Awas! Ada Klaster Ulang Tahun, Covid-19 Bisa Menular Lewat Tiup Lilin

Seorang ahli berpendapat Covid-19 bisa menular karena droplet pada kue ulang tahun pasca tiup lilin

23 November 2020

Awas Ada Klaster Ulang Tahun, Covid-19 Bisa Menular Lewat Tiup Lilin
Pexels/August de Richelieu

Sejumlah ahli masih berdiskusi mengenai cara penularan virus Corona. Saat ini yang bisa dipastikan adalah Covid-19 bisa menular lewat droplet orang yang positif kepada orang lain, atau ketika droplet tersebut memapar benda-benda yang biasa disentuh orang.

Dikutip dari CTV News, beberapa ahli mengatakan kalau Covid-19 juga bisa menular melalui paparan makanan. Hal ini dikatakan oleh seorang profesor ahli pangan, Paul Dawson dari Clemson University di South Carolina, Amerika Serikat.

Ia mengatakan kalau meniup lilin ulang tahun ketika perayaan bisa jadi salah satu cara virus Covid-19 bertransmisi. Sehingga, hal ini menjadi pertanda agar orang-orang perlu mempertimbangkan lagi merayakan ulang tahun dengan meniup lilin.

Bagaimana faktanya? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. 40 orang positif Covid-19 di Karawang dari klaster ulang tahun

1. 40 orang positif Covid-19 Karawang dari klaster ulang tahun
Freepik

Kasus Covid-19 di Karawang semakin bertambah, salah satu yang menghebohkan adalah klaster ulang tahun yang menyebabkan 40 orang positif Covid-19. Dikutip dari berbagai sumber, Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Acep Jamhuri mengakan 40 orang tersebut berasal dari komunitas tari. 

Ia kemudian menceritakan kronologi kejadian itu. Awalnya dari acara perayaan ulang tahun yang mengumpulkan puluhan orang serta berkerumun. Diketahui kalau seseorang diantaranya positif Covid-19 meniup lilin kue yang dikelilingi peserta perayaan. Kejadian ini banyak diberitakan pada pada 10 November 2020.

Acep lalu menjelaskan kalau droplet orang positif itu menyebar ke kue, di mana kuenya dimakan peserta pesta dan mereka bernyanyi bersama. Tradisi ini yang kemudian menciptakan klaster ulang tahun di Karawang. 

Na'asnya, salah satu penyelenggara acara adalah orang yang bekerja di salah satu puskesmas di Karawang.

Editors' Picks

2. Droplet bisa memapar orang lain setelah tiup lilin

2. Droplet bisa memapar orang lain setelah tiup lilin
Freepik/vgstockstudio

Paul Dawson mengatakan bahwa Covid-19 bisa menular ketika salah seorang yang sakit meniup lilin dan berbagi kue dengan orang-orang yang dicintai.

"Saya berpendapat bahwa adanya Covid-19 bisa menjadi akhir dari tradisi ulang tahun seperti meniup lilin dan berbagi kue bersama,” jelasnya kepada CTS News.

Ia menjelaskan, misalnya ada satu orang yang sakit dan meniup lilin maka bisa saja ada beberapa orang yang tidak langsung tertular karena memiliki imunitas yang baik. Namun, bagi orang yang ada di sana dalam kategori rentan maka bisa berbahaya. Penularan ini bisa juga terjadi lewat droplet yang tertinggal di kue ulang tahun yang akan dibagikan.

3. Kue ulang tahun bisa jadi transmisi penularan Covid-19

3. Kue ulang tahun bisa jadi transmisi penularan Covid-19
Freepik

Pada tahun 2017, Paul menulis sebuah penelitian dalam Journal of Food Research, di mana mereka menemukan bahwa kue ulang tahun dengan tradisi tiup lilin terdapat lebih dari 1.400 persen lebih banyak bakteri pada mereka daripada kue yang belum ditiup. Meskipun dalam hal ini, Covid-19 adalah sebuah virus.

"Jelas meniup lilin ulang tahun tak hanya bisa menularkan bakteri, tetapi hal lain yang ada dalam mulut seseorang tersebut," katanya.

Mengutip dari Huff Post, meskipun belum ada studi khusus tentang Covid-19 dan lilin ulang tahun sangat mungkin ritual ini bbisa meningkatkan penularan virus Corona. Kita tahu virus dapat menyebar dalam droplet yang lebih kecil baik dikeluarkan dari hidung dan mulut ketika seseorang mengobrol, tertawa, bernyanyi dan bahkan bernapas.

Partikel-partikel itu kemudian dapat dihirup ke hidung, mulut, saluran udara dan paru-paru orang lain, dan menyebabkan infeksi.

4. Penelitian ini masih akan berkembang ke depannya

4. Penelitian ini masih akan berkembang ke depannya
Freepik

Beberapa ahli percaya bahwa Covid-19 tidak mudah menular lewat makanan. Namun, bagi Paul Dawson ini masih bisa diperdebatkan. Pasalnya, keterangannya berfokus pada makanan atau kue yang sudah memiliki droplet setelah meniup lilin tadi.

”Mungkin saja pernyataan saya akan berkembang nantinya. Namun, jika seseorang meniup lilin di atas makanan tepat sebelum memakannya, maka kemungkinan akan terkenanya bisa tinggi, dan (penelitian tahun 2017) itu adalah contohnya," katanya.

Paul Dawson mengatakan ada banyak alternatif dari meniup lilin ulang tahun yakni mengibaskan tangan ke api lilin, menggunakan pengering rambut atau memberikan cupcake untuk setiap individu dengan satu lilin kepada peserta pesta.

Itulah tadi informasi mengenai droplet yang bisa menularkan virus Corona lewat tradisi tiup lilin di ulang tahun. Setelah ada informasi ini bisa jadi pertimbangan ingin mengadakan ulang tahun kecil-kecilan di rumah ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.