Tips Memberikan Angpao Lebaran untuk Anak

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memberikan angpao di hari Lebaran

4 Juni 2019

Tips Memberikan Angpao Lebaran Anak
disway.id

Memberikan angpao atau THR di hari Lebaran memang menjadi tradisi. Umumnya, angpao Lebaran berisikan sejumlah uang dan diberikan kepada anak-anak di lingkungan sekitar seseorang, baik itu keluarga, teman, hingga para tetangga. 

Pemberian angpao sendiri sebenarnya bertujuan untuk berbagi kebahagian dalam menyambut hari raya. Juga sebagai sebagai ajang pemberian "bonus" kepada anak-anak karena telah berlaku baik ataupun menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Pemberian Angpao di saat Lebaran juga punya sejarah sendiri. Sama halnya dengan masyarakat Tionghoa, masyarakat Arab juga memiliki tradisi memberikan angpao di hari Lebaran

Masyarakat Arab biasanya akan berkumpul di masjid, bersalam-salaman dan memberikan hadiah setelah melaksanakan Shalat Idul Fitri. Nah, kebiasaan inilah yang akhirnya menjadi tradisi dan juga berkembang di Indonesia. 

Lalu kira-kira apa sih tujuan pemberian angpao? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuan dan tips memberikan angpao di hari Lebaran. 

Manfaat memberikan angpao di hari Lebaran

Manfaat memberikan angpao hari Lebaran
fashionstoresonline.xyz

Sebenarnya, pemberian angpao di hari Lebaran juga memiliki beragam manfaat yang bisa "ditularkan" anak di kemudian hari. Manfaat tersebut di antaranya:

  • Mengajarkan anak berbagi
    Pemberian angpao di hari Lebaran sebenarnya dapat menjadi ajang untuk mengajarkan anak arti dari berbagi. Kamu bisa memberikan pengertian kepada anak bahwa saat Lebaran dan memiliki rejeki lebih, ada baiknya untuk berbagi kepada orang lain yang membutuhkan. 
  • Mengajarkan anak mengelola uang
    Meski anak belum mengerti sepenuhnya mengenai konsep mengelola uang, ajang pemberian atau penerimaan angpao di hari Lebaran bisa menjadi ajang mengajarkan anak mengelola uang. 
    Beri pengertian kepada mereka bahwa untuk memberikan uang angpao, para kerabat harus bekerja lebih dahulu untuk mendapatkannya dan memberikannya. Dengan begitu anak jadi tahu bahwa perlu adanya usaha untuk mendapatkan uang. 
  • Mengajarkan anak menabung
    Ini juga dapat dijadikan sebagai momen untuk mengajarkan anak menabung. Beri tahu kepadanya bahwa selain membeli barang yang diinginkannay, ia juga perlu untuk menabung sisa uang yang dimilikinya. Berikan pengertian kepadanya bahwa dengan menabung, ia memiliki uang yang bisa dipergunakan di kemudian hari.
  • Mengajarkan anak untuk memilih
    Tak hanya itu saja, Kamu juga dapat menjadikan momen ini sebagai ajang untuk anak "memilih". Beri tahu kepadanya dengan uang yang dimilikinya, ia dapat membeli barang yang diinginkannya. Namun beri tahu pula, bahwa tidak semua dapat dimilikinya dengan uang tersebut. Ia harus memilih barang mana yang lebih dibutuhkan. Dengan cara ini, anak juga belajar untuk memutuskan. 
  • Ajarkan untuk berbagi
    Kamu juga harus mengajarkan anak untuk berbagi kepada orang lain yang kurang mampu. Beritahu kepadanya pentingnya untuk memberi kepada orang yang tidak mampu dari sebagian uang yang diberikan. Berikan pengertian kepadanya bahwa betapa berutungnya ia dibandingkan dengan anak-anak yang kurang mampu. Dengan mengajarkan anak memberi, anak akan terbiasa untuk berbagi di kemudian hari. 

Editors' Picks

Tips memberikan angpao di Lebaran

Tips memberikan angpao Lebaran
doddolide.blogspot.com

Memberikan angpao di hari Lebaran memang menjadi tradisi. Namun ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan dalam mengelola uang angpao. Berikut beberapa di antaranya: 

  • Berikan dengan iklas
    Agar pemberian angpao Lebaran tidak "sia-sia", kamu harus memberikannya dengan ikhlas. Hal ini agar apa yang kamu berikan membawa berkahh, membawa manfaat untuk orang lain, dan pahala untukmu. Ingin tahu konsep salah satu ciri dari ikhlas? Kamu tidak mengungkit kembali apa yang telah kamu berikan dan tidak mengharap apa-apa setelah memberikannya. 
  • Sesuaikan dengan kemampuan
    Pemberian angpao kepada anak-anak di hari Lebaran memang menjadi tradisi. Namun sesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Jangan sampai hanya karena gengsi, kamu menjadi terberatkan dengan pemberian angpao kepada kerabat, saudara, ataupun tetangga lingkungan sekitar. 
    Kamu memang perlu berbagi, tapi kamu juga harus memperhitungkan dan memberikan angpao sesuai dengan kapasitas keuangan yang dimiliki. 
  • Berikan secara adil
    Kamu disarankan untuk bersikap adil dalam memberikan angpao di hari Lebaran. Pastikan bahwa kamu memberikan angpao sesuai kebutuhan atau porsinya. Anak yang kurang mampu misalnya, dapat kamu berikan angpao dengan nominal yang lebih untuk membantu meringankan beban orang tuanya. Atau jangan menyamakan pemberian angpao antara anak yang masih SD dengan SMP ataupun SMA karena kebutuhan mereka jelas sudah berbeda.  

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.