tertentu.

Ketika ingin tetap sehat, berat badan ini bisa jadi hal yang penting untuk diperhatikan. Namun, belum banyak yang tahu waktu yang tepat untuk menimbang berat badan agar perhitungan diet bisa berjalan lancar.

Lantas kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk menimbang berat badan? Agar Mama tidak salah lagi, berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Timbanglah berat badan seminggu sekali

1. Timbanglah berat badan seminggu sekali
Freepik/drobotdean

Kadang, karena terlalu gemas dan ingin melihat progres, seseorang bisa menimbang berkali-kali dalam sehari. Hal ini ternyata tidak benar lho. Dikutip dari Healthline, untuk bisa menimbang berat badan dengan akurat maka bisa dilakukan seminggu sekali.

"Tidak ada alasan untuk menimbang diri lebih dari sekali seminggu. Menimbang diri pada saat yang sama setiap minggu akan memberi gambaran yang lebih akurat," ujar Rachel Fine, ahli diet terdaftar dan pemilik To the Pointe Nutrition.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Natasya Limano, seorang trainer yang aktif di media sosial dan sudah bersertifikat dari ACE, sebuah sertifikasi fitness profesional dari Amerika Serikat. Natasya sendiri sering membagikan video TikTok mengenai diet dan kesehatan badan sebagai personal trainer.

“Lakukan di hari yang sama setiap minggu. Pilihlah hari seperti Rabu atau Kamis. Takutnya kalian weekend makan-makan bebas jadi masih ada makanan yang tersisa. Timbang setiap Rabu atau Kamis di situasi badan yang sama,” jelas Natasya.

Editors' Picks

2. Menimbang pada pagi hari

2. Menimbang pagi hari
Unsplash/I Yunmai

Menurut Healthline, angka timbangan berat badan yang naik-turun bisa disebabkan karena menimbang saat perut sudah terisi. Oleh karenanya, untuk menimbang berat badan yang paling akurat lakukanlah di pagi hari.

"(Menimbang diri di pagi hari adalah yang paling efektif) karena tubuh sudah diberi waktu untuk mencerna dan memproses makanan sebelumnya," kata Lauren O'Connor, ahli diet terdaftar dan pemilik Nutri Savvy Health.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Natasya, sebagai personal trainer tersertifikasi ia pun menyarankan agar menimbang berat badan yang tepat saat pagi hari setelah buang air kecil pertama.

“Jadi waktu yang tepat buat menimbang berat badan adalah pagi ketika kalian bangun, (setelah) kencing dan kemudian baru menimbang berat badan,” jelas Natasya.

3. Lakukan dengan cara yang sama secara teratur

3. Lakukan cara sama secara teratur
Freepik/v.ivash

Lakukan dengan cara yang sama setiap melakukan penimbangan. Misalnya, jika menimbang berat badan dalam keadaan minim pakaian dan aksesoris maka berikutnya pun harus seperti itu.

Oleh karenanya, perhatikan apa saja yang melekat dalam tubuh ketika melakukan penimbangan. Mama bisa mencoba menimbang berat badan tanpa pakaian, atau cobalah mengenakan pakaian yang sama dari minggu ke minggu.

4. Terus catat secara berkala perkembangannya

4. Terus catat secara berkala perkembangannya
Freepik

Ketika Mama menimbang diri seminggu sekali, lihatlah perkembangannya setiap kali menimbang. Namun, jika Mama merasakan kecemasan ketika angkanya masih naik-turun maka bisa menyesuaikan dan menyiapkan diri terlebih dahulu.

Dikutip dari Healthline, melacak penurunan berat badan dapat membantu mendapatkan gambaran keseluruhan yang lebih baik tentang apa yang terjadi dengan tubuh Mama. Tentu, hal ini akan membantu Mama mengidentifikasi pola dan bisa memotivasi untuk terus bergerak maju menuju berat badan ideal.

Natasya Limano juga mengingatkan bagi Mama atau orang di luar sana yang melakukan penimbangan berkala, ingat tujuan dari hal tersebut. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips-tips di atas agar pengukurannya semakin maksimal dan tidak salah.

“Tujuannya adalah lakukan dengan konsistensi. Badan kita dalam keadaan yang sama, di hari yang sama, seminggu sekali. Jangan setiap hari menimbang berat badan, bahkan bisa berkali-kali,” tegasnya.

Itulah informasi seputar waktu yang tepat untuk menimbang berat badan. Nah, kalau sudah tahu ini jangan sampai salah lagi ya, Ma. Yuk, bagi perjuang diet bisa langsung diterapkan nih tipsnya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.