Diburu Saat Bulan Puasa, Ini 7 Manfaat Blewah untuk Kesehatan

Ada beragam manfaat konsumsi buah blewah yang sayang untuk dilewatkan

16 Mei 2019

Diburu Saat Bulan Puasa, Ini 7 Manfaat Blewah Kesehatan
Instagram/Gofruit.id

Blewah merupakan salah satu buah yang sangat populer di bulan puasa. Buah yang kerap dijadikan sebagai bahan minuman untuk berbuka puasa ini tak hanya memilki cita rasa yang segar, tetapi juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam blewah beragam, selain beta karoten, blewah juga mengadung magnesium, kalium, asam folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan serat yang cukup tinggi.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada blewah ini membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Medical News Today dan beberapa sumber lainnya, berikut manfaat blewah untuk kesehatan:

1. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

1. Baik kesehatan kulit rambut
Freepik/Katemangostar

Blewah termasuk buah yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi sehingga konsumsi buah blewah baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Kandungan vitamin A yang terdapat pada blewah misalnya, diklaim dapat menutrisi rambut dengan baik sehingga kelembapan rambut dapat tetap terjaga.

Untuk kulit, vitamin A berperan membantu mencerahkan warna kulit dan mencegah penuan dini. Sedangkan kandungan vitamin C yang terdapat pada blewah mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga kulitmu juga akan lebih terjaga kesehatannya.

2. Baik untuk pencernaan

2. Baik pencernaan
Freepik/Jcomp

Konsumsi buah blewah juga membawa manfaat bagi kesehatan saluran cerna. Selain karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, buah blewah juga tinggi akan kandungan air sehingga dapat menghidrasi tubuh dengan baik.

Konsumsi buah blewah secukupnya, dapat membantu mencegah terjadinya sembelit, tak terkecuali sembelit di bulan puasa.

Baca juga:

3. Mencegah penyakit kanker

3. Mencegah penyakit kanker
Freepik/Pressfoto

Blewah mengandung karatenoid yang cukup tinggi sehingga konsumsi buah blewah secara teratur diyakini dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker.

Kandungan karatenoid bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang memicu penyakit kanker, terutama pada kanker paru dan kanker kulit.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh! Ini 7 Tanda Kanker yang Sering Diabaikan

Editors' Picks

4. Menurunkan tekanan darah

4. Menurunkan tekanan darah
Freepik

Sementara itu, dilansir dari I Love India, kandungan kalium yang terdapat pada blewah mampu membantu menurunan tekanan darah.

Tak hanya itu saja, kandungan kalium yang terdapat pada buah blewah juga bermanfaat dalam menjaga fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik

Selain baik untuk kesehatan kulit dan rambut, kandungan vitamin C juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu ingin tahu alasannya mengapa?

Alasannya karena vitamin C memiliki peranan penting dalam merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh yang berperan dalam melawan bakteri dan virus yang membahayakan tubuh.

6. Baik untuk kesehatan perempuan hamil

6. Baik kesehatan perempuan hamil
Freepik/Senivpetro

Bagi kamu yang sedang hamil, konsumsi buah blewah secukupnya mampu membantu memenuhi kebutuhan asam folat. Hal ini karena dalam buah blewah terkandung asam folat yang cukup tinggi sehingga mampu mendukung kesehatan janin dalam kandungan dengan baik.

Selain itu, konsumsi buah blewah saat hamil juga dapat membantu mengurangi risiko perempuan hamil menderita anemia. Hal ini karena kandungan zat besi dan vitamin C dalam blewah cukplah tinggi.

7. Membantu menurunkan berat badan

7. Membantu menurunkan berat badan
Unsplash/I Yunmai

Bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, memasukkan buah blewah ke dalam menu dietmu cukup disarankan. Hal ini karena blewah mengandung serat yang cukup tinggi sehingga konsumsi blewah daapt membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah blewah dapat membuat kamu merasa kenyang cukup lama. Selain itu,

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!