5 Perbedaan Warna Buah dan Sayur Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan

Beda warna, beda juga kandungan dan manfaatnya

25 November 2021

5 Perbedaan Warna Buah Sayur Beserta Manfaat Kesehatan
Freepik.com

Mengonsumsi berbagai jenis makanan baik itu buah maupun sayur, memang sangat direkomendasikan oleh para ahli. Ini tak lepas dari kandungan nutrisi dan manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh, jika kita mengonsumsinya.

Tapi di pasaran, setiap harinya pasti kamu menemukan banyak buah dan sayur dengan ragam warna yang berbeda-beda. Ada merah, kuning, oranye, hijau, biru, ungu dan putih.

Setiap warna dari buah dan sayur memberikan berbagai manfaat dan tidak ada satu warna yang lebih unggul dari yang lainnya, demikian seperti dilansir dari Harvard Medical School.

Oleh karenanya, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur, guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendapatkan manfaatnya.

Namun, ada baiknya ketahui dulu informasi dari Popmama.com berikut ini tentang 5 perbedaan warna buah dan sayur beserta manfaatnya untuk kesehatan, dilansir dari Healthline. Baca dulu sampai akhir, supaya kamu lebih semangat makan buah dan sayur beragam warna!

1. Warna merah kaya akan likopen

1. Warna merah kaya akan likopen
Freepik/mdjaff

Buah dan sayur berwarna merah, umumnya sangat mudah ditemukan di pasaran. Tingginya kandungan likopen dan antosianin menjadi alasan munculnya pigmentasi warna merah pada buah dan sayur tersebut. Mereka juga kaya akan vitamin A (likopen), folat, kalium, serta vitamin C dan K.

Buah dan sayur berwarna merah, umumnya bersifat antiinflamasi dan antioksidan. Dimana keduanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengurangi kerusakan kulit akibat paparan buruk sinar matahari, serta menurunkan risiko beberapa jenis kanker, salah satunya kanker prostat.

Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran berwarna merah seperti tomat, semangka, ceri, apel, anggur merah, paprika merah dan juga bawang merah.

Editors' Picks

2. Warna hijau tinggi kandungan klorofil

2. Warna hijau tinggi kandungan klorofil
Freepik/alhor

Warna hijau pada buah dan sayur disebabkan oleh kandungan klorofil di dalamnya. Biasanya semakin pekat warna hijaunya, maka semakin tinggi kandungan klorofilnya.

Buah dan sayur berwarna hijau, kaya akan serat, folat, magnesium, kalium, vitamin A (beta karoten), vitamin K, dan mineral utama lainnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Jika kamu mengonsumsi buah dan sayuran berwarna hijau secara rutin, ini akan membantu tubuh meredakan peradangan, menangkal efek samping radikal bebas, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menghambat aksi karsinogen atau senyawa yang menjadi penyebab kanker.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur berwarna hijau seperti alpukat, kiwi, bayam, collard hijau, kangkung, kubis, brokoli, dan asparagus.

3. Warna oranye dan kuning mengandung senyawa karotenoid

3. Warna oranye kuning mengandung senyawa karotenoid
Pixabay/manfredrichter

Karotenoid merupakan senyawa yang berperan dalam memberikan warna oranye atau kuning pada buah dan sayur.

Di dalamnya terkandung fitonutrien utama yaitu karotenoid, seperti beta karoten, alfa karoten, beta cryptoxanthin, yang juga termasuk ke dalam keluarga vitamin A. Selain itu, buah dan sayur berwarna kuning mengandung serat, folat, kalium, serta kaya akan vitamin C.

Manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah dan sayur berwarna oranye atau kuning, diantaranya:

  • Mengandung antioksidan yang akan membantu tubuh melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.
  • Mengandung antiinflamasi yang bermanfaat untuk meredakan peradangan dan menghilangkan nyeri.
  • Bermanfaat untuk menyehatkan jantung.
  • Bantu mendukung kesehatan mata.
  • Menurunkan risiko penyakit kanker.

Karena memiliki banyak manfaat, jangan lupa untuk menambahkan buah dan sayur berwarna oranye atau kuning, ke dalam menu sehat sehari-hari kamu ya. Kamu bisa nih mengonsumsi jeruk, pisang, nanas, wortel, ubi jalar, labu, paprika kuning, atau jagung.

4. Warna biru dan ungu mengandung antosianin

4. Warna biru ungu mengandung antosianin
Freepik/8photo

Antosianin merupakan senyawa yang menjadi penyebab warna biru atau ungu pada buah dan sayur. Antosianin juga termasuk dalam antioksidan yang sangat dibutuhkan, terutama untuk kesehatan tubuh kita.

Selain mengandung antosianin, buah dan sayuran yang memiliki warna biru atau ungu juga kaya akan serat, mangan, potasium, vitamin B6, vitamin C dan K.

Jika rutin mengonsumsinya, buah dan sayur berwarna biru atau ungu bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan risiko gangguan neurologis, meningkatkan fungsi kerja otak, serta menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kanker jenis tertentu.

Beberapa buah dan sayur berwarna biru atau ungu yang bisa kamu konsumsi diantaranya, blueberry, blackberry, anggur, plum, kubis ungu, dan terong.

5. Warna putih tinggi serat dan vitamin

5. Warna putih tinggi serat vitamin
Freepik/jcomp

Tingginya serat dan vitamin C menjadi arti warna putih pada buah dan sayur. Selain itu, buah dan sayur warna putih juga kaya folat, magnesium, mangan , kalium, vitamin B6, vitamin K, dan mineral penting lainnya.

Buah dan sayur berwarna putih bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas, meredakan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan nyeri dan demam, menyehatkan jantung, menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker lainnya.

Karena manfaatnya tersebut, kamu sangat disarankan mengonsumsi buah dan sayur berwarna putih. Sumbernya bisa dari kembang kol, jamur, lobak, bawang putih, dan kentang putih.

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan 5 perbedaan warna pada buah dan sayur beserta artinya. Karena semuanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi setiap hari ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.