5 Alasan Posisi Tidur Spooning Bersama Pasangan Bisa Menyehatkan

Selain nyaman, bisa dilakukan berjam-jam lho

22 Juli 2021

5 Alasan Posisi Tidur Spooning Bersama Pasangan Bisa Menyehatkan
Freepik/gpointstudio

Kasih sayang memang bisa ditunjukkan dengan cara apapun yang bisa kita lakukan, salah satunya yakni sentuhan fisik.

Sentuhan fisik melambangkan bahasa cinta, seperti berpelukan misalnya. Mama juga bisa melakukan itu setiap malam ketika tidur bersama pasangan lho.

Gimana caranya tuh? Jawabannya dengan posisi spooning atau menyendok ketika tidur, karena akan meningkatkan koneksi dan ikatan satu sama lain.

Selain intim, ternyata ini bisa menyehatkan badan dan pikiran kita lho, berikut Popmama.com sudah menyajikan informasinya untuk Mama. Dijamin nyenyak terus deh!

1. Pelukan baik untuk kesehatan jantung

1. Pelukan baik kesehatan jantung
Pexels/Jessica Ticozzelli

Tidak semua orang menjadikan pelukan adalah prioritas, misalnya antara hubungan anak dan orang tua, pelukan mungkin jarang dilakukan saat anak beranjak dewasa.

Jika ditarik ke konteks pasangan, tidak banyak pasangan yang melakukan pelukan setelah berhubungan seks, padahal kita bisa melakukannya lho agar lebih intim.

Menurut pakar seksualitas, Julian Wolf, pelukan terbukti bisa menurunkan tekanan darah, dan posisi pelukan menyendok juga bisa membantu hal tersebut.

Belum lagi, jika Mama dan Papa melakukan posisi spooning, selain menurunkan tekanan darah serta ketegangan, posisi ini bisa bertahan hingga berjam-jam lamanya.

Editors' Picks

2. Hormon oksitosin tinggi bisa meredakan stres

2. Hormon oksitosin tinggi bisa meredakan stres
Pexels/Gabby K

Menurut seorang seksolog klinis, Dr. Laurie Bennett-Cook, oksitosin dikenal sebagai hormon perasaan yang baik.

Disini, peran oksitosin mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi rasa sakit lho. Sangat bermanfaat bukan?

Bukan hanya itu saja, oksitosin juga bisa mengurangi stres, kecemasan secara sosial dan depresi yang berkepanjangan.

Cocok nih bagi para pekerja yang pulang larut malam lalu diberi ‘obat’ yang menenangkan seperti pelukan pasangan.

Menyendok dengan pasangan jug acara yang fantastis untuk mencapai manfaat yang sama. Hal ini bekerja juga jika kita memeluk anak, hewan peliharaan atau menggiling dengan bantal dan selimut sebagai tempat nyaman agar merasa dikelilingi.

3. Bernapas bersama membuat jantung lebih sehat

3. Bernapas bersama membuat jantung lebih sehat
Pexels/Andrea

Saat pelukan menyendok apa yang Mama rasakan? Selain ketenangan, mungkin napas pasangan akan kita rasakan juga saat memeluk kan?

Nah ternyata posisi spooning sangat bagus untuk merasakan perasaan yang baik satu sama lain, serta membuat jantung lebih sehat.

Cobalah bernapas selaras dengan pasangan saat posisi menyendok, itu akan membantu tidur nyenyak dan nyaman.

Apakah Mama akan mencobanya mala mini dengan pasangan? Jangan tidur terlalu larut juga ya untuk mendapatkan kualitas tidur yang memuaskan.

4. Menenangkan pikiran dan merasa damai

4. Menenangkan pikiran merasa damai
Unsplash/Brooke Winters

Layaknya pelukan, kita bisa merasakan apa yang kita peluk. Misalnya merasakan sentuhan kulit, detak jantung yang berdebar serta napas masing-masing.

Saat menyendok pun bisa memungkinkan pasangan merasakan getaran satu sama lain yang bisa memuat kondisi keduanya tenang lho.

Dalam kata lain, saat berpelukan menyendok, ada sejumlah transfer energi positif yang luar biasa, serta mendorong ketenangan dan cinta kasih satu sama lain.

5. Kualitas tidur lebih baik, begitupun dengan pasangan

5. Kualitas tidur lebih baik, begitupun pasangan
Freepik/drobotdean

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang sudah menikah dan menjalani hubungan yang lama, akan lebih nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik ketimbang mereka yang belum memiliki pasangan.

Wah, bisa diterapkan langsung nih nanti malam, selain bisa membuat tidur nyenyak, perasaan dan emosi negatif bisa dinetralkan sambil berpelukan.

Nah, sudah tahu kan bahwa pelukan sambil tiduran juga bisa sangat berpengaruh pada kualitas tidur, fisik serta pikiran kita.

Hal yang paling penting juga tidur bersama sambil berpelukan bisa membuat hubungan lebih intim, karena satu sama lain terkoneksi dengan baik.  

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.