Ini Dia Ragam Cara Mengobati Asam Urat

Ada ragam cara yang bisa dilakukan untuk mengobati asam urat

24 Mei 2019

Ini Dia Ragam Cara Mengobati Asam Urat
Freepik

Saat ini, penyakit asam urat tidak hanya menyerang para lansia, tetapi juga para kaum muda yang tidak menjaga kesehatan dengan baik. Asam urat bisa terjadi saat tubuh kelebihan purin, yaitu protein yang diproduksi oleh tubuh dan juga terkandung pada banyak makanan.

Asam urat dapat menyebabkan sendi terasa sakit, juga menjadi bengkak. Kamu yang kerap mengalami asam urat harus merubah gaya hidup karena perubahan gaya hidup diperlukan agar asam urat tidak semakin parah atau sering kambuh.

Perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan beragam, salah satunya adalah mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membantu meredakan asam urat. Kamu ingin tau apa saja makanan tersebut? Dilansir dari Healthline dan beberapa sumber lainnya ini dia!

1. Ceri

1. Ceri
Freepik/Valeria_aksakova

Untuk mengatasi asam urat, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah ceri. Buah berwarna merah dengan cita rasa manis ini dapat menjadi obat asam urat karena bersifat anti inflamasi. Selain karena bersifat anti inflamasi, ceri juga mengandung allopurinol yang bermanfaat dalam membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ceri sebagai “obat” asam urat, kamu disarankan untuk mengonsumsi sekitar 15-20 buah ceri setiap hari. Atau bisa pula mengolahnya sebagai jus buah.

2. Seledri

2. Seledri
Freepik

Tak hanya digunakan sebagai bahan pelengkap makanan, seledri juga diyakini mampu mngatasi asam urat dengan baik.

Kamu dapat mengonsumsi seledri sebagai lalapan atau menjadikannya sebagai jus agar manfaat dari seledri dalam mengatasi asam urat dapat diperoleh.

Adapun selain bermanfaat dalam mengatasi asam urat, konsumsi seledri juga dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan seperti alergi, rematik, nyeri sendi, hingga menurunkan tekanan darah.

3. Jahe

3. Jahe
Pexels/Pixabay

Bahan alami berikutnya yang bisa mengobati asam urat adalah jahe. Jahe diyakini dapat mengatasi asam urat karena jahe mengandung zat antiinflmasi gingerols dan shogaol yang membantu meredakan gejala asam urat. Untuk mendapatkan manfaat jahe ini, kamu dapat mengonsumsi rebusan air jahe atau teh jahe secara rutin.

Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu juga pula mengompres area yang sakit dengan kompres jahe. Namun lakukan tes terlebih dahulu pada kulit karena pada sebagaian orang, hal ini bisa memicu terjadinya iritasi.

Editors' Picks

4. Pisang

4. Pisang
Pexels/Pixabay

Untuk mengatasi asam urat, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi pisang stidaknya 2 buah pisang dalam sehari untuk membantu mengatasi nyeri.

Pisang dianggap dapat mengatasi asam urat karena kandungan potassium yang terdapat pada pisang dianggap mampu mengubah kristal asam urat menjadi cair sehingga bisa keluar dari dalam tubuh dengan mudah. Jadi sediakan pisang ya, jika kamu memiliki penyakit asam urat.

5. Lemon

5. Lemon
Freepik/Dashu83

Meski masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, kamu juga dapat mengatasi asam urat yang diderita dengan mengonsumsi air lemon.

Meski tampaknya konsumsi air lemon dapat membuat tubuh semakin asam, namun kamu harus tahu, lemon mempunyai efek alkali sehingga mampu menetralkan kadar asam urat. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon juga mampu membantu menurunkan kadar asam urat.

Lakukan ini pula

Lakukan ini pula
Pexels/Burst

Selain memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut, ada beberapa hal pula yang perlu kamu perhatikan dalam meredakan asam urat yang diderita. Inifn tahu apa saja? Dilansir dari Draxe, berikut beberapa di antaranya:

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat
    Selain makanan yang disebutkan tadi, konsumsi makanan tinggi serat juga dapat membantu mengurangi asam urat. Makanan yang tinggi serat dinataranya aneka jenis sayuran, buah-buhana, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Olaharaga secara rutin
    Untuk membantu mengatasi asam urat, kamu disarankan untuk melakukan olahraga rutin sesuai dengan kondisi kesehatanmu. Gejala dari asam urat dapat berukurang jika kamu rutin melakukan olahraga.
  • Menjaga berat badan
    Menjaga berat badan tetap berada pada berat badan normal penting untuk dilakukan. Hal ini karena orang yang menderita obesitas lebih berisiko untuk terkena asam urat.
  • Minum banyak air putih
    Kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari. Konsumsi air putih yang cukup diyakini dapat membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di tubuh.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;