6 Manfaat Mengonsumsi Buah Nanas untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Nanas tak hanya manis dan segar, tapi juga menyehatkan!

26 September 2021

6 Manfaat Mengonsumsi Buah Nanas Kesehatan, Bisa Cegah Kanker
Pexels/shvets production

Nanas adalah salah satu buah tropis yang memiliki rasa manis dan segar.

Mengonsumsi buah nanas, secara tidak langsung juga menawarkan kamu beberapa manfaat kesehatan. Salah satunya, nanas mengandung bromelain yang membantu kamu mengurangi terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Dilansir dari  Data Komposisi Pangan Indonesia, Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram buah nanas segar mengandung  88,9 g air, 40 kal energi, 0,6 g protein, 9,9 g karbohidrat, 0,6 g serat, 22 mg kalsium, 14 mg fosfor, 18 mg natrium, 111 mg kalium, dan 22 mg vitamin C.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Bulan September 2016 di Biomedical Reports, buah nanas telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak zaman kuno. Ini karena, buah nanas mengandung vitamin C, vitamin B, serat dan mineral yang baik seperti mangan.

Tapi tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kamu rasakan, saat kamu menambahkan potongan buah nanas ke dalam camilan sehat kamu.

Dilansir dari Healthline, berikut ini Popmama.com telah merangkum 6 manfaat buah nanas untuk kesehatan. Salah satunya bisa membantu kamu mencegah penyakit kanker lho. Yuk, simak informasi lebih lengkapnya!

1. Mengandung antioksidan yang bisa menangkal berbagai macam penyakit

1. Mengandung antioksidan bisa menangkal berbagai macam penyakit
Freepik/mdjaff

Tak hanya mengandung banyak nutrisi, nanas juga dikenal sebagai buah dengan kandungan antioksdian yang baik untuk tubuh. Antioksidan adalah salah satu zat yang dapat membantu tubuh mencegah dan melawan kerusakan sel, akibat radikal bebas.

Radikal bebas berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan penyakit berbahaya lainnya.

Kamu disarankan mengonsumsi buah ini, karena kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik. Terlebih lagi, antioksidan dalam nanas ini bersifat terikat, sehingga menghasilkan efek yang lebih tahan lama atau jangka panjang, sekalipun dalam kondisi kronis.

2. Enzim yang terkandung dalam buah nanas membantu proses pencernaan makanan

2. Enzim terkandung dalam buah nanas membantu proses pencernaan makanan
Freepik

Buah nanas mengandung sekelompok enzim bernama bromelain, yang baik untuk pencernaan kamu. Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi seperti asam amino dan peptide. Sehingga membuat protein lebih mudah diserap oleh usus kecil.

Kondisi ini sangat membantu bagi orang yang memiliki insufisiensi pankreas, yaitu kondisi dimana pankreas tidak dapat menghasilkan enzim yang cukup, untuk membantu proses pencernaan kamu.

Editors' Picks

3. Mengonsumsi buah nanas bisa menurunkan risiko penyakit kanker

3. Mengonsumsi buah nanas bisa menurunkan risiko penyakit kanker
Freepik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, buah nanas dan senyawanya bisa membantu tubuh mengurangi risiko kanker. Ini karena, kandungan tersebut bisa meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Seperti yang kita ketahui, kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangan dan pertumbuhan sel ini, berhubungan dengan terjadinya stres oksidatif dan peradangan kronis.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian, enzim bromelain pada buah nanas juga membantu kamu melawan kanker. Enzim ini bisa menekan pertumbuhan sel kanker di payudara, dan merangsang kematian sel kanker tersebut.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh dan meredakan peradangan

4. Meningkatkan kekebalan tubuh meredakan peradangan
Freepik

Buah nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. Vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang terkandung di dalamnya, bekerja secara bersamaan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan peradangan.

Buah ini diyakini bersifat antiinflamasi, yang bisa membantu sistem imun melawan gangguan pada tubuh. Selain itu menurut penelitian, enzim bromelain pada buah nanas bisa mengurangi gejala peradangan seperti nyeri, bengkak dan kemerahan pada kulit.

5. Nutrisi dalam buah nanas bisa meringankan gejala arthritis

5. Nutrisi dalam buah nanas bisa meringankan gejala arthritis
Freepik/user18526052

Arthritis kebanyakan melibatkan peradangan pada persendian. Menurut penelitian sejak tahun 1960-an, kandungan bromelain banyak digunakan untuk meredakan gejala rheumatoid arthritis, sejenis radang sendi yang menyebabkan terjadinya kemerahan, bengkak dan nyeri pada sendi.

Selain itu, telah dilakukan analisis mengenai kemampuan bromelain dalam mengobati radang sendi. Hasilnya, bromelain bisa membantu kamu meringankan gejala arthritis, namun ini bersifat jangka pendek. Ini termasuk juga pasa pasien dengan kondisi osteoartritis.

Nah, karena nanas punya kandungan bromelain yang bersifat antiinflamasi, buah ini dianggap bisa meredakan nyeri bagi mereka yang menderita radang sendi.

6. Membantu tubuh mempercepat pemulihan pasca operasi

6. Membantu tubuh mempercepat pemulihan pasca operasi
Freepik/wayhomestudio

Mengonsumsi buah nanas, bisa membantu kamu mempercepat proses pemulihan pasca operasi, maupun setelah melakukan olahraga berat. Sebagian besar ini disebabkan oleh sifat antiinflamasi dari bromelain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, bromelain juga bisa mengurangi peradangan, pembengkakan dan memar atau nyeri yang sering terjadi pasca operasi. Satu penelitian lain menunjukkan bahwa, mengonsumsi bromelain sebelum operasi gigi, secara signifikan bisa mengurangi rasa sakitnya.

Sedangkan, pada saat kamu melakukan olahraga berat, biasanya jaringan otot akan mengalami kerusakan dan menyebabkan peradangan. Ini membuat kekuatan otot kamu berkurang, dan menimbulkan rasa sakit hingga beberapa hari. Bromelain diyakini bisa mempercepat pemulihan kerusakan otot, dengan cara mengurangi peradangan disekitar jaringan otot yang rusak.

Resep Smoothie Buah Nanas

Resep Smoothie Buah Nanas
Freepik/Jcomp

Selain mengonsumsinya dalam bentuk buah utuh, kamu bisa juga membuat nanas menjadi smoothie segar dengan campuran berbagai macam buah-buahan. Membuatnya cukup mudah kok, karena kamu hanya perlu menggunakan 5 bahan dan butuh waktu selama 5 menit.

Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat smoothie buah nanas segar.

Bahan-bahan:

  • ½ buah nanas
  • 1 buah pisang
  • 1 sendok madu
  • Air secukupnya (bisa diganti dengan susu atau air kelapa)
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

Nah, cara membuatnya cukup mudah nih. Kamu hanya perlu mencampurkan seluruh bahan ke dalam blender, atau alat pembuat smoothie ya. Masukkan es batu pada tahapan akhir pembuatan smoothie, agar minuman kamu lebih bertekstur. Lalu, bisa juga menambahkan beberapa potong buah nanas segar di atas smoothie buatan kamu.

Demikianlah 6 manfaat kesehatan yang bisa dirasakan tubuh, jika kamu mengonsumsi buah nanas. Buah yang satu ini punya rasa yang manis dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bahkan bisa membelinya dalam bentuk buah utuh, kalengan atau beku.

Mengingat manfaatnya untuk kesehatan, nggak ada salahnya lho, kamu menambahkan buah nanas ke daftar makanan sehat, yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Selamat mencoba ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.