Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Gerakan Olahraga yang Membantu Kualitas Seks Lebih Baik

Jangan malas gerak untuk performa seks lebih baik!

30 November 2022

10 Gerakan Olahraga Membantu Kualitas Seks Lebih Baik
Pexel/Andrea Piacquadio

Kehidupan seks di atas ranjang mungkin mengalami naik turun seiring kebugaran suami dan istri yang tidak diperhatikan, bahkan karena ada faktor usia yang tak lagi muda. 

Namun, jika kendalanya jarang berolahraga, Mama tidak perlu khawatir karena ada beberapa latihan kebugaran atau gerakan olahraga yang bisa dilakukan.

Dilansir dari The Healthy, Katie Dunlop seorang pakar kebugaran mengatakan bahwa ada beberapa gerakan olahraga yang dapat membantu pasangan suami istri mengeluarkan lebih banyak keringat, sehingga mampu meningkatkan kehidupan seks yang berkualitas. 

Sudah siap berkeringat bersama sambil meluangkan waktu sebentar agar kualitas seks di atas ranjang menjadi lebih baik? Kali ini Popmama.com sudah merangkum informasinya. 

Disimak dengan saksama ya!

1. Latihan dasar membantu kehidupan seks suami istri

1. Latihan dasar membantu kehidupan seks suami istri
Pexels/Pixabay

Pada dasarnya, latihan gerakan olahraga dapat memperkuat otot dasar panggul dan meningkatkan kehidupan seks secara menyeluruh.

Jika otot dasar panggul lemah, hal itu dapat menyebabkan kandung kemih dan buang air besar kurang terkontrol dengan baik, serta penurunan fungsi seksual.

Kabar baiknya pasangan suami istri dapat melatih otot itu dari luar kamar tidur, latihan ini akan mendapatkan kekuatan pada tubuh dan orgasme yang lebih baik.

Lakukanlah sepuluh kali, tiga kali selama seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Plie squat

2. Plie squat
youtube.com/FitnessBlender

Ada beberapa gerakan yang melatih otot saat melakukannya menargetkan dasar panggul. Belum lagi akan mendapatkan manfaat seks yang lebih kuat dan lebih intens sambil memperkuat tubuh.

Latihan squat ini benar-benar menargetkan paha dan baik untuk dasar panggul.

Cara melakukannya: Berdiri dengan kaki terbuka lebar, perlahan mulai tekuk lutut dan tahan, jaga panggul tetap tegak dan dada terangkat, lalu berdiri lagi, lakukan berulang kali.

3. Peregangan pinggul

3. Peregangan pinggul
Freepik/aleksandarlittlewolf

Peregangan membuka pinggul ini akan meningkatkan fleksibilitas dan membuatnya lebih mudah untuk turun tanpa kram.

Cara melakukannya: Mulailah merangkak, buka lebar perlahan lutut sehingga jempol kaki bisa bersentuhan dan menurunkan dada ke lantai sambil kedua tangan menyentuh lantai arah kedepan.

Tarik napas ke dalam area ketegangan yang sesak itu, dan buang napas. Setiap kali menghembuskan napas, akan tenggelam sedikit lebih dalam, dan semakin banyak melakukan peregangan, semakin mudah napas tersebut. Ulangi dua hingga tiga kali.

4. Mengangkat pinggul

4. Mengangkat pinggul
Freepik/user18526052

Ini adalah jurus menantang yang akan membangun stamina. Plus, ini bekerja pada posisi tubuh dengan keadaan miring 45 derajat, paha bagian dalam dan luar, dan juga akan merasa sangat kuat dan seksi.

Cara melakukannya: Mulailah turun ke lantai dan topang badan dengan siku kiri sambil miring. Rapatkan kedua kaki dan tekuk lutut.

Buka lutut atas ke arah langit-langit sambil mengangkat pinggul dari lantai dan menjaga agar tumit tetap terhubung. Turunkan perlahan. Setelah lima kali, ulangi di sisi lainnya bergantian.

Editors' Picks

5. Beruang merangkak

5. Beruang merangkak
Freepik/diana.grytsku

Latihan ini melakukan semuanya, mengangkat lutut sambil bergerak maju dan mundur meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan stamina. Ini menantang tubuh untuk bergerak dengan cara yang baru.

Cara melakukannya: Mulailah merangkak seperti bayi yang baru belajar merangkak, tangan ditumpuk di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul.

Tekan tangan ke lantai dan coba bergerak dengan jari-jari kaki, lalu angkat lutut agar melayang dua inci dari lantai.

Gerakkan satu lengan dan kaki lainnya ke depan, lalu beralih ke sisi lain. Maka akan bergoyang maju mundur di sisi yang bergantian.

6. Melipat lutut

6. Melipat lutut
Youtube.com/ FitnessBlender

Posisi ini akan berpengaruh pada punggung bawah apalagi banyak dipenuhi dengan banyak ujung saraf yang sensitif.

Latihan ini akan membantu memperkuat punggung bawah dan meningkatkan respons gairah.

Cara melakukannya: Berbaring telentang, kaki ditekuk, kaki diletakkan dengan kuat di lantai, angkat kedua kaki dari lantai dan peluk lutut ke arah dada, angkat pinggul saat mengencangkan otot inti.

7. Pose papan atau plank pose

7. Pose papan atau plank pose
freepik/shurkin_son

Berpose papan adalah salah satu latihan terbaik yang dapat dilakukan untuk membangun daya tahan dan stamina.

Papan lengan bawah adalah favorit karena benar-benar berfungsi pada intinya.

Cara melakukannya: Mulailah dengan tangan dan lutut di lantai seperti posisi plank. Letakkan lengan bawah di lantai sejajar satu sama lain lalu selipkan jari-jari kaki dan luruskan kaki.

Sesuaikan tubuh sesuai kebutuhan untuk mendapatkan garis lurus dari kepala ke tumit. Jika menginginkan lebih banyak tantangan, beralih antara plank ke posisi push-up ketika mengangkat badan. Pastikan untuk menjaga pandangan tetap ke bawah.

8. Mengangkak kedua kaki ke atas

8. Mengangkak kedua kaki ke atas
Youtube/healthandfitnesseducation

Mengangkat dasar panggul mudah dilakukan. Coba pikirkan otot apa yang digunakan untuk menghentikan aliran urin. Ini pada dasarnya adalah Kegel, tetapi dipasangkan dengan lebih banyak gerakan.

Latihan ini memperkuat otot perut bagian bawah, dasar panggul, dan punggung bawah.

Cara melakukannya: Berbaring telentang, angkat kedua kaki hingga lurus membentuk sudut 90 derajat. Perlahan menurunkan kaki ke lantai berulang kali, hingga merasakan perut mengencang, dan biarkan punggung bawah terangkat dari lantai.

9. Lunge

9. Lunge
Freepik/diana.grytsku

Latihan lutut yang rendah tidak hanya akan meningkatkan kekuatan pada tubuh bagian bawah saja, tetapi juga akan meningkatkan kelenturan, sehingga lebih nyaman untuk bergerak melalui berbagai posisi seks dengan pasangan.

Cara melakukannya: Berdirilah dengan dada terangkat dan bahu rileks, lalu melangkah ke depan dengan satu kaki dan turunkan pinggul hingga kaki depan berada pada sudut 90 derajat dan lutut kaki belakang hampir menyentuh lantai.

Pastikan untuk menjaga berat badan di tumit depan dan ringan di jari-jari kaki belakang, dan jangan biarkan lutut depan melebihi jari-jari kaki.

Mundur dan ulangi di sisi lain untuk menyelesaikan satu pengulangan.

10. Pelvis melipat

10. Pelvis melipat
Freepik/javi_indy

Gerakan ini memungkinkan mengencangkan otot dasar panggul, dan lakukan ketika saat melipat kedua kaki agar rileks kembali ke posisi netral.

Cara melakukannya: Mulailah dengan lutut dengan paha dan tulang belakang sejajar atau seperti berdiri dengan lutut, lalu miringkan panggul untuk melatih otot perut bagian bawah.

Turunkan sampai mencapai tumit, luruskan kembali perlahan. Gerakan ini akan menyempurnakan bentuk tubuh.

Nah, itu tadi beberapa gerakan olahraga yang memperkuat otot-otot kita agar membantu performa seks lebih baik dengan pasangan.

Gerakan ini bisa dilakukan di rumah bersama pasangan, keintiman bukan hanya dilakukan di dalam kamar saja bukan? Selamat berkeringat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk