5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Ada beragam manfaat bawang putih untuk kesehatan

24 Mei 2019

5 Manfaat Bawang Putih Kesehatan
Freepik/Topntp26

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang wajib tersedia di dapur. Ini karena dengan menambahkan bawang ke dalam masakan yang kamu masak, masakan tersebut menjadi lebih sedap sekaligus lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Manfaat bawang putih tidak hanya sekedar membuat masakan menjadi lebih lezat saja, tetapi juga membawa beragam manfaat untuk kesehatan. Bahkan sejak zaman Romawi, bawang putih telah terbukti sebagai obat tradisional untuk meringkan berbagai macam penyakit sehingga bumbu dapur satu ini kerap dijadikan sebagai obat.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan sebenarnya beragam. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa di antaranya:

1. Mengatasi flu

1. Mengatasi flu
Freepik/evening_tao

Dilansir dari The Sun, kandungan vitamin C, selenium, dan senyawa sulfur yang terdapat pada bawang putih mampu meningkatkan imunitas tubuh orang yang sedang menderita flu. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa kandungan alisin yang terdapat pada bawang putih juga mampu mengatasi flu.

Untuk itu, bagi kamu yang sedang menderita flu, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bawang putih sebagai “obat”. Kamu dapat mengonsumsi bawang putih mentah secara langsung atau mencampurkannya pada sup yang dikonsumsi untuk membantu meringankan sakit flu yang sedang diderita.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Freepik

Kamu harus tahu, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara signifikan dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.

Jadi buat kamu yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih secara rutin. Atau bisa pula mengonsumsi suplemen bawang putih sesuai dengan arah dokter.

Karena jika tekanan darah terkontrol dengan baik, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke dapat berkurang.

Editors' Picks

3. Menurunkan kadar kolesterol

3. Menurunkan kadar kolesterol
Freepik/Tirachardz

Meski tidak bisa menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki peranan yang cukup baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Tentu ini juga kabar yang baik, karena seperti yang diketahui, kolesterol jahat memiliki pengaruh yang buruk terhadap kesehatan, terlebih jika dalam kadar yang tinggi.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko serangan penyakit jantung dan stroke sehingga perlu mengontrolnya dengan baik agar bahayanya dapat kamu minimalisir.

4. Menjaga kesehatan otak

4. Menjaga kesehatan otak
india.com

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, bawang putih rupanya juga bermanfaat bagi kesehatan otak.

Kamu harus tahu, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Missory menemukan bahwa turunan karbohit yang terdapat pada bawang putih (FruArg) mampu melindungi sel otak terhadap efek penuan dan penyakit.

5. Memperkuat kesehatan tulang

5. Memperkuat kesehatan tulang
Freepik

Tak hanya andungan kalsium dan vitamin D saja, kandungan flavonoid yang terdapat pada bawang putih juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang.

Berdasarkan penelitian yang dirilis Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics, mengungkap bahwa kandungan flavonoid memiliki potensi untuk meningkatkan pembentukan tulang sekaligus memperlambat proses pengeroposan mineral.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!