7 Buah yang Mengandung Antiinflamasi, Bisa Redakan Peradangan

Salah satunya ada buah nanas yang kaya vitamin dan enzim

23 September 2021

7 Buah Mengandung Antiinflamasi, Bisa Redakan Peradangan
Pixabay/HeVoLi

Apakah kamu pernah merasakan, salah satu bagian tubuh mengalami bengkak, kemerahan atau nyeri? Bisa jadi itu adalah tanda terjadinya peradangan.

Peradangan adalah bentuk mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi akibat bakteri, virus maupun jamur. Sebenarnya, ini merupakan kondisi yang normal dan bisa berlangsung dalam hitungan jam atau hari. Tapi pada beberapa kasus, peradangan bisa masuk ke tahap kronis dan mungkin saja membuat kamu merasa tidak nyaman.

Jika kondisi ini terjadi, kamu bisa saja mengonsumsi obat antiinflamasi untuk meredakan peradangan.

Namun, sebelum memutuskan untuk minum obat, kamu bisa lho mencoba 7 buah yang mengandung antiinflamasi, yang bisa bantu meredakan peradangan. Berikut ini Popmama.com berikan daftarnya untuk kamu, dilansir dari Healthline.

1. Blueberry membantu memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh

1. Blueberry membantu memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh
Freepik

Blueberry mengandung banyak polifenol yang bisa memicu aktivitas antioksidan, dan dapat membantu kamu mencegah penyakit kardiovaskular serta kanker. Fitokima yang terkandung di dalam blueberry, termasuk flavonoid, antosianin, asam fenolik, dan tanin, membantu kamu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Menurut penelitian laboratorium, bahan kimia yang terkandung dalam buah blueberry dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker, serta mengurangi terjadinya peradangan. Blueberry juga termasuk makanan rendah kalori, dan bisa menambahkan asupan vitamin C dan E, serta serat harian kamu.

Blueberry bisa kamu makan secara langsung sebagai camilan sehat, atau kamu bisa membuatnya menjadi smoothie dengan campuran buah lainnya.

2. Alpukat kaya akan nutrisi dan antioksidan untuk meredakan peradangan

2. Alpukat kaya akan nutrisi antioksidan meredakan peradangan
Pixabay/jmexclusives

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Buah yang satu ini merupakan sumber magnesium, serat, dan kalium yang sangat baik. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat bisa membantu kamu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan nutrisi dan antioksidan pada alpukat, jangan sampai kamu lewatkan dalam diet sehari-hari kamu ya. Karena mengonsumsi setengah buah alpukat, bisa menambah asupan vitamin A, C, E dan vitamin B kompleks harian kamu lho. Ini sangat membantu untuk meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh.

Kamu bisa menambahkan irisan alpukat ke sandwich maupun salad, atau membuatnya menjadi jus buah segar.

Editors' Picks

3. Jeruk selain membantu meredakan peradangan, baik juga untuk kesehatan jantung

3. Jeruk selain membantu meredakan peradangan, baik juga kesehatan jantung
Pixabay/pixel2013

Buah jeruk telah banyak dikenal sebagai sumber vitamin C dan serat. Padahal tak hanya itu, jeruk juga mengandung potasium, kalsium dan folat. Mengonsumsi buah jeruk bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menyehatkan pembuluh darah.

Kamu sangat disarankan untuk menambahkan jeruk, ke dalam daftar makanan antiinflamasi yang bisa kamu konsumsi. Buah jeruk bisa kamu konsumsi sebagai camilan sore yang sehat, serta menambahkannya sebagai topping makanan dan salad.

4. Stroberi mengandung banyak serat, vitamin dan mineral untuk mengoptimalkan fungsi kerja organ tubuh

4. Stroberi mengandung banyak serat, vitamin mineral mengoptimalkan fungsi kerja organ tubuh
Freepik/azerbaijan_stockers

Buah stroberi banyak disukai karena rasanya yang enak, manis dan segar. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam mengoptimalkan fungsi kerja organ tubuh.

Hampir semua buah beri baik untuk kesehatan lho. Ini karena buah beri, termasuk stroberi, memiliki antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi terjadinya peradangan. Pigmen yang memberi warna pada buah ini, juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kamu.

5. Nanas kaya akan vitamin C dan enzim bromelain

5. Nanas kaya akan vitamin C enzim bromelain
Pexels/shvets production

Buah nanas sarat akan vitamin C, serta mengandung antiinflamasi dan enzim yang disebut bromelain, dimana enzim ini dapat membantu kamu merangsang pencernaan protein, mengurangi peradangan usus, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Kamu bisa menambahkan potongan buah nanas ke dalam smoothie atau jus buah, untuk membantu melawan peradangan, meningkatkan pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

6. Ceri mengandung antioksidan seperti antosianin dan katekin untuk membantu tubuh melawan peradangan

6. Ceri mengandung antioksidan seperti antosianin katekin membantu tubuh melawan peradangan
Freepik/Xb100

Ceri merupakan salah satu pilihan buah yang lezat dan kaya akan antioksidan seperti antosianin dan katekin, yang dapat membantu tubuh melawan peradangan.

Dalam sebuah penelitian, ketika seseorang mengonsumsi 280 gram ceri per hari selama satu bulan, tingkat penanda inflamasi mereka mengalami penurunan dan tetap rendah selama 28 hari setelah mereka berhenti mengonsumsi ceri.

Ini artinya, buah ceri tak hanya menjadi pilihan buah yang lezat, tetapi juga kaya antioksidan yang dapat membantu mencegah peradangan dalam tubuh. Tapi, penelitian lebih banyak ditemukan pada ceri dengan rasa yang asam, daripada ceri manis.

7. Anggur memiliki kandungan nutrisi yang bisa menurunkan penanda gen inflamasi

7. Anggur memiliki kandungan nutrisi bisa menurunkan penanda gen inflamasi
Freepik/lifeforstock

Anggur mengandung anthocyanin, yang mengurangi peradangan. Buah ini juga merupakan sumber resveratrol, yaitu senyawa antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Menurut penelitian, seorang penderita penyakit jantung yang mengonsumsi ekstrak anggur setiap harinya, mengalami penuruan penanda gen inflamasi. Selain itu, buah anggur juga dipercaya bisa mengurangi risiko beberapa penyakit, seperti diabetes, obesitas, alzheimer, dan gangguan pengelihatan.

Itulah tujuh buah yang bisa membantu kamu meredakan peradangan, karena mengandung antiinflamasi. Kamu bisa mencoba salah satunya ya!

Bahan makanan alami seperti buah-buahan, memang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Tapi jika peradangan kamu tidak kunjung mereda, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. Supaya kamu bisa segera mendapatkan pertolongan dan perawatan medis, terkait kondisi yang kamu alami.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.