Waspada, Ternyata Ini Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk tak kunjung sembuh bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius yang diderita

9 April 2019

Waspada, Ternyata Ini Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh
Freepik

Saat menderita batuk, tentu Mama akan mencari tahu cara untuk menyembuhkannya. Sebab meski umumnya batuk bukan penyakit yang serius, ketidaknyamanan yang ditimbulkan bisa mengganggu aktivitas harian yang Mama lakukan. 

Batuk sendiri sebenarnya tidak memerlukan perawatan yang serius karena umumnya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Mama hanya perlu beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan minum air yang banyak agar tubuh cepat pulih. Jika cara tersebut telah dilakukan dan batuk Mama terasa mengganggu, konsumsi obat batuk bisa menjadi solusi.

Namun jika batuk yang Mama derita tak kunjung sembuh, Mama patut waspada. Sebab pada beberapa kasus, batuk tak kunjung sembuh bisa menjadi sinyal adanya penyakit yang diderita.

Mama ingin tahu apa saja? Dilansir dari Womens Health dan Health.com berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh:

1. Asma dan alergi

1. Asma alergi
Freepik

Batuk tak kunjung sembuh bisa menjadi pertanda Mama menderita penyakit asma atau alergi, terlebih jika disertai dengan sesak napas.

Untuk mengetahui apakah batuk yang Mama derita disebabkan oleh asma atau alergi, coba perhatikan beberapa kondisi tubuh Mama.

Jika Mama mengalami batuk tak kunjung sembuh dan batuk semakin parah saat menyentuh bulu hewan, terkena debu, atau menghirup serbuk sari, maka kemungkinan besar batuk tak kunjung sembuh yang Mama derita disebabkan karena alergi atau asma.

Baca juga:

2. Asam lambung naik (GERD)

2. Asam lambung naik (GERD)
Freepik

Gejala umum dari asam lambung naik atau GERD memang munculnya sensasi terbakar pada bagian dada atau heartburn. Namun itu tak menjadi satu-satunya, Mama juga bisa mengalmai batuk yang tak keunjuung sembuh akibat darin naiknya asam lambung.

Bahkan bisa dikatakan bahwa GERD menjadi salah satu penyebab batuk kronis yang paling umum meski hingga saat ini tidak diketahui pasti apa yang menjadi penyebabnya.

3. Pertusis atau batuk rejan

3. Pertusis atau batuk rejan
Freepik/Katemangostar

Penyebab batuk susah sembuh berikutnya adalah pertusis atau batuk rejan. Pertusis merupakan penyakit pernapasan yang dapat menular melalui mulut dan hidung akibat adanya infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan Ma.

Gejala awal dari penyakit ini terbilang hampir mirip dengan flu Ma, yaitu munculnya batuk ringan, demam, dan juga pilek. Namun karena adanya infeksi, batuk menjadi tak kunjung sembuh bahkan tak jarang menyebabkan Mama sulit bernapas.

Baca juga: Sebabkan Epilepsi, Ketahui 5 Fakta Mengenai Batuk Rejan pada Anak!

Editors' Picks

4. Pneumonia

4. Pneumonia
Freepik

Batuk yang tak kunjung sembuh juga erat dikatikan dengan penyakit pneumonia.

Jika batuk yang Mama derita tak kunjung sembuh setelah 10 hari dan gejala lain seperti nyeri dada, demam, sulit bernapas, detak jantung cepat, mual dan muntah, keluar lendir berwarna hijau atau kekuningan saat batuk, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

 Sebab gejala yang disebutkan tadi menjadi bagian dari penyakit pneumonia.

5. Tuberkulosis

5. Tuberkulosis
Freepik/Katemangostar

Salah satu gejala tuberkulosis (TB) adalah batuk yang tak kunjung smebuh Ma. Penyakit yang disebabkan oleh kuman tuberkulosis ini tak hanya ditandai dengan batuk yang tak kunjung sembuh, tetapi juga ditandai dengan gejala lain seperti nyeri dada, kelelahan, penurunan berat badan, demam, berkeringat di malam hari, bahkan tak jarang ada yang mengalami batuk berdarah.

Nah, Mama yang menderita batuk tak kunjung sembuh dengan disertai gejala lain yang disebutkan tadi disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Karena bisa jadi batuk tak kunjung sembuh yang Mama derita berkaitan dengan adanya penyakit teberkulosis yang bersarang di tubuh.

6. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

6. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Freepik

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) juga bisa menjadi penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh Ma.

PPOK ditandai dengan batuk yang tak kunjung sembuh disertai dengan dahak yang berwarna kuning atau hijau, sesak napas, napas berbunyi, lemas, dan nyeri dada.

Meski umumnya diderita perokok, penyakit ini bisa juga diderita siapa saja, terlebih jika ada riwayat keturunan penyakit ini.

Itulah 6 penyebab penyakit batuk susah sembuh. Bahkan kadang membuat kamu merasa lelah karena obat sepertinya sudah tidak mempan lagi. Sebagai saran, segera periksakan ke dokter dan temukan jenis penyebab utamanya lalu segera atasi dengan pengobatan yang tepat.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!