Hati-Hati, Ini 7 Dampak Menggunakan Bra Saat Tidur

Menggunakan bra saat tidur rupanya tidak baik untuk kesehatan

12 Mei 2019

Hati-Hati, Ini 7 Dampak Menggunakan Bra Saat Tidur
Freepik/Senivpetro

Setiap perempuan memiliki kebiasaan yang berbeda saat tidur. Ada yang merasa nyaman-nyaman saja tidur menggunakan bra, ada pula yang merasa lebih nyaman dan bebas saat tidur tidak menggunakan bra.

Perbedaan pendapat soal nyaman tidaknya tidur menggunakan bra memang akan selalu ada.

Namun bagi kamu yang menggunakan bra saat tidur, pastikan bahwa bra yang kamu kenakan tidak terlalu ketat dan kaku. Sebab penggunaan bra yang terlalu ketat membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Kamu ingin tahu apa saja dampak penggunaan bra saat tidur? Dilansir dari Positivemed dan Boldsky, berikut beberapa di antaranya:

1. Menghambat sirkulasi darah

1. Menghambat sirkulasi darah
Freepik/Tirachardz

Menggunakan bra saat tidur, khususnya bra berkawat atau terlalu ketat dapat membuat sirkulasi darah di area payudara menjadi terhambat.

Otot dada bahkan diklaim bisa menjadi sempit akibat tekanan dari bra sehingga sirkulasi darah ke saraf pun juga ikut terhambat.

2. Tidur menjadi kurang nyenyak

2. Tidur menjadi kurang nyenyak
Freepik/Jcomp

Meski kenyamanan setiap orang akan berbeda, namun penggunaan bra saat tidur juga dapat membuat tidurmu menjadi tidak nyenyak.

Mengapa demikian? Hal ini karena saat tidur payudara seharusnya bebas bergerak mengikuti arah gravitasi.

Nah, jika kamu menggunakan bra saat tidur, maka bra bisa menghalanginya sehingga rasa kurang nyaman akan dirasakan sehingga kemungkinan untuk sulit tidur nyenyak bisa saja terjadi.

3. Menyebabkan iritasi

3. Menyebabkan iritasi
rd.com

Tak hanya menghambat sirkulasi dan membuat tidur menjadi kurang nyenyak saja, menggunakan bra saat tidur juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Terlebih jika kamu menggunakan bra yang terlalu ketat atau berkawat.

Selain itu, risiko ini pun akan semakin bertambah jika kamu menggunakan bra dengan ukuran yang tidak pas. Begitupun jika tali bra yang kamu kenakan dipasangan dengan ukuran yang terlalu ketat sehingga risiko untuk alami iritasi kulit pun tidak dihindarkan.

Editors' Picks

4. Hiperpigmentasi

4. Hiperpigmentasi
Unsplash/Gabriel Nunes

Penggunaan bra saat tidur juga berisiko menyebabkan hiperpigmentasi pada payudaramu. Kulit area payudara akan terlihat belang antara area yang sering tertutup bra dengan yang tidak.

Begitupun dengan area kulit di sekitar tali bra dan pengaitnya. Kemungkinan untuk terjadinya hiperpigmentasi juga mungkin untuk terjadi.

5. Tumbuhnya jamur di payudara

5. Tumbuh jamur payudara
Freepik/Tirachardz

Penggunaan bra ketat saat tidur, khususnya saat cuaca sedang panas dapat membuat tubuh berkeringat.

 Nah, kondisi ini dapat membuat area sekitar bra jadi lembab dan bisa membuat jamur lebih mudah berkembang biak, terlebih jika kamu menggunakan bra secara terus menerus.

6. Munculnya kista di payudara

6. Muncul kista payudara
Freepik

Penggunaan bra saat tidur juga diyakini dapat menyebakan peradangan yang menyebabkan terbentuknya benjolan atau kista di payudara.

Tak percaya? Seorang dokter sekaligus penulis bernama Jhon McDougall mengungkapkan bahwa penggunaan bra terlalu ketat saat tidur dapat menyebabkan peradangan yang mungkin menyebabkan munculnya benjolan.

7. Memicu kanker

7. Memicu kanker
Freepik

Meski hal ini masih menjadi perdebatan, banyak orang yang percaya bahwa penggunaan bra ketat saat tidur dapat memicu kanker payudara.

Pro dan kontra terkait dampak penggunaan bra satu ini nampaknya memang perlu diteliti lebih lanjut. Hal ini karena ada studi yang mengaitkan antara pemakaian bra saat tidur dengan kanker, tetapi adapula studi lain yang mengungkapkan hasil yang berbeda terhadap penggunaan bra saat tidur.

Bacajuga: Jangan Anggap Remeh! Ini 7 Tanda Kanker yang Sering Diabaikan

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!