Terasa Sangat Mengganggu, Ini 5 Penyebab Mulut Terasa Pahit

Mulut pahit bisa disebabkan oleh beragam hal, ini bisa menandakan kondisi kesehatan kamu lho!

12 Juli 2019

Terasa Sangat Mengganggu, Ini 5 Penyebab Mulut Terasa Pahit
foodandnutrition.org

Umumnya rasa pahit pada mulut dirasakan saat kamu mengonsumsi makanan dengan citarasa yang pedas atau getir. Namun, rupanya tidak hanya itu saja yang bisa menyebabkan mulut terasa pahit.

Ada beberapa faktor lain yang mungkin berkontribusi terhadap rasa pahit pada mulut yang mungkin tidak kamu sadari. Kamu penasaran dengan penyebab dari mulut pahit yang kamu rasakan?

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari mulut terasa pahit.

1. Mulut kering

1. Mulut kering
peoriapublicradio.org

Mulut kering bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Kondisi ini terjadi saat kelenjar ludah tidak memproduksi air liur yang cukup. Nah, saat produksi air liur tidak cukup, kuman dan bakteri mulut akan terakumulasi sehingga mulut dapat terasa pahit.

Adapun penyebab mulut kering beragam, di antaranya dapat disebabkan oleh sering merokok, dehidrasi, konsumsi obat tertentu, dan efek penuanan.

2. Kebersihan mulut yang tidak terjaga

2. Kebersihan mulut tidak terjaga
Freepik/katemangostar

Mulut pahit juga bisa disebabkan karena kesehatan mulut yang tidak terjaga. Kamu yang memiliki masalah gigi berlubang dan malas menyikat gigi lebih berisiko untuk mengalami mulut pahit.

Hal ini karena bakteri dan kuman yang menumpuk di mulut akan berkembang dan menyebabkan mulut terasa pahit. Jadi, ada baiknya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dengan baik agar masalah mulut pahit tidak menghampirimu.

Editors' Picks

3. Naiknya asam lambung

3. Naik asam lambung
Freepik

Mulut terasa pahit juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung. Kondisi yang disebut dengan gastroesphageal Reflux Disease (GERD) ini terjadi saat otot bagian bawah esophagus tidak berfungsi secara semestinya sehingga asam lambung naik menuju esophagus.

Kondisi ini tidak hanya menyebabkan mulut terasa pahit, tetapi juga dapat menyebkan nyeri ulu hati, kembung, hingga sesak napas. Kamu yang memiliki pola makan buruk, makan berlebih, gemar mengonsumsi makanan pedas dan berlemak dan sedang menderita stres terbilang berisiko untuk mengalami GERD.

4. Perubahan hormon

4. Perubahan hormon
Pixabay/Mirlidera

Mulut terasa pahit juga dikaitkan dengan perubahan hormon. Kamu yang sedang hamil mungkin untuk mengalami mulut pahit akibat dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Selain pada perempuan hamil, perempuan yang sedang mengalami menopause juga dapat mengalami mulut pahit. Mulut pahit yang dialami perempuan menopause umumnya dikaitkan dengan rendahnya kadar estrogen dalam tubuh.

5. Menderita penyakit tertentu

5. Menderita penyakit tertentu
Freepik/Tirachardz

Selain disebabkan GERD, beberapa kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan mulutmu terasa pahit. Kamu yang menderita sinusitis dapat mengalami mulut pahit karena kemampuan lidah dalam mengecap rasa menjadi menurun.

Selain itu beberapa penyakit yang disebabkan oleh kerusakan saraf juga dapat menyebabkan mulut terasa pahit. Hal ini karena indera perasa terhubung langsung dengan saraf otak sehingga saat adanya kerusakan saraf, indera pengecap cenderung tidak bisa mendeteksi rasa dengan baik.

Nah, kerusakan saraf yang mungkin bisa membuat mulut terasa pahit di antaranya epilepsi, multiple sclerosis, tumor otak, dan demensia.

Baca juga: Pasca Operasi Tumor Otak, Tya Ariestya Pantau Kesehatan Sang Mama

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!