Sering Dianggap Sama, Ini Lho Perbedaan Wortel Lokal dan Wortel Impor

Wortel impor punya rasa yang lebih manis dari wortel lokal, cocok dibuat jus nih, Ma!

11 September 2021

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Wortel Lokal Wortel Impor
Freepik/dashu83

Sudah tahu belum Ma, perbedaan wortel lokal dan wortel impor?

Wortel tentunya sudah banyak dikenal di masyarakat. Hampir setiap masakan rumahan yang Mama buat, pasti menggunakan wortel, kan?

Di Indonesia, terdapat dua jenis wortel yang beredar di pasaran, yaitu wortel lokal dan wortel impor. Keduanya sering dianggap sama, karena tampilan dan warnanya yang hampir mirip.

Tapi sebenarnya, apa saja sih perbedaan wortel lokal dan wortel impor? Yuk simak penjelasan dari Popmama.com berikut ini, mengenai perbedaanya. Disimak ya, Ma, supaya nggak keliru lagi.

1. Darimanakah wortel lokal dan wortel impor berasal?

1. Darimanakah wortel lokal wortel impor berasal
Pixabay/klimkin

Dilansir dari HealthlineWortel adalah sayuran umbi-umbian yang sering diklaim sebagai makanan terbaik bagi kesehatan. Ini karena, selain renyah, wortel punya kandungan nutrisi yang tinggi. Diantaranya wortel merupakan sumber beta karoten, serat, vitamin, dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Wortel lokal biasanya berasal dari petani lokal di Indonesia, diantaranya dari dataran tinggi Dieng dan Malang. Sedangkan wortel impor, biasanya didatangkan langsung dari Tiongkok atau Australia.

2. Kandungan gizi wortel lokal dan wortel impor

2. Kandungan gizi wortel lokal wortel impor
Pexels/@thiszun

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram wortel lokal segar mengandung, 89.9 gram air, 36 kkal energi, 1.0 gram protein, 0.6 gram lemak, 7.9 gram karbohidrat, 1.0 gram serat, 45 mg kalsium, 74 mg fosfor, serta 70 mg natrium. Selain itu, wortel lokal juga kaya akan beta karoten, vitamin B1, B2, serta vitamin C.

Sedangkan dalam 100 gram wortel impor mengandung, 88.29 gram air, 41 kkal energi, 0.93 gram protein, 0,24 gram lemak, 9.58 gram karbohidrat, dan 2.9 gram serat. Wortel impor juga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, serta mangan. Sementara vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin A, B, asam folat, kolin, vitamin E dan K.

Editors' Picks

3. Perbedaan bentuk dan tekstur wortel

3. Perbedaan bentuk tekstur wortel
Pexels/Mali Maeder

Kalau dari perbedaan bentuk, sebenarnya wortel lokal dan impor mudah untuk dibedakan ya Ma.

Wortel lokal biasanya berbentuk kurus dan ramping, serta memiliki warna oranye yang cerah, namun cenderung pucat. Dari segi tekstur, wortel lokal biasanya memiliki serat umbi dibagian permukaanya, jadi terasa agak kasar jika dipegang.

Sementara untuk wortel impor, bentuknya cenderung lebih gemuk dengan warna oranye yang mencolok. Wortel impor juga punya tekstur yang lebih halus, karena tidak terdapat serat umbi dipermukaanya.

Pada wortel, warna oranye menunjukkan seberapa banyak kandungan karoten. Semakin tua warna wortel, maka semakin banyak kandungan karoten di dalam wortel tersebut.

4. Perbedaan rasa dan jenis olahan wortel

4. Perbedaan rasa jenis olahan wortel
Freepik

Untuk perbedaan rasa, wortel impor punya rasa yang lebih manis daripada wortel lokal nih, Ma.

Tapi kalau bicara soal cara pengolahan dan jenis masakan yang cocok, sebenarnya keduanya sama-sama bisa dibuat beragam menu olahan.

Namun, jika ingin menu olahan yang berbeda, Mama bisa kok menggunakan salah satu dari kedua jenis wortel ini. Misalnya, Mama ingin membuat campuran jus yang rasanya cenderung manis, atau jika ingin membuat cake dengan warna yang cantik, maka gunakan wortel impor.

Tapi jika Mama hanya ingin memasak menu tumis atau membuat sup, Mama bisa menggunakan wortel lokal.

5. Wortel lokal vs wortel impor, mana yang lebih sehat?

5. Wortel lokal vs wortel impor, mana lebih sehat
Freepik/jcomp

Sebenarnya, kedua jenis wortel ini memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama, Ma.

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari keduanya, Mama bisa mengonsumsinya secara bergantian supaya mendapatkan paket nutrisi yang lengkap.

Dilansir dari Healthline, berikut ini manfaat yang bisa didapatkan tubuh, jika Mama dan keluarga rutin mengonsumsi wortel.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel, dapat membantu mata terhindar dari rabun senja, serta menjaga kesehatan organ pengelihatan.

  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker

Kandungan karoten dalam wortel, dipercaya mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, usus besar, perut, payudara, dan kanker paru.

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol darah

Kandungan nutrisi pada wortel dianggap bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Hal ini dapat membuat Mama, terhindar dari risiko penyakit jantung.

  • Membantu mengontrol berat badan

Wortel termasuk ke dalam makanan rendah kalori. Selain itu, kandungan serat di dalamnya membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

6. Berapa harga wortel lokal dan wortel impor?

6. Berapa harga wortel lokal wortel impor
Freepik/maria_sbytova

Saat ini, wortel sangat mudah untuk dibeli, baik itu di pasar tradisional maupun pasar modern. Harga yang ditawarkan sangat beragam, tergantung dari tempat Mama membelinya.

Tapi untuk harga wortel impor, biasanya memang sedikit lebih mahal dari wortel lokal ni, Ma.

Berikut ini kisaran harga wortel di pasaran:

Wortel lokal: Rp. 4.000 – Rp. 18.000 per kilogram.

Wortel Impor: Rp. 8.000 – Rp. 25.000 per kilogram.

Nah, sekarang sudah tahu ya Ma, perbedaan wortel lokal dan wortel impor.

Keduanya jenis wortel ini, memiliki nutrisi yang hampir sama. Jadi nggak ada salahnya Ma, untuk mengolahnya secara bergantian, supaya manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh.

Jangan keliru lagi ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.