5 Bahan Rempah yang Bermanfaat bagi Kesehatan, Semuanya Ada di Dapur!

Selain menambah cita rasa masakan, rempah juga bermanfaat bagi kesehatan

21 Oktober 2021

5 Bahan Rempah Bermanfaat bagi Kesehatan, Semua Ada Dapur
Freepik/sri_sakorn42

Rempah adalah bagian dari tanaman dengan aroma yang kuat dan biasanya digunakan dalam jumlah kecil pada masakan. Bukan hanya itu, bahan rempah juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional karena memiliki kasiat untuk kesehatan.

Saat ini sudah banyak penelitian dilakukan terhadap bahan-bahan rempah. Hasilnya, semakin banyak diketahui bahwa bahan rempah punya segudang manfaat bagi kesehatan.

Jadi penggunaan bahan rempah sekarang menjadi sangat penting nih, Ma. Bukan hanya menambahkan cita rasa pada masakan, tapi juga untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

Mama penasaran, bahan rempah apa saja yang bermanfaat bagi kesehatan?

Yuk, simak informasi yang telah berhasil Popmama.com rangkum dari Healthline, tentang 5 bahan rempah yang bermanfaat bagi kesehatan.

1. Kayu manis bisa menurunkan kadar gula darah

1. Kayu manis bisa menurunkan kadar gula darah
Freepik/Dvulikaia

Kayu manis adalah salah satu jenis bahan rempah yang sangat terkenal. Ini bisa Mama temukan pada hampir setiap resep makanan yang dipanggang.

Rempah yang satu ini punya kandungan antioksidan yang kuat untuk membantu melawan peradangan, dan terbukti menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Khasiat obat pada kayu manis tidak lepas dari kandungan senyawa yang disebut cinnamaldehyde.

Banyak orang mengenal kayu manis, karena manfaatnya dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kayu manis menurunkan gula darah dengan beberapa cara Ma, diantaranya memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sebuah penelitian menemukan bahwa, kayu manis bisa menurunkan kadar gula darah puasa pada pasien diabetes sebanyak 10-29%. Dimana jumlah penurunan ini sangatlah berarti bagi mereka yang menderita diabetes.

Dosis efektif dalam mengonsumsi kayu manis adalah 0,5 - 2 sendok teh kayu manis per hari, atau setara dengan 1 - 6 gram.

Editors' Picks

2. Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antiinflamasi

2. Kunyit mengandung kurkumin bersifat antiinflamasi
Freepik/Tascha1

Kunyit punya kandungan senyawa antioksidan kuat bernama kurkumin. Kurkumin bisa membantu tubuh melawan kerusakan oksidatif dan memperkaya enzim dalam tubuh.

Hal ini sangat penting Ma, karena kerusakan oksidatif dipercaya sebagai salah satu mekanisme dibalik penuaan dan munculnya masalah kesehatan.

Kurkumin juga bersifat antiinflamasi, bahkan menurut penelitian kurkumin sangat efektif digunakan bersama dengan obat antiinflamasi. Jadi nggak heran ya, kalau kurkumin dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Hasil studi menunjukkan bahwa, kurkumin pada kunyit bisa membantu meningkatkan fungsi otak, melawan alzheimer, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, serta meredakan gejala radang sendi.

3. Cabai cayenne punya kandungan capsaicin yang bisa membantu membakar lemak tubuh

3. Cabai cayenne pu kandungan capsaicin bisa membantu membakar lemak tubuh
Pexels/Lum3n.com

Cabai cayenne adalah jenis cabai terpedas di dunia, yang banyak digunakan untuk menyiapkan hidangan pedas. Rasa pedas dari cabe cayenne tidak jauh berbeda dengan cabai rawit pada umumnya, Ma. Di dalamnya terdapat kandungan capsaicin, zat aktif yang menimbulkan rasa pedas dan panas.

Capsaicin dalam beberapa penelitian, telah terbukti membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak. Karena alasan ini, banyak suplemen penurun berat badan yang diperjualbelikan, menggunakan cabai cayenne sebagai campurannya.

Penelitian lain yang dilakukan selama enam minggu pada 25 orang dewasa dengan berat normal, mendapatkan hasil bahwa cabai cayenne meningkatkan suhu tubuh dan jumlah kalori yang dibakar. Dimana mereka yang diteliti, hanya makan setengah sendok teh cabai cayenne bersamaan dengan makanan yang dimakan.

Artinya, cabai cayenne memang memiliki efek menekan nafsu makan dan membakar kalori dalam tubuh.  

4. Jahe mengandung antiinflamasi dan terkenal bisa mengobati rasa mual

4. Jahe mengandung antiinflamasi terkenal bisa mengobati rasa mual
Pixabay/jmexclusives

Jahe adalah bahan rempah yang baik bagi kesehatan tubuh. Jahe telah banyak digunakan sebagai campuran obat dalam pengobatan tradisional.

Salah satu manfaat jahe yang terkenal adalah mengobati mual. Ini termasuk mual yang disebabkan oleh morning sickness saat hamil, kemoterapi atau mabuk laut.

Tak hanya itu lho Ma, jahe juga memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sehingga bisa membantu mengatasi rasa sakit akibat peradangan pada tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang yang berisiko terkena kanker usus besar, menemukan kalau mengonsumsi 2 gram ekstrak jahe per hari mampu menurunkan penanda peradangan usus besar. Ini bekerja dengan cara yang sama seperti obat aspirin.

Sedangkan penelitian lain menemukan bahwa, mengonsumsi campuran jahe, kayu manis, damar wangi dan minyak wijen secara bersamaan, bisa menurunkan rasa sakit dan kekauan yang dialami penderita osteoarthritis.

Ini juga memiliki efektivitas yang sama dengan obat aspirin dan ibuprofen.

5. Bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi

5. Bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol tekanan darah tinggi
Pexels/Nick Collins

Pasti kamu sudah nggak asing dengan bawang putih kan? Bawang putih adalah bahan rempah yang hampir digunakan pada setiap masakan dan pengobatan tradisional, karena memiliki khasiat obat.

Bawang putih punya aroma yang khas bernama allicin. Senyawa ini tak hanya memberikan aroma, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan tubuh saat mengonsumsi bawang putih diantaranya, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit kanker, menurunkan kadar kolesterol, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut penelitian, kandungan nutrisi pada bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol total dan LDL sekitar 10 – 15 %. Tentu ini jadi kabar baik bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Selain itu penelitian lain juga menemukan bahwa, suplemen bawang putih bisa membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan, pada orang yang menderita tekanan darah tinggi. Bahkan, ini hampir sama manfaatnya dengan obat penurun tekanan darah.

Nah, itulah tadi 5 bahan rempah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Coba di cek, apakah semua bahan rempah ini ada di dapur, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.